Infeksi Saluran Kemih : Penyebab, Tanda, Gejala, Dan Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih

klinikaar.com, Penyebab Dan Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih - Apa Itu Infeksi Saluran Kemih? Dalam proses bernapas, dan bergerak sehari-hari dihasilkan produk sisa dan badan membuangnya melalui berbagai sistem ekskresi tubuh, saluran kemih menjadi salah satu sistem penting ini, saluran kemih ini terdiri dari dua ginjal (terselip di bagian bawah iga, pada pinggang) dan suatu kandung kemih.

Infeksi Saluran Kemih


Gambar Infeksi Saluran Kemih : Penyebab, Tanda, Gejala, Dan Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih


Saluran kemih, Kedua ginjal ini disambung oleh dua pipa panjang yang dinamakan ureter dan mengalirkan air seni ke kandung kemih, yang kemungkinan dibuang melalui pipa lain yang dikenal sebagai uretra. Infeksi mencapai saluran kemih dari luar, infeksi sering hanya mengenai kandung kemih, tetapi kadang-kadang mendekati ureter menuju ginjal dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ vital ini bila tidak diberikan pengobatan yang tepat. maka diagnosa dan pengobatan infeksi saluran kemih pada anak-anak perlu dilakukan secepatnya.

Anak Wanita Dan Infeksi Saluran Kemih

Anak wanita lebih cenderung menderita infeksi saluran kemih daripada anak laki-laki dan kerentanan ini bertahan selama hidup - wanita dewasa sering menderita sistitis, sistitis yaitu suatu infeksi kandung kemih, sedangkan laki-laki jarang menderita gangguan ini. ada alasan anatomis yang sangat baik untuk hal ini. Urtera pada anak wanita sangat pendek dibandingkan urtera pada anak laki-laki - karena "pipa" ini sama panjangnya dengan penis. juga karena sangat dekat saluran sebelah belakang (dubur) anak wanita (yang kemungkinan mengandung kuman) memudahkan infeksi terbawa ke dalam saluran kemih.

Tanda Dan Gejala Infeksi Saluran Kemih.

Gejala infeksi saluran kemih pada anak-anak berusia dua sampai lima tahun dapat terlihat samar-samar - seperti juga pada bayi yang lebih kecil. sering hanya perasaan secara umum (yang tidak biasa dalam kelompok usia ini), kegelisahan, nafsu makan yang buruk dan mungkin demam ringan. Semua gejala itu membantu pendiagnosisan (berbeda dari gejala klasik pada orang dewasa - nyeri pada waktu berkemih dan seringnya melakukan buang air seni), anak-anak yang berusia dua tahun sampai lima tahun dan telah dapat mengendalikan kandungan kemih mungkin kambuh ke keadaan ngompol dan "kecelakaan" lagi jika ia menderita infeksi saluran kemih. Sehingga kombinasi apa pun dari gejala di atas seharusnya membawa anda ke dokter untuk mendapatkan penjelasan.

Pemeriksaan Infeksi Saluran Kemih

Suatu contoh air seni yang "bersih" dikirimkan ke laboratorium, yang dimaksud contoh "bersih" adalah contoh yang tidak tercemar kuman yang hidup pada permukaan kulit - Dokter akan memberitahukan anda tentang cara mengambil air seni itu. setelah jenis kuman penyebab masalah ini diketahui, akan diberikan antibiotika yang tepat. Jika seorang anak wanita menderita serangan infeksi saluran kemih berulang, diperlukan tes lebih lanjut untuk memastikan bahwa tidak ada penyebab yang mendasarinya, seperti kelainan struktur beberapa bagian saluran kemih.

Anak laki-laki perlu menjalani tes lebih lanjut ini pada waktu lebih dini daripada anak-anak perempuan, karena jenis infeksi ini kurang lazim pada anak laki-laki sehingga lebih mungkin terdapat sejumlah penyebab anatomis yang mendasarinya. Foto rontgen khusus atas saluran kemih akan dibuat. ini berarti tinggal untuk satu pagi atau siang hari di rumah sakit, tetapi tes ini tidak menyakitkan untuk anak.

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Pengobatan infeksi saluran kemih dilakukan dengan antibiotika, dalam bentuk sirup atau tablet, idealnya air seni harus diperiksa pada waktu mengakhiri rangkaian pengobatan ini, untuk memastikan bahwa semua infeksi telah dibasmi, kadang-kadang, pada infeksi berulang, mungkin antibiotika perlu diteruskan dalam dosis rendah untuk beberapa bulan sampai infeksi ini teratasi, jika terlihat kelainan sejak lahir pada foto rontgen, mungkin diperlukan pembedahan, tetapi ini jarang dilakukan.

Penutup

Infeksi saluran kemih tidak boleh diabaikan, sebagian besar mudah dan cepat terobati. tetapi kadang-kadang dapat melibatkan ginjal atau suatu kelainan anatomis dapat menyebabkan serangan berulang. dalam kasus apa pun, penyebab dasarnya perlu ditemukan dan diobati untuk mencegah kerusakan permanen. Itulah artikel tentang infeksi saluran kemih.

Baca Juga Cara Mengatasi Fimosis Pada Anak Laki-Laki

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel