Cara Mengatasi Bayi Yang Sering Terbangun Di Malam Hari

klinikabar.com, Mengatasi Bayi Yang Sering Terbangun Di Malam Hari - Bayi-bayi tipe ini yang tergolong mudah sekali tertidur dan tidur dengan nyenyak di sore menjelang malam hari, tetapi mereka akan terbangun lagi di tengah malam. Kadang-kadang kebiasaan ini timbul akibat infeksi di dalam telinga atau karena pilek yang berat, sehingga bayi merasa tidak nyaman dalam tidurnya sehingga bayi terbangun di tengah malam.

Cara Mengatasi Bayi Yang Sering Terbangun Di Malam Hari

Orang tua biasanya akan mendekati bayi serta berusaha menenangkannya lagi, mungkin nanti sesudah penyakitnya sembuh, bayi akan menjadi terbiasa dan selalu terbangun di tengah malam dengan harapan orang tuanya akan mendekatinya dan memanjakannya. Terkadang mereka juga terbangun di tengah malam pada waktu giginya sedang tumbuh dan menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman sehingga bayi merasa gelisah sepanjang malam.


Gambar Cara Mengatasi Bayi Yang Sering Terbangun Di Malam Hari


Menemani dan menggendong bayi di tengah malam selama beberapa malam akan membuat bayi menjadi senang dan bayi akan menganggap itu adalah sesuatu yang menyenangkan dan ingin dilakukan secara berulang-ulang. Sedangkan orang tua yang tidak mampu mengatasinya akan menambah kesulitannya sendiri, karena bayi akan merasa sangat senang untuk berulang bangun di tengah malam.

Semakin lama akan semakin sulit untuk segera menidurkan bayi lagi, terkadang malah anda tidak saja harus terjaga untuk menemaninya sepanjang malam, tetapi juga meminta anda untuk menggendongnya sepanjang malam dan bayi biasanya menolak dikembalikan ke tempat tidurnya dengan cara bayi akan menangis sekencang-kencangnya. Jika keadaan ini berlangsung beberapa hari, maka ibu dan juga bayi akan menjadi sangat lelah. sebenarnya sangat mudah mengatasi keadaan bayi yang seperti ini.

Bayi harus belajar mengerti bahwa tidak ada perubahan apapun juga jika bayi terbangun tengah malam dan menangis. Bila ia mudah menangis jangan hiraukan tangisan itu, biarkan bayi anda menangis selama 2-3 malam dan jangan sesekali mendekatinya. Biasanya bayi akan menangis selama 20-30 menit selama malam pertama dan terkadang lebih lama lagi. Di malam kedua biasanya waktunya sudah banyak berkurang dan malam ketiga akan berhenti sama sekali.

Selain itu jika bayi terbangun lagi, cobalah untuk bayi tidak melihat orang tuanya. jika bayi melihat orang tuanya, sekalipun orang tua pura-pura tidak tahu bayi menangis dan pura-pura tidur, bayi tetap saja tahu bahwa anda sedang berpura-pura dan akhirnya bayi akan marah sehingga bayi terus-menerus menangis sampai orang tuanya menyerah kalah dan bangu untuk menenangkannya.

Lebih baik anda memindahkan tempat tidurnya ke ruangan lain selama beberapa malam, tidak peduli bayi merasa nyaman atau tidak ketika tempat tidurnya dipindahkan dan agak jauh dari tempat tidur orang tuanya. Jika anda tidak memiliki ruangan lain, maka cara terakhir adalah menjaga agar bayi tidak dapat melihat orang tuanya waktu ia terbangun di tengah malam.

Cara Mengatasi Bayi Yang Manja Dan Suka Muntah-muntah

Beberapa bayi (terkadang anak-anak kecil) sangat mudah sekali memuntahkan seluruh isi perut jika mereka sedang marah. Reaksi orang tua biasanya bingung dan terkejut jika menemukan bayinya muntah-muntah. Sering mereka memperlihatkan kecemasan ini dengan segera menghampiri bayinya, menanyakan apa yang terjadi dengan suara yang lembut dan bersikap lebih simpati dan dengan segera membersihkan muntah itu, setelah itu mereka akan tergesa-gesa menghampirinya setiap kali bayi mereka menangis atau berteriak-teriak, karena takut akan muntah lagi.

Dari cara anda menangani hal ini, bayi memperoleh suatu pelajaran yang baru lagi, bagaimana caranya untuk menarik perhatian orang tuanya. Maka mereka akan berpura-pura muntah jika mereka sedang merasa jengkel atau merasa marah.

Biasanya mereka akan segera terangsang oleh perasaan mual yang diinduksi-nya, sehingga mereka benar-benar mual dan ingin muntah lagi, karena mereka tahu bahwa orang tua mereka sangat takut dan khawatir ketika mereka muntah. Lebih baik orang tua bersikap sedikit keras jika melihat bayi atau anak-anaknya muntah, ketika mereka sedang marah, karena mungkin muntah ini dimaksud untuk menggertak orang tua saja.

Jika muntah-muntah ini timbul pada waktu anda sedang melatih bayi anda untuk tidur, maka anda harus meneguhkan hati untuk sedikit acuh pada bayi anda, karena itu untuk melatih bayi anda untuk tidak mudah mencari perhatian dari orang tua yang sedang memberikan pelajaran hidup.

Penutup

Jangan pernah masuk ke kamarnya ketika bayi anda sedang marah, jika anda mendengar suara-suara yang menunjukkan dia akan muntah, biarkan saja, jika bayi atau anak benar-benar muntah, maka anda dapat membersihkannya setelah bayi anda tertidur.

Baca Juga 7 Alasan Kenapa Anak Sering Menangis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel