Cara Tetap Sehat Dan Bugar Selama Hamil

klinikabar.com, Cara Tetap Sehat Dan Bugar Selama Hamil - Perubahan tubuh selama hamil jelas tidak bisa dihindari. Dengan tubuh yang mulai melar, berbagai keluhan akan dirasakan. Sebab rahim yang membesar membuat organ-organ di rongga perut maupun rongga dada jadi terdorong hingga menyebabkan rasa tidak nyaman.

Sehat Selama Hamil


Gambar Cara Tetap Sehat Dan Bugar Selama Hamil


Tapi jangan, khawatir untuk selalu sehat dan bugar selama hamil, tetap memiliki banyak cara. Untuk mencukupi kebutuhan gizi, ibu hamil harus mengutamakan prinsip makanan bergizi seimbang, beragam dan variasi. Asupan makanan yang berkualitas sangat dibutuhkan untuk menunjang pembesaran organ-organ tubuh yang berhubungan dengan kehamilan, semisal rahim dan payudara, pembentukan ari-ari dan tambahan cairan serta cadangan lemak tubuh. Juga akan mengatur metabolisme dan proses-proses lain dalam tubuh, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh selama hamil.

Cara Menghindari Gangguan Permanen Pada Organ Tubuh Janin

Agar tidak menimbulkan gangguan-gangguan permanen pada organ tubuh janin, hindari bahan pengawet kimiawi yang merupakan zat teratogenik (yang menimbulkan kelainan perkembangan embrio). Calon ibu juga harus memperhatikan makanan yang berperan pada proses penulangan, seperti makanan yang mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin D.

Jangan lupa pula makanan dengan kandungan zat besi yang akan mempengaruhi kelancaran oksigenasi dan sirkulasi darah dari ibu ke janin. Porsi makan mesti ditambah, meski di saat yang sama muncul keluhan-keluhan mual dan muntah. Menyiasatinya, dengan makan dalam porsi kecil tapi sering. Bisa 4-5 kali sehari, ditambah 2-3 kali ngemil, serta 3-4 gelas susu. Agar mudah tertelan, pilihlah makanan utama berupa nasi lembek dengan lauk-pauk hewani dan nabati, serta sayuran yang dipotong-potong kecil.

Untuk makanan selingan, sebaiknya pilih buah, crackers, makanan atau kue-kue kecil atau kue-kue basah bercitra rasa enak dengan bentuk menarik. Hindari makanan yang beraroma kuat atau menyengat baunya yang hanya memperparah keluhan mual-muntah. Bumbu masak alamiah seperti kunyit, sereh, atau bawang boleh ditambahkan untuk mengunggah selera makan. Akan tetapi jangan pernah membubuhkan MSG (Mono Sodium Glutamat), karena dikhawatirkan bisa memicu terjadinya kanker dan kerusakan sel-sel otak.

Menjaga Kehamilan Agar Tetap Sehat Dan Kuat

Jangan lupa untuk benar-benar menjaga kehamilan dengan mengatur kegiatan dan kesibukan sedemikian rupa agar ibu hamil tidak kelelahan dan stres. Sebab kesibukan berlebih bisa menguras energi yang seharusnya dipakai untuk mempertahankan kehamilan. Sementara tingkat stres yang tinggi bisa menghambat oksigenisasi, mengakibatkan perdarahan. Karena, saat merasa tegang, adrenalin memberikan fase konstriksi atau penyempitan pada pembuluh darah sehingga aliran darah ke rahim juga berkurang.

Kulit pun merupakan organ tubuh yang mengalami perubahan akibat kehamilan. Menjadi lebih berminyak, timbul jerawat, atau malah sangat kering. Kendati berbadan besar, jangan malas menjaga kebersihan sekaligus mempercantik diri. Tidak perlu berdandan menor, cukup sewajarnya saja.

Akan muncul pula garis kecoklatan seputar leher, gatal-gatal dan garis-garis di sekitar perut, pangkal paha, serta panggul. Untuk menyamarkan garis-garis tadi, cairan khusus dapat digunakan. tapi sebaiknya jangan menggaruk agar keluhan yang muncul tidak semakin hebat dan menimbulkan bekas. Gunakan baju khusus hamil yang terbuat dari katun untuk menyerap keringat yang produksinya cenderung berlebih saat hamil. Jika sebelum hamil sudah terbiasa berolahraga, jangan tinggalkan kebiasaan baik tersebut. Namun, harus dikurangi intensitas gerakan yang menghentak dan mengakibatkan peregangan ataupun yang mendatangkan kemungkinan cedera.

Penutup

Selama ada indikasi medis yang mengharuskan calon ibu bedrest atau istirahat total di tempat tidur, sah-sah saja, kok, tetap menjalankan aktivitas sehari-hari. Kesimpulannya, anda harus tang saja dalam menghadapi kehamilan ini, jangan menganggap kehamilan sebagai beban berat yang menghambat, agar anda selalu sehat dan bugar selama hamil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel