Cara Mengatasi Bayi Yang Sulit Tidur Dan Manja

klinikabar.com, Cara Mengatasi Bayi Yang Sulit Tidur Dan Manja - Kesulitan ini timbulnya sangat lambat, sehingga hampir tidak terlihat. Kebanyakan bayi-bayi yang pernah menderita Kolik dan menangis karena gelisah yang menjadi bayi-bayi sulit tidur. dan sikap seperti ini dapat diartikan sebagai suatu bentuk dari kemajuan bayi.

Kenapa Bayi Yang Susah Tidur

Seorang bayi dapat sangat menderita karena serangan colic setiap malam selama 2-3 bulan. orang tua menemukan bahwa tampaknya bayi merasa lebih enak jika berada dalam pelukan orang tuanya serta digendong kesana kesini. Dengan cara ini, tangisannya akan terhenti dan orangtua merasa senang juga, tetapi pada anak berusia 3-4 bulan, mereka melihat bahwa ia tidak lagi menangis karena ia merasa sakit di perutnya, tetapi lebih condong menangis karena ia marah dan ingin menarik perhatian orang tuanya. ia di gendong dan dibawa kesana kesini, karena perlakuan itu sudah menjadi hak bayi.

Gambar Cara Mengatasi Bayi Yang Sulit Tidur Dan Manja


Seakan-akan dia protes dengan membuka matanya secara lebar jika ibu tidak menggendong bayi tersebut, bayi yang sudah terbiasa memaksa orang tuanya untuk menggendongnya setiap saat akan melatih dirinya untuk tidak pergi tidur sebelum di gendong dan ia berhasil melakukannya selangkah demi selangkah.

Mula-mula ia tetap terbangun setelah jam 21:00 kemudian tetap terjaga pada jam 22:00 dan jam 23:00 bahkan sampai jam 24:00. orang tua seringkali mengatakan bahwa ia sudah sangat lelah  dan mengantuk, kelopak matanya bahkan sudah tertutup dan kepalanya terkulai, bersandar ke dada atau bahu orang tuanya, ia akan terbangun lagi, mulai menangis dan berteriak-teriak.

Jika hal ini berlangsung secara terus menerus dan berkali-kali dalam satu hari, orang tua akan merasa lelah tetapi bayi juga akan merasa lelah, bayi akan merasa lelah di pagi harinya dan cenderung menjadi lebih perasa dan lebih mudah tersinggung dan mungkin hanya mau makan sedikit saja. Orang tua semakin lama akan semakin kesal akan tingkah bayi seperti ini dan orang tua akan mudah tersinggung juga, seharusnya bayi tidak dapat memaksa orang tua untuk bersikap seperti ini sepanjang malam, tetapi orang tua tidak tahu cara mengatasi persoalan ini.

Cara Mengatasi Bayi Yang Susah Tidur

Disini akan diberikan sebuah petunjuk yang mungkin berguna bagi anda, jika secara kebetulan anda memiliki bayi yang sudah terlanjur memiliki perilaku demikian dan sulit untuk tidur. Cobalah anda letakkan bayi anda di tempat tidur pada pukul 20:00-21:00, ucapkan selamat tidur dengan penuh kasih sayang, tetapi dalam nada yang tegas. tinggalkan ia sendiri dan jangan kembali lagi untuk melihatnya.

Pertama kali anda melakukan cara ini dapat dipastikan dia akan menangis, bahkan bayi akan menangis bahkan berteriak-teriak selama 20-30 menit. Jika mereka melihat bahwa tangisan dan teriakannya tidak berhasil mengundang siapapun untuk mendekatinya, bayi akan mengambil keputusan untuk tidur saja. Malam kedua mungkin ia masih menangis juga, tetapi dalam waktu yang lebih singkat. mungkin hanya 10-20 menit saja. malam ketiga mereka masih menangis sebentar saja, biasanya setelah itu tidak akan terdengar bayi anda menangis lagi karena bayi akan berpikir bahwa menangis tidak ada gunanya sama sekali.

Kesulitan yang timbul adalah banyak sekali orang tua yang merasa cemas jika tiba-tiba bayi berhenti menangis, mereka mungkin membayangkan hal-hal buruk yang telah terjadi pada bayi anda, misalnya membayangkan anaknya terjepit jeruji tempat tidur, mungkin anaknya terjatuh dari tempat tidur dan lainnya.

Kadang ketika seorang bayi berhenti menangis ketika ditinggalkan sendiri, ibu berpikir bahwa anaknya tertutup bantal hingga sulit bernapas, atau mungkin saluran pernapasan anak tersumbat, atau mengalami muntah. atau bayi akan begitu panik ketika ditinggal sendiri karena terkejut. Dari mudahnya mengatasi problem ini pada tahun pertama kehidupan bayi dan dari kegembiraan bayi setelah kesulitan dan masalah waktu bayi yang sulit tidur ini dapat diatasi. Dapatlah kita menarik kesimpulan bahwa bayi menangis karena manja dan marah karena orang tua tidak mau memberikan perhatian yang lebih kepada bayi itu.

Penting untuk orang tua tidak mengendap-endap atau mengintip untuk melihat apakah bayi tidak apa-apa dan untuk membuat yakin bayi bahwa anda selalu ada di dekatnya. Hal ini akan membuat bayi bertambah manja dan akan selalu marah jika tidak diwujudkan apa yang menjadi keinginannya, dan bahkan mungkin akan menjerit-jerit menangis. Bayi tidak mengerti kenapa anda di dekatnya, tetapi anda juga tidak mau selalu ada di samping bayi anda dan menunggu bayi anda tertidur dengan waktu yang tidak dapat ditentukan.

Penutup

Tangisan bayi pada hari pertama ketika anda mencoba meninggalkannya akan sangat mengganggu saudara-saudara yang lain atau tetangga anda, cobalah untuk mengurangi suara yang keluar itu dengan memasang karpet permadani di lantai atau sehelai selimut di jendela. Permukaan yang lunak dan halus akan menyerap suara lebih banyak daripada yang anda duga. Mungkin anda perlu menerangkan sedikit kepada tetangga anda, mengapa anda membiarkan bayi anda menangis selama beberapa menit. katakan pada mereka bahwa gangguan ini hanya akan berlangsung beberapa malam saja.

Baca Juga Cara Mengatasi Bayi Yang Sering Terbangun Di Malam Hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel