10 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

klinikabar.com, 10 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung - Pembuluh koroner akan lancar memberi pasokan makanan pada otot jantung.namun, tidak cukup aliran darah koroner yang lancar saja. Darah perlu mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan otot jantung. Ukuran jantung hanya sekepal tangan, tersusun dari empat ruang. jantung sebelah kiri berisi darah bersih yang berasal dari paru-paru. Darah bersih dari serambi kiri masuk ke bilik jantung kiri. dari bilik jantung kiri darah dikirim ke seluruh tubuh.

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung


Gambar 10 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung



Jantung bagian kanan berisi darah kotor kiriman balik dari seluruh tubuh. ia juga memiliki serambi dan bilik jantung. serambi kanan menerima darah kotor untuk dibersihkan oleh paru-paru. Antarserambi dan antarbilik dibatasi oleh sekat jantung sehingga darah bersih tidak bercampur dengan darah kotor. Sedangkan antara serambi dan bilik dibatasi oleh katup jantung yang membuka tutup setiap saat jantung memompa. Dua katup juga terdapat pada pangkal pembuluh yang keluar dan memasuki jantung.

10 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

1. Oatmeal
Awali hari dengan 1 mangkuk oatmeal, karena oatmeal kaya akan omega 3, folat dan kalium sehingga dapat menurunkan kadar LDL dan membuat pembuluh darah tidak tersumbat. Untuk penyajiannya oatmeal dapat dimakan dengan diberi taburan salad, atau dimakan dalam mangkuk beserta potongan buah seperti pisang, stroberi, apel, pir dan lain-lain.

2. Ikan Salmon
Ikan salmon sangat kaya akan kandungan asam lemak omega 3, salmon juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan membuat pembuluh darah tidak tersumbat. Dengan mengkonsumsi ikan salmon 2 porsi setiap minggu dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung sampai 1/3 nya.

Ikan salmon mengandung karotenoid astaxanthin, yang merupakan antioksidan yang kuat, menurut ahli penyakit jantung Dr. Stephen T. Sinatra yang merupakan penulis buku Lower Your Blood Pressure I Eight Weeks. Disarankan untuk memilih ikan salmon yang segar dibandingkan ikan kalengan karena ikan dalam kaleng dapat mengandung bahan pengawet ataupun bahan logam. Selain ikan salmon, ikan jenis lain dapat membuat manfaat yang sama adalah ikan mackerel, tuna, ikan baring dan ikan sarden.

3. Alpukat
Tambahan sedikit alpukat pada roti lapis atau pun pada salad untuk mendapatkan lemak yang sehat bagi kesehatan jantung. Karena merupakan lemak tidak jenuh, alpukat dapat membantu menurunkan kadar LDL dan sekaligus meningkatkan kadar HDL dalam darah. Alpukat mengagumkan karena membantu penyerapan karotenoid lain terutama beta karoten dan likopen yang penting untuk kesehatan jantung anda.

4. Minyak Zaitun
Dengan kandungan lemak tidak jenuh, minyak zaitun dapat menurunkan kadar LDL dan juga mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Hasil penelitian di 7 negara menunjukkan laki-laki yang mempunyai kecenderungan kadar kolesterol yang tinggi jarang yang meninggal akibat penyakit jantung karena banyak mengkonsumsi lemak yang sehat seperti minyak zaitun. Disarankan untuk membeli minyak zaitun yang extra virgin atau virgin, karena tidak mengalami banyak proses dan dapat digunakan sebagai pengganti minyak untuk memasak.

5. Kacang
Kacang walnuts kaya dengan asam lemak omega 3 serta kacang almond dan kacang macadamia yang kaya akan lemak tidak jenuh merupakan sumber lemak yang sehat bagi tubuh, ditambah lagi kacang dapat menambah kandungan serat dalam makanan.

6. Buah Berry
Blueberries,blackberries, raspberries, strawberries atau jenis buah berry lainnya merupakan sumber anti radang dan banyak mengurangi resiko untuk terkena penyakit jantung dan kanker.

7. Legumes
Buncis, kacang panjang, kacang polong, dan kacang merah mengandung asam lemak omega 3, kalsium, serat yang larut sehingga baik bagi kesehatan jantung.

8. Bayam
Bayam dapat menjaga kesehatan karena bayam mengandung lutein, folat, kalium, dan seratnya dan mengkonsumsi sayuran jenis apapun secara rutin setiap hari terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung.

9. Biji-Bijian
Biji-bijian seperti biji wijen yang kaya akan asam lemak omega 3 dan omega 6, biji-bijian tersebut dapat dikonsumsi bersama salad ataupun oatmeal kesukaan keluarga.

10 Kedelai
Kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol dan karena termasuk dalam lemak jenuh yang rendah, maka dapat menjadi sumber protein yang menyehatkan dalam makanan. kedelai dapat dikonsumsi dalam bentuk tempe, tahu, dan susu.


Penutup

Itulah Artikel tentang makanan yang baik untuk jantung. Supaya lipid darah turun, selain diberi obat, maka perlu diet rendah lemak dan rutin melakukan gerak badan. diabetes, hipertensi, kegemukan, memperburuk orang dengan lipid darah yang tinggi. Maka semua itu perlu rutin di kontrol juga. Dengan demikian, pembuluh koroner akan lancar memberi pasokan makanan pada otot jantung. Namun, tidak cukup dengan aliran darah koroner saja yang lancar, darah perlu mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh otot jantung.

Terlebih lagi oksigen, kurang pasokan zat gizi saja tidak langsung mengganggu kerja jantung. Namun, kekurangan pasokan oksigen dalam hitungan menit saja dapat membuat jantung berhenti. Selain itu sejumlah mineral juga vital bagi jantung. Kalium (potassium), kalsium (calcium), zinc, copper, chromium, magnesium, manganese, selenium selain vanadium, dan vitamin A, untuk menyebut beberapa tidak boleh kekurangan, jangan pula sampai kelebihan pula.

Baca Juga Manfaat Asam Lemak Esensial Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel