Cara Mengobati Jantung Koroner Tanpa Operasi

klinikabar.com, Cara Mengobati Jantung Koroner Tanpa Operasi - Banyak orang menderita penyakit Jantung Koroner, dan kini penyakit itu dapat diobati dengan metode Percutaneous Coronary Intervention (PCI). Metode ini adalah sebuah metode pengobatan tanpa operasi, dengan metode Percutaneous Coronary Invention tindakannya sangat cepat, serta tidak perlu memerlukan perawatan yang lama di rumah sakit dan pasien bisa segera pulang kerumah dan melakukan aktivitas seperti biasanya.


Mengobati Jantung Tanpa Operasi



Gambar Cara Mengobati Jantung Koroner Tanpa Operasi


Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit pembunuh utama di dunia, jumlah penderita jantung koroner terus bertambah disetiap tahunnya. jantung koroner adalah penyakit akibat tersumbatnya atau penyempitan pembuluh darah arteri ( pembuluh darah menuju jantung) di jantung. Terjadinya jantung koroner berawal dari penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh arteri jantung. lama-kelamaan diikuti oleh berbagai proses seperti penimbunan jaringan ikat dan pengapuran. Keadaan itu akan mempersempit pembuluh darah arteri jantung.

Bila penyempitan terjadi pada left main ( pembuluh darah arteri yang berpangkal di pembuluh utama kiri jantung), dampaknya lebih berat dibandingkan penyempitan yang terjadi di daerah lain di jantung, karena hampir dua pertiga bagian jantung tidak akan mendapat oksigen dan nutrisi yang cukup akibat terhambatnya aliran darah ke jantung. Kekurangan pasokan oksigen akan menimbulkan keluhan rasa sakit di dada saat melakukan aktivitas, saat kegiatan dihentikan atau saat melakukan istirahat, rasa sakit akan hilang. sumbatan tersebut harus segera diatasi. bila terus menerus dibiarkan maka akan menyebabkan kerusakan otot jantung yang bisa menimbulkan kematian mendadak.

Bagaimana Mengobati jantung Koroner Tanpa Operasi

Zaman dahulu penanganan jantung koroner harus dengan cara operasi bypass. operasi ini membuat saluran baru, sehingga aliran darah ke jantung menjadi lancar kembali, saluran baru tersebut bisa diambil dari pembuluh darah yang ada di lengan, dada atau kaki, sedangkan saluran yang sudah tersumbat akan dibiarkan mati.

Kini seiring dengan perkembangan teknologi dalam bidang kedokteran, ada cara baru untuk mengatasi penyakit ini, metode baru itu ialah Percutaneous Coronary Interventation (PCI), yaitu metodi melebarkan pembuluh darah yang sebelumnya sempit dengan cara memasang cincicn salut obat atau balon salut obat. PCI dilakukan tanpa membedah jantung. selang kecil lentur dimana ujungnya di pasang di cincin dimasukkan melalui pembuluh arteri di lengan atau tungkai menuju jantung. Dibantu dengan gambar di monitor, dokter mengerahkan ujung kateter menuju arteri yang tersumbat dalam jantung, cincin kemudian dipasang di daerah yang tersumbat.

Kelebihan metode Percutaneous Coronary Interventation adalah, pasien tidak perlu dibedah atau di bius, karena metode ini tanpa pembedahan, perawatan pasca bedah di rumah sakit sangat singkat sehingga biaya menjadi lebih murah. Ketika selesai cincin dipasang untuk melebarkan pembuluh darah, pasien diperbolehkan pulang kerumah dan bisa menjalankan aktivitas di esok harinya, resiko dari metode Percutaneous Coronary Intervertation adalah kecil sekitar 0,5 persen.

Tindakan PCI lebih cepat dibandingkan dengan tindakan operasi bypass. pada umumnya PCI dilakukan sekitar 30 menit untuk pemasangan satu ring, namun terkadang bisa menjadi sekitar 3-4 jam, karena itu tergantung tingkat kesulitan yang ada.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, tidak semua pasien bisa dilayani dengan cara metode ini, PCI tidak bisa dilakukan pada pasien dengan kondisi penyempitan pembuluh darah yang berat. Penyempitan dikatakan berat jika pada daerah itu telah terjadi pengapuran hebat sehingga hampir mengakibatkan kebuntuan total. PCI juga tidak boleh dilakukan bila penyempitan ternyata lebih dari tiga, penyempitan bisa hanya di satu tempat, tetapi bisa juga terjadi di beberapa tempat. bila penyempitan lebih dari satu dan lebih dari tiga tempat, maka pasien tidak bisa ditangani dengan pengobatan metode PCI ini, karena biayanya akan besar, tindakan yang tepat untuk kasus itu dengan operasi bypass.

Penutup

Itulah sebabnya sebelum tindakan pasien harus melakukan serangkaian tes terlebih dahulu untuk mengetahui derajat keparahan atas sumbatan, selain itu juga ada serangkaian test standar untuk mengetahui riwayat penyakit lain, misalnya apakah pasien mempunyai riwayat kencing manis, riwayat penyakit ginjal atau apakah pasien mempunyai riwayat penyakit hepatitis. Jika pasien memiliki riwayat penyakit tersebut, maka pengobatan dengan metode PCI bisa saja dilakukan, namun diperlukan penanganan khusus untuk penderita penyakit jantung koroner.

Baca Juga Jenis Obat Penyakit Jantung Dan Terapi Jantung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel