Manfaat Asam Lemak Esensial Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

klinikabar.com, Manfaat Asam Lemak Esensial Untuk Kesehatan Dan Pengobatan - Ingin Cantik? Anda membutuhkan lemak, lebih tepatnya asam lemak esensial. Nah karena tubuh tidak bisa memproduksi sendiri asam lemak esensial, maka tubuh perlu impor dari makanan. Jika tubuh kekurangan asam lemak esensial (omega-3 dan omega-6), kulit akan mudah iritasi, kulit menjadi kering, timbul komedo, dan bintik putih.

Fungsi Asam Lemak Esensial


Gambar Manfaat Asam Lemak Esensial Untuk Kesehatan Dan Pengobatan


Lemak sering dianggap sebagai penyebab kegemukan, lemak juga sering dianggap sebagai penyebab berbagai penyakit kronis timbul, tapi, benarkah semua jenis lemak hanya merugikan bagi tubuh? Lemak merupakan suatu zat gizi sebagai sumber energi dan pelarut vitamin. Lemak terdiri dari asam lemak jenuh (SAFA), lemak trans (TFA) serta asam lemak tak jenuh, asam lemak tak jenuh yaitu asam lemak tak jenuh jamak atau PUFA, dan asam lemak tak jenuh tunggal atau MUFA.

Maanfaat Asam Lemak Esensial Untuk Tubuh

Sudah kita ketahui sejak lama, bahwa omega-3 juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. tidak hanya itu, gejala sakit pada persendian dan depresi juga dapat berkurang dengan mengkonsumsi asam lemak esensial. Konsumsi lemak jenuh secara berlebihan akan meningkatkan kadar lemak dalam darah dan meningkatkan kolesterol yang bisa menyebabkan resiko penyakit kronis seperti jantung koroner, stroke, dan kelainan lemak dalam darah dan menyebabkan hipertensi.

Dari hasil riset kesehatan dasar terhadap konsumsi lemak, ditemukan bahwa konsumsi lemak pada orang indonesia secara kuantitas sudah cukup, tapi kualitasnya tidak memadai. Dimana orang masih mengkonsumsi lemak dari makanan tidak sehat, seperti lemak pada makanan siap saji seperti makanan yang digoreng dengan minyak banyak dan lain-lain.

Kebiasaan makan makanan dengan lemak jahat tidak hanya terjadi pada masyarakat yang hobi menyantap makanan siap saji saja, tetapi pada masyarakat kalangan menengah ke bawah yang jarang mengkonsumsi makanan siap saji ternyata banyak mengkonsumsi makanan yang banyak digoreng juga rentan terhadap lemak trans berlebih akibat minyak goreng yang dipakai secara berulang.

Sebaiknya ada aturan berapa porsi lemak yang dikonsumsi supaya tubuh memperoleh manfaat yang baik dari lemak tersebut. Dari total 30 persen asupan lemak ke dalam tubuh, sebaiknya lemak jenuh 10 persen, 20 persen lemak tak jenuh yang terdiri dari lemak tak jenuh jamak, 6-10 persen dan lemak tak jenuh tunggal 10 persen. Asupan lemak esensial yang seimbang antara omega 3 dan omega 6 bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular, sistem saraf dan hormon, asam lemak esensial juga memperbaiki penyerapan nutrisi, menjaga daya tahan sel dan kesehatan.

Penutup

Sumber makanan omega 3 dan omega 6 diantaranya bersumber dari jenis biji-bijian, daging, dan aneka minyak seperti : canola, VCO, evening primrose, biji bunga matahari, borage oil, dan blackcurrant. Jadi perhatikan sumber makanan anda, pastikan ada asupan untuk kulit. telur yang sudah diperkaya omega-3, kacang walnut, sarden, salmon, kedelai, mackerel, dan biji rami adalah sumber omega-3. dan omega-6 dapat diperoleh dari makanan yang dipanggang, unggas, minyak masak, dan jangan lupa untuk mengkombinasikan dengan sumber makanan yang lainnya agar gizi seimbang untuk tubuh selalu terpenuhi. Itulah Banyak Manfaat baik dari asam lemak esensial.

Baca Juga Apa Itu Essensial Oil Dan Effek Penggunaan Essensial Oil

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel