Perkembangan Janin Usia Kehamilan 29 Minggu

klinikabar.com, Perkembangan Janin Usia Kehamilan 29 Minggu - Pada usia kehamilan 29 minggu, janin sudah bisa menangis walaupun suaranya lirih, dan di usai 29 minggu janin harus di waspadai dengan kelahiran prematur. Berat janin usia 29 minggu kehamilan sekitar 1.250 gram, dengan panjang sekitar 37 cm. Kelahiran prematur mesti diawaspadai karena umumnya akan meningkatkan keterlambatan perkembangan fisik maupun perkembangan mentalnya.

Janin Usia Kehamilan 29 Minggu


Gambar Perkembangan Janin Usia Kehamilan 29 Minggu


Bila dilahirkan, bayi prematur di minggu ini sudah bisa bernapas meski dengan susah payah, bayi sudah bisa menangis kendati masih terdengar lirih. Kemampuannya bertahan hidup pun masih kecil karena perkembangan paru-paru nya belum sempurna. Namun dengan perawatan yang intensif dan baik serta terkoordinasi dengan ahli yang terkait, kemungkinan hidup bayi prematur pun cukup besar.

Manfaat Relaksasi Di Usia Kehamilan 29 Minggu

Relaksasi sangat membantu saat menjalani kehamilannya maupun saat persalinan kelak. Di antaranya bisa dilakukan dengan mencoba duduk bersantai sambil memejamkan mata. Kemudian relakskan otot-otot tungkai, pinggang, punggung, leher, dan wajah. Bernapaslah lewat hidung, tarik dan hembuskan secara perlahan. Ulangi selama 10 sampai 20 menit sampai merasa tenang atau nyaman.

Cara lain, cari suasana beda atau berbagi cerita dengan orang lain, mendengarkan musik, serta melakukan olahraga ringan. kalaupun tetap tidak bisa diatasi, bahkan sampai tidak bisa tidur selama beberapa malam, mau tidak mau anda harus segera menghubungi psikiater untuk mendapat pertolongan lebih lanjut.

Waspada Infeksi kandung Kemih Di Usia Kehamilan 29 Minggu

Kendati dorongan untuk buang air kecil cukup tinggi, jangan pernah menundanya. Kosongkan dengan segera kandung kemih begitu merasa ingin buang air kecil. Banyak minum air putih dan minum sari buah atau jus buah. Bila tidak, infeksi kandung kemih bisa mengancam dengan gejala berupa nyeri waktu berkemih. Segeralah berobat ke dokter, ada antibiotik yang aman digunakan selama kehamilan.

Penutup

Jika infeksi kandung kemih didiamkan, infeksi ini dapat memburuk dan menimbulkan pielonefritis, yaitu infeksi serius pada ginjal. Infeksi saluran dan atau kandung kemih selama kehamilan juga merupakan salah satu penyebab persalinan prematur dan berat badan bayi rendah saat dilahirkan. Itulah bahasan tentang perkembangan janin usia kehamilan 29 minggu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel