Penyebab Anak Atau Bayi Menjadi Manja

klinikabar.com Penyebab Anak Atau Bayi Menjadi ManjaSifat Manja pada anak atau pada bayi biasanya timbul pada bayi-bayi pertama dan hampir semua orang tua tidak mampu untuk bersikap tidak memberi kesempatan sama sekali kepada bayinya untuk bermanja-manja.

Cara Mengatasi Anak Bayi Yang Manja


Gambar Penyebab Anak Atau Bayi Menjadi Manja


Hampir semua orang tua pada saat memiliki anak pertama akan beranggapan bahwa bayinya itu merupakan suatu mainan yang paling menarik di dunia. Banyak orang tua di dunia ini begitu senang dan bangga akan sesuatu benda yang dimilikinya, misalnya sebuah mobil baru, maka dapat dimengerti mengapa seseorang bisa begitu bangga dan begitu tertarik pada bayi barunya terutama pada bulan-bulan pertama.

Rasa tertarik dan kebanggaan ini bukan satu-satunya perasan yang ada dalam diri orang tua. Biasanya orang tua cenderung untuk mencurahkan semua harapan-harapan dan rasa khawatirnya pada bayi ini. Semua kecemasan dan rasa tanggung jawab atas keselamatan dan kebahagiaan bayi yang tidak berdaya ini turut memegang peranan penting.

Tangis bayi akan menggugah perasaan orang tua untuk melakukan sesuatu. Pada bayi ke dua dan bayi-bayi selanjutnya anda sudah lebih berpengalaman dan pandai menebak arti dari tangisan bayi, dan memiliki perasaannya. Anda mungkin tahu bahwa kadang-kadang anak-anak tidak mau menurut atau menolak hal-hal yang dianggap baik untuk mereka. Dalam hal ini anda tidak perlu merasa bersalah, jika anda berkeras hati untuk meyakinkan mereka akan kebaikan.

Ada beberapa keadaan yang memaksa orang tua untuk bersikap lunak sekali pada anaknya, misalnya pasangan yang sudah lama sekali menikah dan baru mempunyai anak atau bayi sekarang, atau karena sesuatu hal pasangan-pasangan ini tidak mungkin mempunyai anak lagi. Selain itu juga, orang tua memiliki perasaan tidak percaya diri akan kemampuan merawat bayi atau anak, orang tua ini akan bersedia menjadi budak untuk anaknya dan mengharapkan bahwa mereka akan memberikan segala sesuatu yang dahulu sangat mereka dambakan dari orang tuanya.

Orang tua yang mengadopsi bayi, sering merasa bahwa mereka dituntut untuk memperlakukan bayi sebaik mungkin. atau orang tua yang pernah mendapat sedikit pendidikan ilmu jiwa di Akademi Perawat atau di fakultas Kedokteran. Atau orang tua yang pekerjaannya berhubungan dengan bidang-bidang tersebut, mereka merasa ragu-ragu untuk menggunakan ilmu yang hanya diketahuinya secara sepintas. Atau orang tua yang merasa malu jika sampai menolak permintaan anaknya dan selalu bersedia memberikan apa saja yang diminta oleh anaknya. Ada juga orang tua yang merasa bersalah dan marah terhadap diri sendiri jika mendengar bayinya menangis dan mereka tidak mampu untuk mengatasinya.

Apapun juga dasarnya, jika dapat kita sangkal bahwa setiap orang tua selalu ingin memberikan kesenangan pada anak-anaknya. Sudah kewajiban orang tua memberikan hal-hal yang diinginkan oleh anaknya untuk kebahagiaan anak atau bayi. Tetapi seorang bayi tidak mampu untuk menilai apakah sebenarnya permintaannya itu layak atau tidak. Mereka tidak tahu apa yang baik dan apa yang tidak baik untuknya, intinya mereka ingin benda itu atau ingin hal itu. Secara naluriah mereka mengharapkan petunjuk-petunjuk dari orang tuanya. dan petunjuk orang tua akan menyenangkan merekam sekalipun mungkin mereka merasa tidak tenang dan tidak senang.

Jika bayi menangis dan orang tua kemudian menggendongnya dengan tergesa-gesa dan tidak mau meninggalkan bayinya lagi karena khawatir sesuatu terjadi pada bayinya, maka bayi pun akan memiliki perasaan yang sama. Bayi akan merasa ketakutan sekali dan tidak mau ditinggalkan sendiri. Semakin mudah orang tua mengabulkan setiap kehendak bayi, maka semakin besar ketergantungannya pada orang tuanya di kemudian hari.

Cara Mengatasi Agar Bayi Atau Anak Tidak Manja

Semakin awal anda mengetahui permasalahannya, maka semakin mudah untuk mengatasinya. tetapi untuk mengatasinya, anda memerlukan tenaga dan kemampuan serta kekuatan hati anda. Untuk menenangkan perasaan anda, anda harus mengingat bahwa ketergantungan yang mengatakan lebih buruk bagi bayi itu daripada ketergantungan pada diri anda sendiri sebagai orang tua. Juga memanjakan akan merusak jiwa bayi di kemudian hari, dan semua yang anda lakukan ini adalah untuk kebaikan bayi dan anak anda di masa depan.

Buatlah suatu jadwal tertulis untuk diri anda sendiri, jadwal ini memaksa anda untuk terus sibuk mengurus pekerjaan-pekerjaan rumah tangga atau pekerjaan-pekerjaan lainnya, yang meliputi seluruh waktu bayi sedang terjaga. Kerjakanlah dengan sepenuh hati untuk memberikan kesan pada bayi bahwa anda sedang sibuk dan berikan juga kesan sibuk pada diri anda sendiri.

Misalnya saja, anda memiliki bayi yang sepanjang haru minta digendong saja, ketika bayi mulai rewel dan mengacung-acungkan lengannya minta untuk digendong, maka anda harus menjelaskan kepada bayi anda secara tegas tetapi tetap ramah, bahwa sekarang anda sedang sibuk dan harus menyelesaikan pekerjaan anda, sehingga tidak dapat untuk menggendong bayi anda atau tidak dapat menemaninya. Katakanlah pada bayi atau anak anda, bahwa anda harus menyelesaikan pekerjaan ini dan itu, sehingga anda tidak dapat bermain-main dengannya.

Mungkin bayi atau anak anda tidak dapat mengerti kata-kata anda, tetapi dari nada suara anda, bayi akan menangkap sesuatu. maka kembalilah anda dengan pekerjaan sebelumnya, dan mungkin bayi anda akan menangis dan menjerit-jerit. Pertama kali anda akan melakukan ini mungkin anda akan merasa berat dan sulit sekali menahan perasaan untuk tidak mendekatinya lagi. seorang bayi lebih mudah menerima perubahan ini jika seorang ibu tidak terlalu banyak berbicara dan tidak nampak di matanya.

Kenyataan ini memberikan suatu pengertian baru dalam dirinya, bayi lain mungkin lebih cepat menerima keadaan baru ini jika mereka dapat melihat ibunya sedang bekerja atau mendengar suaranya walaupun ibu itu tidak menghiraukannya.

Jika anda ingin memberinya permainan atau menunjukkan kepadanya cara bermain dengan benda itu atau anda telah mengambil keputusan untuk menghabiskan waktu senggang anda untuk bermain-main dengan bayi anda di sore hari, maka bawa bayi anda ke lantai den duduklah di dekat bayi anda dan biarkan bayi anda menikmati waktu kebersamaan ini.

Penutup

Terakhir cobalah tes apa penyebab anak bayi menjadi manja. Jika anda duduk di lantai di dekatnya, maka mungkin bayi dapat merangkak kesana dan kemari setelah ia yakin bahwa anda tidak akan meninggalkannya lagi, jika anda menggendong bayi itu, mungkin bayi akan menangis dan menjerit-jerit ketika anda meletakkannya lagi di lantai, seandainya bayi tidak mau berhenti menangis, maka ingatlah cara diatas untuk anda kembali ke pekerjaan anda sebelumnya dan buat anda sibuk dengan pekerjaan itu, begitulah cara mengatasi anak yang manja.

Baca Juga 7 Alasan Kenapa Anak Sering Menangis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel