Tips Sukses Bisnis Cucak Rowo Dengan Keuntungan Melimpah

Peluang Bisnis Cucak rowo - Hingga saat ini banyak penggemar cucak rowo belum tahu bahwa burung cucak rowo dapat dikembangbiakan. Padahal, seperti halnya burung lainnya, cucak rowo dapat dikembangbiakkan. Beberapa daerah yang telah berhasil menangkarkan cucak rowo diantaranya adalah Kota Bogor, Kota Bandung dan Kota Magelang.

Faktor-faktor Pendukung Keberhasilan Bisnis Cucak Rowo

Penangkaran cucak rowo ini perlu terus dikembangkan karena mempunyai peluang bisnis yang menjanjikan. Peluang bisnis burung cucak rowo yang prospektif didukung oleh kelangkaan populasi cucak rowo dan meningkatnya permintaan penggemar terhadap cucak rowo.


Gambar Tips Sukses Bisnis Cucak Rowo Dengan Keuntungan Melimpah


Penyebab Kelangkaan Populasi Cucak Rowo

Saat ini, jumlah populasi cucak rowo menurun drastis. Di pasar-pasar burung pun, cucak rowo sulit ditemukan. Biasanya, para penggemar dapat memperoleh cucak rowo dengan memesan kepada para pedagang burung dengan rela menunggu beberapa waktu. Setelah itu, baru penggemar burung bisa mendapatkan burung cucak rowo, tentu dengan harga yang cukup tinggi. Hingga saat ini, penangkaran belum banyak dilakukan karena banyak penggemar burung cucak rowo yang belum memahami teknik penangkaran cucak rowo.

Kenapa Permintaan Cucak Rowo terus meningkat?

Menurut para penjual burung ocehan, baik di pasar-pasar burung maupun di kios-kios penjual pakan dan burung, permintaan burung kicau atau burung ocehan, terutama burung cucak rowo sangat tinggi. Tentu permintaan tersebut sulit dipenuhi karena langkanya populasi cucak rowo. Salah satu peternak cucak rowo cukup besar di daerah Bogor, Jawa Barat, yang memiliki 20 pasang indukan merasa kewalahan memenuhi permintaan dari para penggemar cucak rowo. Begitu pun peternak-peternak cucak rowo di daerah lain.

3 Jenis-jenis Bisnis Cucak Rowo

Dalam melakukan bisnis cucak rowo terdapat beberapa cara yang dilakukan oleh para pembisnis. Bentuk bisnis yang dapat dijalankan peternak diantaranya merawat cucak rowo liar, bisnis membesarkan cucak rowo bakalan, dan bisnis menjual anakan cucak rowo.


Gambar 3 Jenis-jenis Bisnis Cucak Rowo


1. Bisnis Merawat Cucak Rowo Liar

Harga cucak rowo liar hasil tangkapan dipasaran jauh lebih murah dibandingkan dengan cucak rowo yang sudah rajin berkicau. Harga cucak rowo dewasa liar di pasaran sekitar Rp. 750.000,00- Rp. 1.000.000,00. Cucak rowo liar hasil tangkapan ini biasanya masih belum mau berkicau karena masih mengalami stres.

Cucak rowo liar perlu dirawat selama beberapa bulan. Dengan perawatan dan perlakuan yang sabar dan telaten dalam memandikan, pemberian pakan yang bergizi, dan penggantungan pada tempat yang teduh, cucak rowo berangsur-angsur akan menjadi lebih sehat, serta tidak begitu liar, serta mulai berani berkicau. Burung cucak rowo yang semula liar dan stres, setelah dirawat dengan baik hingga menjadi jinak dan rajin berkicau memiliki harga cukup tinggi, dapat mencapai harga puluhan juta rupiah. Cara bisnis ini banyak dilakukan para penggemar cucak rowo.

2. Bisnis Membesarkan Cucak Rowo Bakalan

Cucak rowo bakalan dapat diperoleh dari hasil tangkapan atau hasil penangkaran. Harga cucak rowo bakalan hasil tangkapan dan hasil penangkaran hampr sama, yaitu berkisar Rp. 1.000.000,00 - Rp. 2.000.000,00 per ekor. Cucak rowo bakalan hasil tangkaran jauh lebih jinak dibandingkan dengan cucak rowo bakalan hasil tangkapan. Namun, setelah dipelihara beberapa lama, cucak rowo bakalan tersebut akan tumbuh dewasa dan mulai rajin berkicau.

Biasanya, suara cucak rowo bakalan hasil tangkapan lebih bervariasi. Setelah rajin berkicau, burung-burung cucak rowo tersebut dihargai dengan harga paling murah Rp. 4.000.000,00 dan mencapai puluhan juta rupiah. Pada umur satu tahun, cucak rowo sudah dapat dijadikan indukan. Pasangan induk yang baik sudah dapat menghasilkan keturunan 3-4 bulan sejak dijodohkan.

3. Bisnis Menjual Anakan Cucak Rowo

Untuk menghasilkan cucak rowo anakan dalam jumlah besar, penggemar perlu melakukan penangkaran dalam puluhan kandang. Di kampung Cijunjung Tengah, Ciluar-Bogor, terdapat seorang penangkar yang memiliki 20 pasang indukan dan berhasil menangkarkan cucak rowo dalam jumlah cukup banyak. Penjualan anakan cucak rowo tersebut tidak begitu sulit karena pembeli datang sendiri ke lokasi penangkaran. 

Biasanya penangkar menjual anakan cucak rowo seharga Rp. 2.000.000,00 - Rp 2.500.000,00 per pasang. Biasanya, selain menangkarkan cucak rowo, para penangkar juga menangkarkan burung ocehan lain seperti murai batu, anis kembang, dan jalak suren. Umumnya, anakan cucak rowo dijual setelah lepas sapih.


Kesimpulan

Dalam bisnis cucak rowo ini tentu pasti kita dihadapkan pada kendala, dan dalam bisnis cucak rowo ini ada beberapa kendala yang harus dihadapi dan harus diatasi oleh peternah antara lain :
Sulitnya Mendapatkan Cucak Rowo Di Pasaran
Seperti telah dijelaskan diatas bahwa populasi cucak rowo semakin langka sehingga semakin sulit untuk mendapatkan anakan, bakalan atau indukan cucak rowo di pasaran. Untuk mendapatkan cucak rowo dipasaran diperlukan kesabaran, karena harus sering mendatangi pasar-pasar burung serta memesan kepada penjual burung kicau. Calon indukan cucak rowo dapat diperoleh di pasar burung atau dibeli dan dipesan peternak burung cucak rowo.

Tingginya Harga Cucak Rowo
Mendapatkan cucak rowo untuk dirawat memerlukan dana tidak sedikit, yaitu mencapai angka jutaan rupiah. Oleh sebab itu, bisnis cucak rowo sebaiknya dimulai dari skala kecil. Penggemar pemula harus memahami perawatan, memperhatikan karakter cucak rowo yang sehat atau yang sedang sakit, serta mengetahui teknik pengobatannya. Kegagalan perawatan akan berakibat pada kematian cucak rowo. Bila tata cara perawatan dan pemeliharaan cucak rowo telah dipahami, baru anda bisa memulai bisnis cucak rowo dalam skala lebih besar, hal ini dimaksudkan untuk menghindari risiko kematian mengingat harga cucak rowo cukup mahal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel