Infeksi Menular Seksual (IMS) - Penyebab, Jenis, Dan Gejala

klinikabar.com, Infeksi Menular Seksual (IMS) - Apa Itu Infeksi Menular Seksual (IMS)? Infeksi Menular Seksual atau IMS adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual, atau ditularkan dari ibu hamil yang menderita IMS kepada bayi dalam kandungannya atau melalui darah yang telah tercemar Infeksi Menular Seksual (IMS).

Infeksi Menular Seksual (IMS)

Gambar Infeksi Menular Seksual (IMS) - Penyebab, Jenis, Dan Gejala

Penyebab Infeksi Menular Seksual (IMS)

• Bakteri : penyebab GO (Gonore), sifilis
  • Virus : penyebab herpes genital, jengger ayam, HIV-AIDS, hepatitis B
  • Protozoa
  • Jamur : jamuran
  • Ektoparasit : kutu kelamin, scabies

Gejala Infeksi Menular Seksual (IMS)

• Gejala duh tubuh genital (keluar cairan dari vagina)
  • Gejala tukak (luka pada kemaluan)
  • Gejala tumbuhnya tumor

Efek Jika Infeksi Menular Seksual Tidak Diobati

• Infertilitas atau kemandulan
  • Kanker leher rahim
  • Bayi lahir cacat atau prematur atau lahir dalam keadaan mati.

Cara Hubungan Seksual Yang Dapat Menyebabkan Infeksi Menular Seksual (IMS)

• Kelamin dengan kelamin
  • Mulut dengan kelamin
  • Anus dengan kelamin
  • Tangan dan kelamin

Jenis Infeksi Menular Seksual (IMS) Dan Gejala Infeksi Menular Seksual

• Definisi : Gonore (GO) mencakup semua infeksi yang disebabkan oleh Neisseria Gonorrhoeae
  • Keluhan :
  • Keluhan Pada Laki-laki :
  • Terdapat rasa tidak nyaman atau panas di saluran kemih, terasa nyeri, sering berkemih, keluar duh tubuh berwarna putih atau kuning dan dapat disertai dengan darah, terasa nyeri saat ereksi.

Keluhan Infeksi Menular Seksual Pada Wanita

Pada perempuan umumnya berlangsung tanpa keluhan, karena infeksi awal terjadi pada servik (mulut rahim). Bila keputihan biasanya berwarna putih, kuning kehijauan, agak kental. Tetapi jika infeksi menular seksual mengenai saluran kemih, timbul rasa nyeri saat berkemih. bila berlanjut dapat menimbulkan komplikasi pada saluran telur atau indung telur (keadaan ini dapat menimbulkan kehamilan diluar kandungan atau kemandulan).

Infeksi Genital Non Spesifik (yang tidak jelas)

Definisi : infeksi dengan penyebab yang tidak jelas. istilah ini lebih sering dipakai untuk perempuan, jika pada laki-laki adalah Uretritis Non Spesifik. Masa inkubasi biasanya lebih lama dibandingkan dengan gonore, yaitu 1-3 minggu atau lebih, keluhan mirip gonore, tetapi lebih ringan, duh tubuh lebih sedikit. Keluhan yang paling umum adalah dengan ditemukannya bercak di celana dalam pada pagi hari.

Jamur Pada Vagina

Definisi : infeksi pada vagina yang disebabkan oleh jamur Candida Sp.

Gejala :
Pada perempuan ; terdapat duh tubuh berwarna putih susu, bergumpal seperti kepala susu atau susu pecah.
Pada laki-laki : perjalanan penyakit sulit diketahui karena penyakit ini mempunyai faktor penyebab antara lain : kehamilan, DM, pemakaian obat-obatan (antibiotik, kontrasepsi hormonal).

Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis, infeksi pada laki-laki sangat jarang ditemukan. Terjadinya perjalanan penyakit sulit untuk dipastikan, berkisar antara beberapa hari sampai 4 minggu, sering tanpa gejala biasanya berupa keputihan yang banyak menimbulkan gatal dan perih pada vagina.

Gejala Trikomoniasis

Pada keadaan yang lebih parah, tampak bibir kemaluan bengkak dan merah.

Vaginosis Bakterial (infeksi vagina karena bakteri)

Vaginosis bakterial atau infeksi vagina karena bakteri adalah keputihan pada wanita akibat pergantian lactobacillus SPP, yang merupakan bakteri normal di vagina. Perjalanan terjadinya penyakit sulit ditentukan karena penyebabnya hanya satu macam.
Keluhan : keputihan berbau amis, terutama setelah hubungan seksual.

Infeksi Menular Seksual (IMS) Dengan Bentuk ULKUS

1. Sifilis
Sifilis adalah infeksi yang disebabkan oleh Treponema Pallidum, dan bersifat kronis. perjalanan penyakit antara 10-90 hari, ada luka di kelamin, ada bercak di bagian tubuh lain terutama si telapak tangan dan kaki tidak gatal.

2. Ulkus Mole
Ulkus mole adalah infeksi yang disebabkan oleh Haemophilus ducreyi. perjalanan penyakit 2 - 10 hari, dengan waktu rata-rata 7 hari, terdapat beberapa luka yang sangat nyeri, pembesaran getah bening regional disertai tanda radang.

3. Herpes Genitalis
Herpes genitalis adalah infeksi pada genital atau kelamin yang disebabkan oleh herpes simplex virus, bersifat kambuhan. Perjalanan penyakit antara 2 -10 hari atau lebih lama sampai dengan 3 minggu. Dimulai dengan rasa seperti terbakar dan gatal, beberapa sebelum timbulnya luka di kulit, kadang disertai gejala lemas, demam dan nyeri otot.

4. Infeksi Menular Selular Berbentuk Tonjolan
a. Kondiloma Akuminata
Kondiloma akuminata adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh human papilloma virus. Perjalanan terjadinya penyakit 1 - 8 bulan (rata-rata 2-3 bulan), pada umumnya didapat pada lokasi yang sering terkena trauma saat berhubungan seksual, tumbuh bintil-bintil yang runcing seperti kutil, dapat tumbuh membesar sehingga menyerupai jengger ayam.

b. Limfogranuloma Venereum atau Bubo
Bubo adalah infeksi yang mengenai sistem saluran pembuluh limfe dan kelenjar limfe daerah kelamin. kasus ini sangat jarang terjadi atau jarang ditemukan.

Infeksi Menular Seksual Dengan Komplikasi

1. Nyeri dan pembengkakan skrotum dengan penyebab IMS
Yang menurut penyebabnya terdiri dari :
  • Penyebab infeksi IMS
  • Penyebab infeksi bukan IMS
  • Penyebab infeksi organisme enterik, terutama pada laki-laki yang melakukan hubungan seksual anogenital insertif (dubur dengan kelamin)
  • Penyebab non infeksi (benturan, tumor).

2. Penyakit radang panggul dengan penyebab Infeksi Menular Seksual (IMS)
Penyakit radang panggul (PRP) adalah infeksi yang disebabkan oleh penyebaran bakteri dari kelamin ke rahim dan sekitarnya.

Infeksi Menular Seksual (IMS) sering ditandai juga dengan Gejala Penyakit Radang Panggul, Nyeri perut bawah, biasanya satu minggu sebelum haid atau pada waktu haid, tergantung pada penyebab, sakit ketika kencing, keluar cairan dari kelamin perempuan.