8 Warna Cat Dinding Untuk Kamar Tidur Yang Tenang

klinikabar.com, Warna Cat Dinding Untuk Kamar Yang Tenang - Kamar tidur adalah ruang privat tempat kita beristirahat dan mendapatkan quality time dengan pasangan. Berikan warna yang tepat agar suasana hati selalu senang ketika berada di kamar. Warna cat pada sebuah ruangan dapat memberi pengaruh pada mood dan pikiran kita, walaupun pengaruh ini bisa berbeda tergantung usia atau jenis kelamin. Sekalipun kita tidak berada di sebuah ruang kamar sepanjang hari, warna tetap bisa memberikan efek tertentu. Itulah alasan mengapa kita harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih warna untuk rumah tinggal atau warna cat dinding kamar kita.

Cat Dinding Untuk Kamar Tidur


Gambar 8 Warna Cat Dinding Untuk Kamar Tidur Yang Tenang



Khusus untuk warna cat dinding kamar tidur, pemilihan warna perlu dilakukan lebih cermat lagi. Karena kamar tidur merupakan ruang privat tempat kita beristirahat dan mendapat quality time bersama pasangan kita. Sehingga sudah seharusnya kita merasa senang ketika berada di ruang ini.

Lalu bagaimana kita memilih warna cat dinding kamar yang pas? Pertimbangannya cukup dua hal saja, yaitu: warna apa yang kita sukai dan mood apa yang ingin kita ciptakan di dalam kamar tidur. Pilih salah satunya atau anda dapat memadukan keduanya. Sehingga anda dapat memiliki ruang kamar yang warna cat-nya membuat suasana tenang untuk anda.

Menggunakan Warna Kesukaan Untuk Cat Dinding Kamar

Tidak perlu pusing mencari informasi tren untuk memilih warna kamar tidur. Karena belum tentu warna yang sedang tren sesuai dengan selera kita. Lebih baik menggunakan warna kesukaan kita sendiri, karena hal ini akan membangun perasaan senang ketika kita berada di ruang yang privat ini. Bila kita senang, secara otomatis kegiatan istirahat dapat lebih berkualitas.

Memahami Karakter Warna Cat Dinding

Selain menggunakan warna yang anda suka, alternatif-nya adalah memilih warna sesuai dengan efek yang dapat dimunculkan-nya. Inilah beberapa warna yang dapat diaplikasikan untuk kamar tidur anda beserta karakternya.

8 Warna Cat Dinding Untuk Kamar Tidur Yang Tenang

1. Warna Cat Kuning

Warna kuning memberikan keceriaan. Biasanya warna ini digunakan di dapur atau di ruang makan, yang membutuhkan suasana ceria. Namun bukan berarti warna ini tidak bisa digunakan untuk kamar tidur. Untuk mengurangi efek ceria - karena biasanya kita ingin sesuatu yang menenangkan di kamar tidur-bisa memilih warna kuning yang lebih gelap.

2. Warna Cat Hijau

Warna hijau dianggap sebagai warna yang paling menenangkan bagi mata. Warna ini dipercaya dapat melepaskan beban pikiran. Tidak heran jika warna ini banyak digunakan di berbagai ruang sebagai warna utama, termasuk digunakan di kamar tidur. Bila ingin menerapkan warna hijau pada dinding kamar tidur dengan efek sedikit berbeda, bisa digunakan paduan beberapa jenis hijau yang berdekatan. Permainan tekstur-misalnya pada wallpaper - juga akan memberikan sentuhan yang berbeda. Karena warna hijau sangat bersifat menenangkan, aksen berupa warna berani dapat memberikan kesegaran pada ruang.

3. Warna Cat Ungu

Warna ungu merupakan warna yang dramatis dan sering diasosiasikan dengan sesuatu yang glamour. Warna ungu juga memberikan kesan sensual dan membangun keintiman. Warna ungu memberikan efek menenangkan seperti biru, namun tanpa adanya kesan dingin. Warna ungu yang lebih terang menghadirkan suasana romantis. Sedangkan warna ungu yang lebih gelap memberikan kesan mewah.

4. Warna Cat Orange

Warna orange adalah warna yang sangat merangsang, aktif dan bersifat energik. Warna orange memiliki efek mirip dengan warna merah, namun lebih teduh di mata dibandingkan dengan warna merah. Untuk kamar tidur, sebaiknya tidak menggunakan warna orange terang, melainkan orange yang lebih gelap atau mengandung lebih banyak coklat. Untuk menenangkan warna orange, dapat digunakan paduan coklat gelap, misalnya pada furniture kayu. Sehingga efek yang dihasilkan tidak hanya hangat namun juga bergairah.

5. Warna Cat Hitam Dan Putih

Warna Hitam dan putih adalah warna-warna netral. Dipilih untuk menghadirkan kesan masculine, paduan dua warna ini kadang-kadang menghasilkan efek dingin pada ruang. Penambahan aksen warna cerah dapat mengurangi kesan dingin tersebut. Untuk menghindari kesan "menekan" pada kamar, gunakan warna hitam dalam porsi yang lebih sedikit dibandingkan warna cat putih.

6. Warna Coklat atau Krem

Warna coklat atau krem adalah warna alam yang memberikan ketenangan, kesederhanaan, dan kestabilan. Warna ini cocok digunakan untuk kamar tidur yang membutuhkan ketenangan. namun penggunaan warna coklat yang terlalu gelap dapat memberikan kesan "tua" atau kusam. Bila menginginkan suasana yang lebih terang, warna krem bisa menjadi pilihan. Aksen oranye akan mencerahkan si warna coklat.

7. Warna Cat Merah

Warna merah adalah warna yang penuh gairah dan kekuatan. Bagi banyak orang, merah sering digunakan sebagai simbol cinta dan romantisme. Dengan demikian warna merah cocok saja digunakan untuk kamar tidur. Untuk mengurangi efek menyala bisa dipilih warna merah dalam tone yang lebih gelap. Sedangkan efek romantis bisa didapat dari merah muda yang lembut (pink).

8. Warna Cat Biru

Dalam psikologi warna, biru adalah warna yang menenangkan dan memberi efek rileks. Biru sebenarnya masuk dalam kategori warna dingin. Namun pilihan tone yang tepat, misalnya warna cat biru muda atau biru telur asin, cocok untuk diterapkan di kamar tidur. bahkan biru muda bisa memberikan efek lembut yang menyenangkan.

Penutup

Dengan memilih warna cat dinding kamar agar mendapatkan suasana yang tenang, memang harus pandai mengaplikasikannya, jika kita salah memilih warna cat dinding untuk kamar, maka kita akan tidak merasa nyaman berada di tempat istirahat kita. Maka, tepatlah memilih warna cat dinding kamar anda agar anda dapat bersenang-senang di kamar tidur. Itulah bahasan tentang bagaimana memilih warna cat dinding untuk kamar.

Baca Juga Cara Memperbaiki Saringan Lantai Kamar Mandi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel