Perkembangan Janin Kehamilan 38 Minggu

klinikabar.com, Perkembangan Janin Kehamilan 38 Minggu - Di kehamilan 38 minggu ini, berat bayi sudah sekitar 3100 gram dengan panjang lebih dari 45 cm. Hanya dalam 4 minggu terakhir beratnya meningkat sekitar 700 gram. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya lemak yang tersimpan di bawah kulitnya. Tubuh menjadi montok dan keriput di mukanya tidak nampak lagi.

Perkembangan Janin 38 Minggu


Gambar Perkembangan Janin Kehamilan 38 Minggu


Di kehamilan 38 minggu ini, perkembangan tulang kepala bayi sudah kian kokoh dan saling merapat, kecuali di bagian ubun-ubunnya. Berbeda dengan di awal kehamilan, besar kepalanya kini sudah sangat serasi dengan besar tubuhnya. Panjangnya pun kira-kira tinggal seperempat panjang keseluruhan.

Sementara di kehamilan 38 minggu ini, ibu sedang merasa cemas menanti-nantikan saat melahirkan yang mendebarkan. Perasaan semacam itu bisa membuatnya mengalami puncak gangguan emosional, hingga sangat disarankan untuk memperbanyak porsi relaksasi.

Kehamilan 38 Minggu Saatnya Belanja Keperluan Bayi

Sebenarnya pekerjaan ini bisa di cicil jauh-jauh hari agar tidak kelewat melelahkan bagi ibu. Namun banyak kalangan yang membuat tabu belanja keperluan si kecil sampai kandungan minimal 7 bulan. Kapan pun waktu yang anda pilih, yang pasti di minggu-minggu terakhir kehamilan, semua keperluan si kecil sudah tersedia. Bahkan sebagian kecil atau minimal sepasang juga sudah di kemas bersama kebutuhan ibu yang akan dibawa ke rumah sakit. Walaupun selama di rumah sakit biasanya pakaian bayi sudah tersedia.

Minimal sediakan selusin baju bayi dengan variasi tangan panjang dan tangan pendek. Pilih pula variasi bahannya yang agak tebal untuk digunakan malam hari dan yang agak tipis untuk digunakan pada siang hari, atau pada saat udara panas. Sediakan pula sekitar 2 lusin kain berukuran lebar yang bisa dimanfaatkan sebagai bedong maupun alas perlaknya agar langsung menyentuh tubuh bayi.

Yang paling banyak dibutuhkan bayi-bayi baru lahir adalah popok kain, minimal sediakan 4 lusin, telebih lagi bila orang tua memutuskan untuk tidak menggunakan diapers. Jumlah popok kain perlu ditambah jika anak lahir di bulan-bulan penghujan, agar tidak kehabisan stok popok. Sediakan pula keperluan dandan si kecil seperti shampoo, bedak, baby oil, sabun, sisir khusus. Jangan lupa juga ember mandi, selimut bayi, perlak, boks, dan perlengkapan serta pernak-pernik bayi lainnya yang dianggap dibutuhkan. Untuk membeli semua itu, biasanya diperlukan dana yang tidak sedikit.


Perkiraan Biaya Persalinan

Semua orang tahu betapa tingginya biaya persalinan di zaman ini, tentu besar kecilnya anggaran yang harus disiapkan tidak lepas dari selera si ibu untuk memilih tempat bersalin yang aman dan nyaman, apakah di rumah sakit khusus yang serba VIP fasilitasnya, rumah sakit standar, rumah sakit bersalin biasa, atau hanya di klinik-klinik. Begitu juga pilihan tenaga penolongnya, apakah dokter ahli atau cukup dengan bantuan bidan.

Penutup

Saat kandungan menginjak 38 minggu, yang harus diperhitungkan adalah kemungkinan adanya penyulit atau tidak. Partus normal tentu jauh akan lebih murah dibandingkan pertus yang disertai dengan pendarahan atau ketuban pecah dini. Begitu juga persalinan per vaginam jauh lebih murah dibandingkan persalinan dengan di induksi atau malah sesar. Agar tidak pontang-panting dan bingung, maka mau tidak mau anda harus menyiapkan dana sejak jauh-jauh hari. Jika biaya tersebut ditanggung pihak perusahaan, maka tidak ada salahnya untuk tetap menyisihkan sebagai tabungan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel