5 Cara Mencegah Anak Menjadi Pelaku Bullying

klinikabar.com, Cara Mencegah Anak Menjadi Pelaku Bullying - Apa yang harus dilakukan oleh orang tua untuk mencegah anak menjadi pelaku bullying? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para orang tua agar anaknya tidak menjadi pelaku bullying ketika anak tumbuh menjadi dewasa di kemudian hari.

Mencegah Pelaku Bullying


Gambar 5 Cara Mencegah Anak Menjadi Pelaku Bullying



Mencegah anak menjadi pelaku bullying, para orang tua harus mengetahui penyebabnya kenapa anak menjadi pelaku bullying, berbagai penyebab nya biasanya terdiri dari beberapa hal, yaitu dengan tidak mengajari anak toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan tidak melatih anak untuk berpikir secara kritis dan tidak adanya kelancaran komunikasi orang tua dan anak.

5 Cara Mencegah Anak Menjadi Pelaku Bullying

1. Bangun Hubungan Emosional Anak Dan Orang Tua

Anda sebagai orang tua harus membangun kedekatan emosional dengan anak sejak anak masih kecil. Veri perlakuan dan kasih sayang yang bisa menimbulkan perasaan nyaman dalam diri anak anda. Misalnya, dengan meluangkan waktu anda untuk bermain bersama atau ajaklah dia mengobrol seru setiap hari. Dengan hubungan emosional yang baik, anak cenderung bisa mencurahkan isi hatinya kepada kedua orang tuanya tanpa rasa enggan dan takut.

2. Jadi Teman Untuk Anak

Ketika anak sudah menaruh rasa percaya diri pada orang tuanya, cobalah untuk selalu menjadi teman bicara yang baik dan setia bagi anaknya. Ketika anak bercerita bahwa dia melakukan hal yang kurang baik, sebaiknya anda tidak langsung memarahi secara panjang dan lebar, karena nantinya akan membuat anak merasa disalahkan dan akhirnya menjauhi orang tua.

3. Beritahu Anak Tentang Mana Yang Baik Dan Yang Benar

Orang tua sebaiknya mengambil peran ganda di hadapan anak, yaitu menjadi teman yang baik dan menjadi orang tua yang baik. Ketika anak telah mengaku berbuat kesalahan, maka jadilah orang tua yang bisa mengerahkan anak, mana hal yang benar dan mana hal yang tidak benar beserta alasan dan konsekuensinya. Sehingga anak pun terlatih berpikir panjang sebelum mengambil keputusan.

Kalau hubungan kita dengan anak baik, saat kita konfrontasi dan memberi tahu bahwa dia melakukan kesalahan, dia mungkin akan sedikit menjauh. Tapi karena dia tahu bahwa apa yang kita beritahu adalah hal yang benar dan baik untuknya, anak pasti bisa menerimanya.

4. Bangun Rasa Toleransi

Untuk mencegah anak mendiskriminasi atau merendahkan orang lain, orang tua perlu membangun rasa toleransi dalam benak anak. Ajari bahwa di dunia ini ada jutaan orang yang terlihat unik dengan perbedaannya masing-masing. Menjadi berbeda adalah hal yang baik dan wajar terjadi. Kalau anak terbiasa melihat dengan kacamata itu, kelak dia akan lebih mudah menerima perbedaan dan memperlakukan orang lain dengan sikap penuh toleransi. Cara yang paling mudah adalah dengan menunjukkan kesamaan perilaku anda kepada orang lain, entah itu pada tetangga, asisten rumah tangga, atau pada pengemis yang ditemui di jalan.

5. Ajari Anak Untuk Peduli Sesama

Latihlah anak agar memiliki kepedulian besar terhadap apa yang ada di sekitarnya, dengan begitu, dia bisa lebih menghargai orang lain yang tidak berlaku semena-mena kepada orang lain yang berbeda atau yang lebih lemah dari dirinya.

Penutup

Mencegah anak menjadi pelaku bullying caranya telah dijelaskan diatas, sebagai orang tua kita hanya memerlukan rasa peduli dan menunjukkannya kepada anak kita dan lingkungan. Pahami dunia anak dan cobalah untuk bermain bersama anak anda disetiap harinya. Lihat dunia dari kaca mata anak anda. Begitu dia merasa dimengerti oleh orang tuanya, anak akan belajar untuk memahami orang-orang disekitarnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel