Perkembangan Janin Di Usia Kehamilan 19 Minggu

klinikabar.com, Perkembangan Janin Di Usia Kehamilan 19 Minggu - Di usia kehamilan 19 minggu, kesempurnaan sistem saraf pada janin ditandai dengan diproduksinya cairan serebrospinalis. Pada usia janin 19 minggu panjang janin diperkirakan 13 - 15 cm dengan taksiran berat 200 gram. Rahim dapat teraba kira-kira 1,3 cm dibawah pusar. Kenaikan total berat tubuh antara 3,6 sampai 6,3 kg.

Janin Usia Kehamilan Minggu Ke-19


Gambar Perkembangan Janin Di Usia Kehamilan 19 Minggu


Dari total penambahan berat tersebut, janin sendiri hanya mengalami penambahan sekitar 200 gram. Sementara berat plasenta sendiri sekitar 170 gram dan cairan ketuban sekitar 320 gram. Sistem saraf janin yang terbentuk di minggu ke-4, di minggu ini makin sempurna perkembangannya. yakni dengan diproduksinya cairan serebrospinalis di daerah yang disebut pleksus koroideus.

Ancaman Hidrosefalus Pada Janin Usia 19 Minggu

Cairan serebrospinalis ini mestinya bersirkulasi di sekitar otak dan saraf tulang belakang tanpa hambatan. Jika lubang yang ada tersumbat dan aliran cairan terhalang oleh sebab apa pun, dapat terjadi hidrosefalus yang menyebabkan pembesaran kepala. Jumlah cairan yang terakumulasi sekitar 500-1500 ml, namun bisa saja mencapai 5 liter! Padahal dengan adanya cairan "nyasar" seperti itu, banyak jumlah jaringan otak janin yang tertekan dan akhirnya mengalami kerusakan.

Akibat lain dari pembesaran ukuran kepala ini, sekitar 35 persen bayi-bayi hidrosefalus memasuki jalan lahir dengan posisi kaki. Ukuran kepala mereka pun umumnya terlalu besar untuk bisa dilahirkan pervaginam. Perlu diketahui pula bahwa hidrosefalus adalah gejala, sedangkan penyebabnya bisa bermacam-macam. Diantaranya, akibat sumbatan aliran serebrospinal akibat infeksi TORCH; atau produksi cairan serebrospinal berlebihan akibat tumor otak dan kista pleksus choroideus. Hidrosefalus bisa disertai kelainan lain seperti spina bifida, meningomielocele dan omfalokel.

Terjadi Sekresi Vagina Pada Kehamilan 19 Minggu


Tidak berbeda seperti saat wanita akan mengalami menstruasi, vagina juga akan sedikit mengeluarkan cairan yang disebut leukorrhea. Normalnya berwarna putih susu, encer, dan sedikit berbau. Umumnya jumlahnya akan bertambah seiring bertambah usia kehamilan dan bukan pertanda infeksi. 


Penutup

Penyebab sekresi vagina pada usia kehamilan 19 minggu adalah dengan meningkatnya aliran darah ke kulit maupun otot-otot sekitar vagina. Bila dirasa risih atau mengganggu, calon ibu bisa menggunakan pembalut tipis untuk memberi rasa nyaman. Atau sering-seringlah mengganti celana dalam yang berbahan katun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel