3 Hal Yang Membahayakan Lambung Dan Ginjal

Apakah Makanan Berbahaya Untuk Lambung Dan Ginjal? - Pertanyaan ini sering diberikan kepada seorang spesialis perut. biasanya penyakit yang disebabkan oleh 3 hal ini tidak ada diagnosisnya, penyakit yang disebabkan oleh 3 hal ini biasanya diderita oleh hampir setengah penduduk dunia.

Yang Membahayakan Lambung Dan Ginjal

3 hal itu adalah makan terlalu cepat, bumbu-bumbu, minuman beralkohol yang mendatangkan penyakit nasional dan hal itu biasa terjadi di restaurant, tetapi apakah penyakit itu sebenarnya?.

kebiasaan hidup yang tidak baik sedang merongrong kehidupan dan kesehatan kita. kebiasaan-kebiasaan hidup yang tidak baik menjadikan kita lemah dalam tubuh dan jiwa. tergesa-gesa, bumbu-bumbu yang pedas dan minuman-minuman keras menimbulkan asam lambung dan sulit tidur. oleh karena itu, orang yang mengalami penyakit asam lambung sering marah.

Gambar 3 Hal Yang Membahayakan Lambung Dan Ginjal

tiga perkara itu bagaikan bom waktu yang sangat berbahaya, dan lebih sangat berbahaya  jika dicampur semua 3 hal itu dalam satu rongga tertutup seperti saraf lambung. sesungguhnya campuran itu merupakan dynamit bagi tubuh anda.

biasanya setelah seseorang yang bekerja keras menggunakan lambungnya sebagai tempat percampuran 3 hal tersebut, maka tidak lama lagi ia akan menjadi tamu bagi seorang dokter dengan keluhan bahwa ia merasa sakit dalam perutnya, mengalami tegang saraf dan tidak dapat tidur.

3 Hal Yang Membahayakan Lambung Dan Ginjal

1. Sibuk Dan Terlalu Terburu-Buru

Cepat! kita selalu bergerak dengan cepat karena ingin cepat sampai tujuan seperti kita itu bergerak dengan kecepatan melebihi kecepatan suara, yang di kontrol oleh radar, dan dijalankan oleh jet. tanpa kita sadari, kita bergerak begitu cepat dalam dunia ini sehingga kita menjadi pusing.

tetapi kita harus menjadi modern, cepat, elektronik, segala sesuatu harus dikerjakan dengan lebih baik, lebih cepat. meski waktu kita yang terluang digunakan dalam libur yang padat rencananya dan diatur dengan baik.

seperti itulah kita melakukan itu yang tidak begitu penting, tanpa kita sadari kita telah kehilangan ilmu susila tidak berbuat apapun. seperti roda pada mesin, kita mesti selamanya berputar dengan tidak berhenti-henti serta dengan sangat kencang melakukan apapun.

2. Penyebab Infeksi Lambung

terburu-buru biasanya telah menimbulkan infeksi atau borok pada lambung dan membuat perut terasa mulas, dengan tergesa-gesa kita membiarkan kita menyakiti tubuh kita sendiri.

lambung adalah cermin pikiran yang disulitkan oleh pikiran-pikiran dan kekacauan yang menekan rem atas alat-alat dalam tubuh kita, sementara kita tidak pernah membebaskan pikiran kita dari kecemasan.

pikiran kalut, sering marah mengiringi perangsangan pada lambung yang menimbulkan kadar asa tinggi pada ambung, akibatnya kita mengalami kejang, sakit diulu hati dan rasa sakit yang membahayakan pencernaan di tubuh anda.

Bumbu-bumbu pedas sesekali tidak baik untuk lambung yang tegang saraf nya. dokter-dokter specialist perut, sama-sama berpendapat bahwa bahan-bahan makanan yang banyak bumbu dan pedas seharusnya tidak boleh terdapat dalam daftar bahan makanan seorang penderita penyakit lambung.

cabe, asinan, lada dan bumbu-bumbu seperti itu adalah perangsang lambung yang perlu dihindarkan. kita seringkali mendapat gangguan perut yang meliputi lebih dari 50 % dari penduduk, akan sangat bijaksana jika kita menghindarkan pedas itu selama-lamanya.

makanan pedas tidak hanya merangsang hidung, kerongkongan, lidah dan lambung. tapi juga usus besar dan kulit pun juga.

bahaya yang paling mengerikan yang disebabkan oleh pedas adalah pembunuhan pancaindra "pengecap", alat-alat perasa itu adalah sangat rapuh dan sangat halus. bumbu-bumbu yang sangat keras merusak lambung.

Cobalah anda memercikkan lada hitam bubuk pada telur ceplok. dan perhatikan bagaimana itu bekerja, kemana perginya dan apa yang diperbuatnya.

ada orang yang gemar akan makanan pedas, yang merupakan batalyon penggigit pada mulut mereka yang gemar akan makanan pedas. karena sebenarnya lada menggigit dan mencubit saraf-saraf yang memberitahukan kepada kita bahwa suatu sup itu masih panas.

lada itu tidak ada rasanya, saraf-saraf perasa tidak dapat merasakan rasa dari lada itu, malahan, lada itu membakar, dan dirangsangnya saraf-saraf yang memberitahu kita tentang suatu perasaan panas atau sejuk. tentu saja sebagian rangsangan itu datang dari hidung kita.

terlalu mengkonsumsi lada dalam makanan kita membuat kita menjadi mengeluarkan airmata, maka bumbu-bumbu pedas yang lain adalah seperti itu juga, maka sekarang cobalah kita lihat bagaimana keadaan lambung tentang telur yang disiram dengan lada hitam itu.

lambung adalah hampir sama halus-nya seperti mata, lada yang terkena mata dengan tidak sengaja menimbulkan rasa perih yang luar biasa. sehingga airmata keluar, selaput lendir mata menjadi sakit, menjadi berwarna merah dan perih.

selaput lendir lambung yang halus mempunyai beribu-ribu kelenjar yang mengeluarkan asam dan pepsin. selaput itu memberikan reaksi kepada bahan-bahan perangsang, tepat seperti mata. selaput itu menjadi berair dan merah serta perih.

asam dan pepsin dituangkan lagi berlebih-lebihan untuk mengencerkan bahan perangsang itu. asam tambahan tersebut atau kadar asam lambung tinggi, memberikan suatu bahaya yang sungguh-sungguh kepada seorang penderita sakit lambung. 

apabila seorang yang sangat tegang sarafnya bekerja dibawah tekanan pembuluh-pembuluh darah kecil di dalam dinding perutnya akan tercekik, sehingga menutup peredaran darah yang baik kepada selaput lendir perut itu.

dengan adanya lada, maka itu sama dengan menambahkan asa perut tambahan, maka terjadilah infeksi lambung, selaput lendir lambung itu dibuat lemah oleh kekurangan darah, karena rangsangan dari lada hitam atau bumbu-bumbu pedas yang lain yang mendatangkan asam yang berlebihan untuk mengebor bagian yang sudah lemah, sehingga lambung mengalami erosi dan mengalami borok atau infeksi.

saluran usus tidak lebih senang melihat adanya lada pengganggu yang dibenci itu berada di lambung, usus menjadi sangat tegang, yang biasanya makanan yang dicerna hingga menjadi cair, lalu kemudian diserap ke dalam aliran darah melalui jonjot selaput lendir usus.

tetapi lada dan pedas tidak disukai oleh usus itu, mungkin selaput lendir usus akan senang menerima telur untuk dicerna tetapi tidak dengan lada hitam itu, maka aliran darah berusaha keras hendak melepaskan diri dari pada lada itu dengan membelokkannya ke dalam ginjal atau kepada kelenjar-kelenjar keringat pada kulit.

Capsula Bowman ginjal yang halus dan tipis menyaring darah untuk menjadikan kencing. Capsula-capsula tersebut atau Glomeruli, mungkin begitu sangat menjadi kacau oleh adanya lada tersebut sehingga mereka mungkin membuka celah-celah kecil pada capsula Bowman ginjal supaya lada tersebut segera keluar.

sebagai akibatnya, zat-zat dalam darah yang sangat berharga itu ikut bocor melalui lubang-lubang tersebut. Albumin, bahkan sel-sel darah merah pun juga pernah diketahui keluar dari ginjal orang yang telah mengkonsumsi banyak lada dan makanan pedas.

maka sebagai akibat lainnya, orang tersebut menderita ruam kulit, gelegata dan gatal-gatal karena adanya lada yang berusaha hendak keluar melalui kelenjar-kelenjar keringat.

lebih jauh di bawah usus besar akhirnya menerima sisa-sisa pencernaan dari telur dan lada itu. pedas yang sangat, yang terjadi disini, menimbulkan kejang. perut yang kejang adalah satu perut yang nakal, karena perut akan menunjukan akibat dari rasa kejang itu dengan sembelit. orang yang tidak terbiasa makan pedas, seringkali menderita sembelit setelah makan makanan yang pedas.

3. Minuman Beralkohol

Wisky, dan minuman-minuman keras mempunyai akibat yang sama seperti yang ditimbulkan lada kepada lambung anda, hanya, minuman beralkohol lebih berat, karena perumpamaan itu seperti kita merasakan bagaimana perihnya suatu luka yang disiram dengan Yodium, begitulah alkohol saat menggigit saraf-saraf perasa, membuat erosi pada lambung, merangsang ginjal dan membuat tumpul otak.

minuman keras melemahkan alat-alat perasa jauh daripada yang ditimbulkan oleh lada atau rasa pedas. oleh karena itu sungguh benar jika seorang dokter menyarankan kita untuk tidak tergesa-gesa dalam mengerjakan sesuatu, tidak memakan makanan pedas, dan tidak minum minuman beralkohol, karena 3 hal itulah yang membuat dasar kebiasaan hidup kita menjadi baik. dan jangan biarkan hal tersebut merusak kesehatan tubuh anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel