Mengobati Eksim Pada Anak Dengan Cepat Dan Alami

klinikabar.com, Mengobati Eksim Pada Anak Dengan Cepat Dan Alami - Apa Itu penyakit ekzema atau apa itu penyakit eksim? Ekzema atau eksim adalah suatu keadaan alergi pada kulit, jika bayi atau anak-anak terserang penyakit ekzema atau eksim pada usia sangat dini, dua atau tiga bulan, sering ada latar belakang kasus keluarga yang juga menderita ekzema atau eksim, asma atau hay fever. Tetapi jika bayi anda telah menderita ekzema tidak perlu berarti bahwa ia akan menderita keadaan kulit teriritasi ini seumur hidupnya. Banyak anak yang dapat mengatasi penyakit ekzema atau eksim ini pada saat ia berusia sekitar tiga tahun.

Penyakit Eksim Pada Anak


Gambar Mengobati Eksim Pada Anak Dengan Cepat Dan Alami


Tanda dan Gejala Eksim Atau Ekzema yaitu ketika keadaan ini dimulai sebagai lecet dan bersisik, berwarna merah dan kering, terlazim atau umumnya itu timbul di lipatan siku atau lutut serta dibelakang telinga tetapi dapat juga mengenai daerah pipi dan dada.

Penyebab Ekzema Atau Penyebab Eksim

Sering tidak ada faktor penyebab yang dapat ditemukan pada waktu mulainya keadaan menderita ekzema atau eksim. Tetapi, karena bayi yang mendapatkan air susu ibu lebih jarang atau tidak mudah terserang penyakit ekzema atau eksim. Tetapi bayi akan mudah terserang penyakit ekzema atau eksim ketika ia tidak mendapatkan air susu ibu yang cukup dari ibu. 

Oleh karena itu perlu dipertimbangkan apakah penyebab susu formula itu adalah penyebab penyakit ekzema atau eksim? Karena kadang selama berbulan-bulan ada bayi atau anak-anak yang alergi terhadap kandungan protein dalam susu formula atau susu sapi. Jika ini masalahnya, maka ganti susu tersebut dengan susu kambing atau susu kedelai untuk anak anda. Karena, terkadang susu bisa jadi penyebab anak anda menderita penyakit ekzema atau eksim, dan biasanya setelah terjadi pergantian susu dari susu sapi ke susu kambing atau susu kedelai maka akan terlihat hasil perubahan yang menakjubkan pada anak anda.

Cara Mengobati Ekzema Atau Eksim Dengan Cepat Dan Alami

Tidak ada pengobatan jelas untuk ekzema atau eksim, selain menghindari susu sapi untuk anak anda, itu pun jika susu sapi menjadi penyebab alergi pada anak anak, tetapi, banyak cara untuk meredakan penyakit ini. Pada kasus yang sangat ringan, cukup dioleskan minyak zaitun ( minyak zaitun yang dihangatkan) lalu oles ke bercak yang bersisik tersebut untuk mengontrol kemerahan dan radang yang terjadi pada kulit.

Pada kasus ekzema atau eksim yang sudah meluas memerlukan pengobatan dengan kortison dengan dasar krim, yang hanya dapat diperoleh dengan resep dokter, beberapa ibu merasa khawatir dengan penggunaan krim kortison tersebut untuk jangka waktu yang lama, namun obat ini sangat sedikit diserap oleh kulit sehingga tidak akan menyebabkan masalah.

Segi pengobatan lain yang juga penting berupa upaya penghentian bayi atau anak untuk menggaruk daerah yang terserang ekzema atau eksim, tentu saja ini sulit mencegah bayi atau anak untuk tidak melakukan hal tersebut, tapi usahakan untuk anak atau bayi mempunyai kuku yang pendek untuk meminimalkan meluasnya ekzema pada kulit.

Tapi jika iritasi akibat serangan ekzema atau eksim sangat parah, maka segera pergi ke dokter dan dokter biasanya akan memberikan obat penenang ringan untuk diberikan pada anak anda pada waktu malam hari  karena saat tidur anak atau bayi akan banyak menggaruk tanpa sadar.

Penutup

Sangat sedikit anak yang terserang ekzema secara terus menerus, dalam tingkat keparahan yang bervariasi seumur hidupnya. Sebagian besar anak dapat mengatasi efek dari ekzema atau eksim ini ketika mereka berusia 3 tahun, bercak buruk akibat ekzema akan timbul kembali ketika anak mengalami stress, misalnya pada saat anak beranjak dewasa ketika ia mengalami pubertas atau ketika anak menghadapi ujian di sekolahnya, tetapi pengobatan sederhana biasanya segera menghilangkan bercak kemerahan tersebut. Dan perlu anda ketahui bahwa penyakit ekzema atau penyakit eksim adalah bukan penyakit menular.

Baca Juga Mengobati Alergi Kulit Pada Bayi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel