4 Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat Dan Fakta Jantung

klinikabar.com, Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat Dan Fakta Tentang Jantung - Jantung adalah pompa ajaib, kenapa dikatakan pompa ajaib? Karena jantung adalah sebuah organ yang kecil, kira-kira sebesar kepalan tangan anda, kepada jantung nyawa anda bergantung, adalah salah satu keajaiban alam kejadian.

Fakta Tentang Kerja Jantung


Gambar 4 Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat Dan Fakta Jantung



Denyut Jantung yang teratur mengedarkan lima atau enam liter darah berkeliling tubuh anda di setiap menit. dalam waktu 24 jam jantung anda menerima dan memompakan kira-kira 10.000 liter darah, dalam proses pemompaan ini, mesin kecil yang setara dengan 1/70 tenaga kuda menggunakan dalam waktu satu hari cukup tenaga untuk melemparkan satu orang yang memiliki berat tubuh 150 pon setinggi gedung Empire State Building (gedung tertinggi di Kota New York) - kira-kira 10 ton darah melalui jantung setiap 24 jam.

Cara Kerja Jantung Selama Seumur Hidup

Jika anda mendengar denyut jantung anda dengan memakai stethoscope, anda mendengar satu denyutan yang berirama, yaitu bunyi nyawa anda sendiri, ketika darah mengalir dari katup bilik jantung, pompa kecil yang tidak dapat dicontohkan ini, yang berdenyut 100.000 kali per hari, menyebabkan darah selalu mengalir melalui pembuluh-pembuluh darah anda selama 24 jam sehari dengan tidak pernah berhenti.

Dalam waktu 70 tahun jantung anda itu berdenyut tidak kurang dari 2,500,000,000 kali, dengan tidak pernah berhenti sekalipun untuk perbaikan atau reparasi, bahkan anda tidak dapat membandingkan jantung anda dengan satu gerakan secara terus menerus yang paling sempurna, sekali digerakkan untuk pekerjaan memompa yang berjalan seumur hidup, jantung hanya berhenti di antara denyutan sampai jantung berhenti untuk selamanya.

4 Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat Dan Baik.

1. Jangan Tergesa-gesa
Untuk apa selalu berlari! jika anda berjalan cepat?, makan cepat, berbicara cepat dan selalu harus bekerja dengan sangat cepat, itu sama dengan anda memberikan tekanan yang sangat keras pada jantung anda.

2. Harus Menjaga Pola Makan Yang Seimbang
Jangan biarkan badan anda terlalu gemuk, dokter anda dapat memberitahu bahaya dari obesitas., karena tiap pon lemak yang anda tambahkan pada tubuh anda sangat bahaya, karena jantung anda harus memompa darah melalui pembuluh darah yang satu paal atau lebih panjangnya untuk mencukupi darah kepada lemak tambahan itu.

Jika berat badan anda lebih dari 50 pon, ingat! jantung anda yang malang akan memompa darah melalui 50 paal pembuluh-pembuluh darah sebagai tambahan. Maka jika anda terlalu gemuk, cobalah untuk mengurangi pekerjaan jantung yang terlalu berat, jika dalam percobaan menurunkan berat badan, ikutilah dengan benar makanan yang disarankan oleh dokter anda, maksimal anda harus mengurangi berat badan anda tidak lebih dari dua pon per minggu.

3. Hindari Rasa Cemas 
Orang yang selalu cemas menjadi calon penderita sakit jantung yang buruk, segala kesulitan hidup yang kecil dan sepele merupakan kesulitan besar untuk mereka yang membuat kecemasan itu sebagai pekerjaannya. Dengan memikirkan tentang hari esok di hari sekarang itu sesungguhnya menambahkan tekanan tambahan kepada pembuluh darah yang kecil dan dengan begitu akan meningkatkan dan membuat tinggi tekanan darah mereka.

4. Jangan Bekerja Terlalu Keras
Kepenatan selalu dapat membunuh anda, maka hindari untuk bermain golf 18 lubang sehingga anda meninggal di usia 50 tahun, hanya karena anda tidak ingin mengakui bahwa kesanggupanya anda hanya 9 lubang, jangan menjadi seorang diantara mereka yang selalu berlomba selama 24 jam, yang baginya pekerjaan tidak pernah berakhir, dan pada satu hari mereka jatuh sakit dan terpaksa berhenti.

Penutup

Maka jika anda menjaga jantung anda, maka jantung akan sangat berjasa untuk hidup kita, jantung akan berdenyut dua setengah milyar kali pada usia 70 tahun atau lebih, namun sangat disesali, orang-orang modern tidak lagi memperhatikan jantungnya sendiri dan tidak menghiraukan keperluannya akan jantung yang sehat dan baik. Terlalu sering orang-orang mengabaikan fungsi dan manfaat jantung, maka tidak heran jika banyak orang yang meninggal dikarenakan penyakit jantung dan pembuluh darah, oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa tips untuk menjaga jantung dalam keadaan baik dan sehat.

Baca Juga Penggolongan Obat Penyakit Jantung Dan Terapi Jantung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel