Diabetes Pada Anak : Gejala, Tanda, Penyebab, Cara Mengobati Diabetes Pada Anak

klinikabar.com, Gejala, Tanda, Penyebab, Cara Mengobati Diabetes Pada Anak - Apa Itu Diabetes? Diabetes timbul karena adanya kegagalan bagian kelenjar yang dinamakan pankreas, yang terletak jauh dalam perut. Salah satu fungsi kelenjar ini adalah adalah untuk menghasilkan hormon yang dinamakan insulin, yang masuk kedalam aliran darah. sejumlah gula yang kita konsumsi - terdapat dalam macam-macam makanan - digunakan untuk menghasilkan energi. kelebihannya disimpan di dalam hati sebagai senyawa yang dinamakan glikogen, yang akan di ubah kembali menjadi gula bila diperlukan dengan tujuan untuk menghasilkan energi.

Tetapi jika ada kekurangan insulin, gula yang sebenarnya disimpan untuk penggunaan di waktu yang akan datang, akan tetapi berada di dalam aliran darah. Sejumlah gula yang berlebihan ini keluar dari badan kedalam air seni tetapi jumlah yang tidak dapat diterima masih terdapat di dalam aliran darah dan inilah yang menimbulkan gejala diabetes.

Diabetes Pada Anak

Gambar Diabetes Pada Anak : Gejala, Tanda, Penyebab, Cara Mengobati Diabetes Pada Anak

Diabetes tidak sangat umum pada masa anak-anak dan sebenarnya tidak ditemui di bawah usia dua tahun, tetapi karena mulainya penyakit ini pada anak-anak bersifat mendadak dan akut, maka semua orangtua harus menyadari tanda dan gejala, serta pengobatan segera bersifat vital.

3 Tanda Dan Gejala Diabetes Pada Anak

Terdapat dua gejala utama diabetes yang mulainya relatif lambat :
1. Rasa haus yang tidak dapat dipuaskan - setengah liter demi setengah liter cairan dikonsumsi dalam beberapa jam.

2. Bersama dengan rasa haus ini terdapat pengeluaran air seni yang cepat meningkat. (ini merupakan cara tubuh untuk membersihkan kelebihan gula di dalam darah). Pada beberapa anak, ngompol yang timbul kembali mungkin merupakan suatu masalah umum, maka jangan terlalu mengkhawatirkan tentang kemungkinan diabetes sebelum anda berkonsultasi ke dokter.

3. Beberapa anak akan menderita penyakit yang mulainya sangat mendadak dan akan menjadi mengantuk dengan wajah yang hangat dan berwarna kemerahan dalam beberapa jam. Keadaan ini akan mengakibatkan ketidaksadaran jika pengobatan ditunda.

Ini suatu keadaan darurat medis dan anda harus segera melakukan tahapan yang diperlukan untuk membawa anak anda ke rumah sakit. (Pertolongan pertama sama seperti pertolongan pada orang yang pingsan, yaitu dengan membaringkan pasien pada sisi tubuhnya sehingga tidak menyumbat pernapasan, tetapi masalah yang sangat penting dilakukan adalah mencari pertolongan medis secepat mungkin).

Cara Mengobati Diabetes Pada Anak

Semua anak yang terkena diabetes perlu disuntikkan insulin secara teratur tiap hari. selain melalui suntikan, pada anak-anak tidak dapat tidak dapat diandalkan pemberian insulin dengan cara lain. Orang dewasa yang terkena diabetes dapat mengontrol penyakit ini dengan cara diet, tetapi karena anak-anak sedang aktif tumbuh, tidak baik jika membatasi membatasi asupan makanan pada anak.

Anak dengan diabetes akut, perlu tinggal di rumah sakit selama beberapa hari untuk sementara untuk membuat stabil diabetes-nya dan memutuskan dengan tepat berapa banyak insulin yang dibutuhkan setiap hari, untuk seorang ibu, mungkin ibu akan merasa takut ketika harus memberikan suntikan insulin kepada anak, tetapi seiring waktu, ibu akan memahami maksud suntikan pada anaknya.

Orangtua harus diajarkan kemungkinan suatu reaksi insulin atau "hipo". reaksi ini timbul bila kebutuhan badan akan gula lebih dari normal seperti pada infeksi atau aktivitas yang berlebihan, sehingga meninggalkan insulin bebas secara berlebihan dalam sistem ini. Akan diberikan nasihat terperinci tentang cara mengatasi kemungkinan ini selama masa stabilisasi. Mungkin diperlukan pembatasan makanan tetapi ini harus dibuat minuman, sehingga anak dapat memperoleh manfaat dari bahan makanan yang diperlukan untuk pertumbuhan yang tepat, anak juga akan lebih menyukai aktivitasnya jika ia mendapatkan asupan makanan seperti biasanya.

Cara Memeriksa Diabetes Pada Anak

1. Air seni perlu diperiksa setiap hari untuk memeriksa jumlah gula yang dikeluarkan.
2. Pemeriksaan jumlah gula di dalam darah juga diperlukan selama stadium awal pengobatan.

Diabetes pada anak tidak dapat disembuhkan, tetapi efeknya dapat di kontrol dengan insulin, pengobatan ini akan diteruskan selama pasien hidup, tetapi banyak orang yang menjalani hidupnya dengan diabetes dan benar-benar hidup berhasil dan bahagia. Dan umumnya anak-anak mengerti keadaan setelah mendapat penjelasan tentang penyakit diabetes.