Kolik - Penyebab Kolik Dan Cara Mengobati Kolik Pada Anak

klinikabar.com, Penyebab Kolik Dan Cara Mengobati Kolik Pada Anak - Kata kolik digunakan untuk bayi yang tidak tenang dan menjerit-jerit tiada henti, masalah yang membuat frustasi ini (sepertinya apa pun yang anda lakukan tidak ada gunanya) dapat bermula kapan saja pada beberapa minggu pertama setelah lahir.

Cara Mengobati Kolik Pada Anak

Gambar Kolik - Penyebab Kolik Dan Cara Mengobati Kolik Pada Anak


Kolik yang paling buruk, masalah ini berlangsung sampai bayi berusia sekitar lima sampai enam bulan. yang terbaik, gejala ini akan hilang setelah bayi berusia tiga bulan. oleh karena itu, keadaan ini kadang dikenal dengan "kolik tiga bulan". Kolik secara khusus timbul di antara waktu minum susu di malam hari antara jam enam dan jam sepuluh malam. jelas ini waktu paling sibuk bagi seorang ibu.

Penyebab Kolik Pada Anak

Kolik mungkin disebabkan oleh adanya angin di dalam usus. tetapi pada bayi lain, bayi yang tidak menjerit-jerit juga mempunyai angin di dalam ususnya, memberikan tepukan pada punggung bayi yang kolik agar bayi bisa bersendawa dan angin tersebut keluar, itu tidak akan memperbaiki keadaan. Upaya ini justru bisa menyebabkan bayi menangis lebih keras, dan bayi yang menangis dan menjerit akan banyak menelan ludah dalam jumlah besar.

Keadaan ini dapat ditimbulkan oleh alergi terhadap susu formula atau terhadap susu sapi, bayi yang mendapatkan air susu ibu lebih kecil kemungkinannya menderita kolik ini. Tetapi tidak berarti anak yang mendapatkan air susu ibu akan kebal terhadap kolik secara total. disarankan untuk berbicara dengan dokter untuk masalah ini.

Dapat juga karena anda membuat susu terlalu banyak porsinya untuk bayi anda, jika anda memberi susu dengan botol, cobalah tanyakan pada dokter, maka dokter akan menyarankan bagaimana porsi yang tepat susu untuk bayi anda. Puting karet pada botol susu mungkin terlalu kecil sehingga bayi anda menjadi frustrasi karena harus bekerja terlalu berat untuk mendapatkan susunya. Anda mungkin merasa tegang dan panik, terburu-buru, dan cemas pada jam-jam seperti itu. ini dapat dipahami, tetapi bayi anda sangat cepat menangkap kecemasan yang anda rasakan. ini juga bisa menimbulkan kecemasan bagi bayi. satu satunya cara untuk memperlihatkan hal ini adalah dengan menangis.

Cara Mengobati Kolik Pada Anak

Masalah pemberian susu mungkin perlu dibicarakan dengan dokter. Jangan lupa kemungkinan bayi anda lapar pada jam-jam seperti itu jika anda memberikan air susu ibu. Suplai susu mungkin rendah di waktu sore dan untuk sementara mungkin diperlukan tambahan dengan susu botol atau susu formula. Jangan biarkan bayi anda duduk selama setengah jam untuk mencoba mengeluarkan angin dalam usus bayi anda, dan jangan mencoba untuk membuat bayi sendawa dengan harapan bahwa ini akan menghentikan tangisnya. Jika bayi tidak bersendawa dalam beberapa menit pada waktu anda menggendongnya setelah bayi menyusu, maka bayi tetap tidak akan bersendawa.

Penutup

Cobalah atur kegiatan anda pada sore hari, sehingga anda tenang dan santai dalam menyusui bayi anda, apakah mungkin dapat disusun sedikit penyesuaian waktu bersama anggota keluarga lainnya? Atau meminta bantuan seseorang untuk memberikan susu pada bayi anda jika bayi anda menyusu dengan botol. Jika semua upaya sederhana seperti itu gagal, maka konsultasikan masalah ini dengan dokter, maka dokter akan memberikan obat anti-kolik. Dengan takaran satu atau dua tetes obat anti-kolik yang diberikan setengah jam sebelum makan, dan obat tersebut akan sangat membantu. Sebenarnya kolik tersebut akan segera berakhir, maka cobalah bertahan dengan jalan pikiran seperti ini ketika anda harus menghadapi bayi yang menderita kolik di waktu malam.

Baca Juga Cara Mengobati Sakit Perut Pada Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel