Intususpensi : Gejala - Tanda - Penyebab Dan Mengobati Intususpensi

klinikabar.com, Penyebab Dan Mengobati Intususpensi Apa itu intususpensi? Intrususpensi adalah suatu lipatan ke bagian dalam dari sebagian usus halus pada dirinya sendiri sehingga aliran makanan melalui usus menjadi tersumbat. Penyakit intususpensi ini terdengar janggal dan membingungkan, tetapi penyakit ini mudah dipahami.

Intususpensi Pada Anak

Gambar Intususpensi : Gejala - Tanda - Penyebab Dan Mengobati Intususpensi


Selain terjadinya lipatan pada usus halus, pembuluh darah menjadi berkerut pada tempat usus halus melipat kedalam, inilah penyebab utama nyeri yang dirasakan dalam keadaan terserang penyakit intususpensi. Sumbatan dapat menyeluruh atau hanya sebagian saja, tetapi dalam kasus mana pun, bila intususpensi ini terjadi pada bayi atau pada anak, tentu saja harus segera mendapatkan penanganan serius dari dokter. Bayi atau anak di antara usia tiga sampai dua belas bulan cenderung  menderita intususpensi. Intususpensi dapat timbul pada usia anak berapa pun, tetapi jarang terjadi pada anak setelah anak berusia dua tahun.

6 Gejala Intususpensi Pada Anak.

Pada anak atau bayi, intususpensi memiliki gejala yang sangat khusus dan semuanya terjadi secara tiba-tiba yaitu :
  • Bayi atau anak mengalami serangan nyeri lambung yang hebat sehingga bayi atau anak akan menarik tungkainya ke atas, dan anak akan menjerit kesakitan.
  • Kulit dan muka bayi atau anak akan terlihat pucat karena efek mengkerutnya pembuluh darah pada anak.
  • Dalam beberapa menit mungkin sakit akan hilang, dan pucat di kulit akan hilang, serta bayi atau anak akan terlihat normal lagi, dan itu hanya beberapa menit, setelah itu, anak akan kembali menunjukan gejala bahwa ia terserang penyakit intusistolik.
  • Anak atau bayi mengalami peningkatan suhu tubuh.
  • Pada beberapa bayi atau anak akan mengalami diare, dan kadang-kadang keluar darah pada saat buang air besar.
  • Dengan gejala yang seperti itu, anak atau bayi akan mengalami badan lemas, ia akan terlihat lelah dan sakit sehingga memerlukan pengobatan segera dari dokter.

Cara Mengobati Intususpensi.

Lipatan usus halus kedalam ini perlu diperbaiki dan diobati, dengan dilakukan pembedahan, sehingga perlu anak dilakukan rawat inap di rumah sakit. Sebuah teleskop usus dapat dengan mudah mengembalikannya ke posisi normal, jika keadaan ini berlanjut dan terlihat parah, maka potongan usus tersebut dapat mati karena kurangnya suplai darah yang sepadan, dan usus tersebut perlu dibuang. Maka diagnosis dari awal penyebab utama nyeri perut pada bayi atau anak sangat diperlukan, lebih baik membuat dugaan salah daripada menunda karena anda tidak yakin. minta dokter membuat diagnosisnya dengan cepat daripada menundanya.

Lalu Apakah Intususpensi Dapat Kembali Timbul Setelah Dilakukan Pembedahan Dan Pemotongan Usus Halus?

Ada kemungkinan keadaan ini kambuh, tetapi intususpensi yang kembali kambuh sangat jarang ditemukan, hanya beberapa bayi atau anak yang tidak beruntung yang menderita intususpensi berlanjut atau intususpensi kambuh.

Penutup

Lalu Apakah Efek Lanjutan Dari Operasi? Tidak ada efek lanjutan khusus dari operasi, tetapi bayi atau anak perlu tinggal dirumah sakit selama beberapa hari untuk memastikan bahwa makanan telah dapat diberikan dengan memuaskan. Jahitan pada perutnya akan disingkirkan setelah tujuh sampai sepuluh hari. Setelah bayi atau anak anda kembali keruma, ia hanya memerlukan perawatan umum, diberikan kasih sayang yang cukup.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel