Alasan Kenapa Memilh Cucak Rowo Sebagai Burung Peliharaan Yang Menggoda

Cucak Rowo si pengoceh yang menggoda karena kicauannya menimbulkan inspirasi untuk mengadu kicauannya dalam kontes. Peningkatan jumlah penggemar cucak rowo memang bukan tanpa alasan. Kelebihan cucak rowo dalam bidang tarik suara memang banyak menumbuhkan inspirasi. Sebagai burung kesayangan, cucak rowo mengeluarkan suara merdu yang dapat memberikan hiburan bagi pemiliknya. Kemerduan cucak rowo memberikan inspirasi bagi para penggemarnya untuk mengadakan lomba atau kontes. Dengan begitu, harga burung cucak rowo pun menjadi meningkat. Berikut ini beberapa alasan yang membuat para penggemar cucak rowo tergoda dan terus memburunya. 

Keindahan Kicauan Cucak Rowo


Gambar Alasan Kenapa Memilh Cucak Rowo Sebagai Burung Peliharaan Yang Menggoda


Banyak orang yang memburu cucak rowo karena lantunan kicauannya yang keras dan lantang. Selain itu, irama lagunya yang menghentak-hentak dan nyaring membuat cucak rowo menyanyi layaknya seorang rocker, apalagi cucak rawa yang roppel atau triple. Meskipun yang berkicau hanya satu ekor, suara cucak rowo yang terdengar sangat ramai bersahut-sahtan seperti suara burung lebih dari satu ekor. Kicauan cucak rowo bersuara roppel atau triple jauh lebih bagus dibandingkan dengan cucak rowo bersuara tunggal. Sebagai ilustrasi, kicauan cucak rowo bersuara ropple atau cucak rowo yang bersuara triple secara sederhana yaitu cingkullinng-klingkungking-klungklungking. Sementara suara cucak rowo tunggal suaranya : king-kung-king-klung-kling-kwik dan seterusnya.

Lantunan kicauan cucak rowo sangat merdu, mendayu-dayu, menggema serta terdengar dari jarak yang cukup jauh. Banyak penggemar burung cucak rowo mengatakan bahwa bila terbiasa mendengarkan lantunan kicauan cucak rowo membuat kicauan burung lain terasa hambar, apalagi saat berkicau, cucak rowo memainkan gaya tubuh yang indah sambil menggerak-gerakkan sayap dan kepalanya. Wajar bila polah-tingkah cucak rowo yang energik dan binal banyak menarik minat para penggemarnya serta menjadi penghuni rumah-rumah mewah.

Cucak Rowo Sebagai Burung Kesayangan

Banyak para pengemar mengatakan memelihara cucak rowo sebagai burung kesayangan yang dapat menghilangkan stres. Hidup di kota-kota besar, seperti di Jakarta, yang mana tiap hari diwarnai dengan kesibukan pekerjaan atau urusan lain, kebisingan, hiruk pikuknya suara kendaraan, ataupun oleh kemacetan di jalanan. Semua hal tersebut dapat menimbulkan ketegangan pikiran atau stres. Namun, lantunan merdu mendayu-dayu dari cucak rowo mampu membuat hati menjadi berbinar dan stres pun lenyap. Dengan gerak tubuh yang manja dan atraktif, cucak rowo terus melantunkan kicauan-kicauannya sehingga menambah semarak suasana rumah.

Lomba Tarik Suara Cucak Rowo

Banyak penggemar cucak rowo yang mencari ccak rowo bakalan yang bagus untuk dirawat dan disipakan untuk lomba atau kontestan tarik suara. Bahan bakalan cucak rowo yang biasanya dicari biasanya cucak rowo yang memiliki suara roppel atau triple. Namun untuk mendapatkan jenis cucak rowo bersuara ropple atau triple tersebut biasanya dilakukan dengan cara memesan kepada para penjual burung di bursa lomba burung ocehan yang sering diselenggarakan di kota maupun di daerah. Biasanya cucak rowo pemenang lomba langsung dibeli oleh para penggemarnya. 

Harga cucak rowo pemenang lomba jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga pasar, dan itu bisa mencapai harga puluhan juta rupiah. Penjualan cucak rowo pemenang lomba biasanya disertai dengan piala dan piagam tanda kejuaraan. Frekuensi lomba tarik suara burung ocehan, termasuk cucak rowo di kota-kota besar maupun di daerah sering dilakukan , tertama pada hari-hari besar nasional atau hari penting lainnya.

Lomba tarik suara burung ocehan ini sangat bermanfaat dalam melestarikan populasi burung kicauan. Pelestarian burung kicauan langka seperti burung cucak rowo dilakukan dengan memberikan syarat, yaitu hanya memperbolehkan kontestan lomba berasal dari hasil penangkaran. Hal ini akan merangsang para penggemar burung kicauan untuk menangkarkan burung berkicau yang digemarinya seperti Cucak rowo.


Kesimpulan

Selain alasan memilih cucak rowo untuk binatang kesayangan, para penggemar cucak rowo pun beralasan bahwa denga memelihara atau menangkarkan cucak rowo bisa menjadi bisnis yang komersil, oleh sebab jumlah populasi cucak rowo semakin sangat langka, sedangkan permintaan penggemar cucak rowo semakin meningkat dari waktu ke waktu, maka harga cucak rowo pun semakin hari semakin meningkat dan mahal, baik itu di pasaran maupun di bursa-bursa lomba. Di balik fenomena tersebut terdapat peluang untuk mengembangbiakkan cucak rowo sebagai usaha komersial. Bentuk bisnis yang ditekuni pun dapat bermacam-macam sesuai dengan kemampuan peternak burung cucak rowo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel