Cara Mengobati 3 Jenis Kelainan Pada Kaki Bayi

klinikabar.com, Cara Mengobati 3 Jenis Kelainan Pada Kaki Bayi, Ada 3 jenis kelainan pada pada kaki bayi yaitu : talipes atau kaki pekuk atau kaki yang memutar ke dalam, ibu jari merpati atau ibu jari kaki yang memutar ke dalam dan tungkai pengkar kaki keluar.

Kelainan Pada Kaki Bayi


Gambar Cara Mengobati 3 Jenis Kelainan Pada Kaki Bayi


3 Jenis Kelainan Pada Kaki Bayi

1. Talipes atau Kaki Pekuk atau Kaki Yang Memutar Ke Dalam

Keadaan ini terbagi atas dua  jenis utama -jenis tersering adalah yang tidak serius, sedangkan yang lain, bentuk yang jarang, dan bersifat lebih serius.

Jenis-Jenis Talipes Atau Kaki Memutar Ke Dalam
A. Talipes Tersering (Talipes Sikap)
Tidak ditemukan ada kelainan ulang di dalam kaki. pada waktu lahir, kaki ditemukan memutar ke dalam dam bayi berbaring dengan sisi luar kakinya rata pada ranjang yang disebabkan oleh ketidakseimbangan tarikan otot pada tulang kaki bayi.

Diduga bahwa bayi mungkin berbaring dengan kaki terjepit dalam posisi ini di dalam rahim selama beberapa minggu dan kelihatannya ini suatu penjelasan yang masuk akal. Karena kaki bayi selama di dalam rahim dapat digerakan dengan mudah ke semua posisi.

Bentuk Talipes Yang Lebih Serius  
Timbul bila ada kelainan bentuk tulang kaki, sehingga kaki tidak dapat digerakkan ke posisi normal, anda perlu datang ke ahli ortopedi dalam beberapa hari setelah bayi anda lahir sehingga cacat bentuk dapat dikoreksi dengan plester atau tali pengikat.

Cara Mengobati Talipes Sikap Atau Kaki Yang Memutar Ke Dalam

Kaki atau kedua kaki harus digerakkan dengan hati-hati melalui batas penuh gerakan beberapa kali sehari(mungkin setelah bayi menyusu, sehingga anda mudah mengingatnya). Juga ada manfaat bila memijat dengan hati-hati otot-otot yang sangat kecil pada sisi kaki bayi yang memutar ke dalam, tetapi sering keadaan ini akan terkoreksi sendiri secara spontan tanpa pengobatan.

Pada saat bayi mencapai usia enam bulan, kelainan tersebut tidak tampak lagi. pada sebagian besar kasus pemutaran kaki ke dalam tersebut adalah karena ketidakseimbangan otot sementara. Dokter yang melakukan pemeriksaan pertama pada bayi anda akan sanggup membuat anda cukup tenang.

2. Ibu Jari Merpati Atau Ibu Jari Kaki Bayi yang Memutar Ke Dalam

Hal ini terjadi bila seorang bayi cenderung berjalan dengan ibu jari kaki memutar ke dalam. sikap ini lazim jika bayi pertama kali belajar berjalan. Biasanya dengan membaiknya keseimbangan, kecenderungan ini hilang dan ibu jari kaki bayi anda kembali lurus. 

Tetapi terkadang gaya berjalan dengan ibu jari memutar ke dalam akan menetap karena agak terputarnya tulang tungkai atas atau tulang tungkai bawah. Hal ini bukan keadaan serius dan dengan membesarkan bayi atau anak, maka putaran ibu jari ini akan terkoreksi secara spontan.

Tidak diperlukan pengobatan khusus apapun untuk keadaan ini, gerak badan akan membantu, tetapi sepatu penyangga yang pas dan baik akan bermanfaat. Kaus kaki harus cocok juga dengan keadaan kaki bayi anda - tidak terlalu kecil, dan jangan memakaikan kaos kaki pada bayi anda yang mengalami ibu jari kaki memutar ke dalam yang terbuat dari bahan wol atau katun murni, karena bahan ini akan mengkerut jika dicuci dalam air hangat.

Dengan berlangsungnya pertumbuhan, biasanya tungkai dan kaki akan menjadi lurus, tetapi lihat anggota keluarga lain (yang lebih tua). Apakah mereka masih berjalan dengan gaya ibu jari kaki merpati atau ibu jari yang memutar ke dalam? Jika begitu, ibu jari yang memutar keluar dalam tingkat ringan mungkin menjadi ciri keluarga anda.

3. Tulang Pengkar Keluar Pada Kaki Bayi

Ini variasi lain bagi keadaan normal yang terutama terjadi dalam kelompok anak usia in (kaki datar, pergelangan kaki memutar ke dalam, dan tungkai pengkar keluar, sering terlihat dan terjadi secara bersamaan pada anak).

Biasanya keadaan ini menimbulkan kekhawatiran untuk setiap orang tua, tetapi anda dapat dibuat tenang dengan mengatakan bahwa keadaan ini akan membaik secara bertahap dengan bertambah besar usia anak.

Cara Pemeriksaan Tungkai Pengkar Ke Luar

Minta anak anda untuk berdiri dengan kedua lutut rapat. kemudian ukur jarak kedua tulang pergelangan kaki. Jarak yang lebih dari dua inci menunjukkan bahwa anak anda menderita tungkai pengkar dalam tingkat tertentu (tes ini dapat juga dilakukan pada anak yang berbaring pada punggungnya). Anak-anak dengan lutut gemuk, terutama anak yang dengan bantalan lemak besar pada permukaan lututnya, dapat menimbulkan dugaan yang menyesatkan, maka jangan lupa hal ini pada saat melakukan pengukuran pada kaki bayi atau anak anda.

Penutup

Tidak ada pengobatan yang akan memperbaiki pengkar keluar jika penyakit ini ditemukan pada anak yang telah berusia lima tahun, masalah ini akan membaik secara spontan pada sembilan puluh lima persen kasus. (Dahulu, semua bentuk gerak badan, bidai, dan pengobatan disukai orang serta sering dianggap berhasil jika diteruskan untuk waktu yang cukup lama, minimal sampai usia anak tujuh tahun!). Anak wanita, dan beberapa pada wanita dewasa, cenderung mempertahankan tungkai pengkar keluar ini dalam tingkat ringan saja seiring dengan pelebaran panggulnya. dan hal ini benar-benar normal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel