Penyebab Gastroenteritis, Gejala, Tanda Dan Cara Mengobati Gastroenteritis Pada Anak

klinikabar.com, Tanda Dan Cara Mengobati Gastroenteritis Pada Anak - Apa Itu Gastroenteritis? Gastroenteritis adalah suatu infeksi saluran cerna. infeksi ini sering menyulitkan, terutama pada kelompok usia yang sangat muda ini, karena mereka belum dapat menceritakan bahwa sakit perut mereka disebabkan oleh keadaan gastroenteritis ini.

Gastroenteritis Pada Anak

Banyak penyebab sakit perut lainnya pada anak : misalnya, karena infeksi saluran kemih, bisa karena apendisitas,  atau akibat intususpensi. infeksi dimana pun didalam tubuh atau pun didalam saluran pencernaan perlu mendapatkan perhatian.

Baca Juga Gejala Dan Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak

Tanda Dan Gejala Gastroenteritis

Biasanya gastroenteritis mulai mendadak. gejalanya diawali dengan diare, muntah, sakit di bagian lambung, kadang-kadang disertai demam ringan.

Cara Mengobati Gastroenteritis

Diare hebat dan muntah pada bayi atau pada anak-anak sangat cepat menimbulkan keadaan dehidrasi yang berbahaya, karena kehilangan cairan tubuh. Oleh karena itu, anda harus menghubungi dokter secepatnya setelah melihat gejala berat gastroenteritis pada anak anda, sehingga dapat dibuat diagnosis yang tepat.

Diperlukan istirahat untuk usus yang meradang, dengan hanya diberi larutan glukosa/garam yang khusus selama dua puluh empat jam. mungkin juga perlu mengganti cairan yang hilang dengan pengobatan intravena.
Bagi kasus gastroenteritis yang tidak parah, mungkin cukup pengobatan glukosa garam selama dua puluh empat jam. setelah ini secara bertahap dapat diberikan lagi susu yang diencerkan pada beberapa hari berikutnya.

Gastroenteritis dapat diakibatkan oleh sejenis infeksi yang berpindah-pindah pada anggota keluarga. atau dapat disebabkan oleh adanya infeksi dalam bahan makanan. Apapun penyebabnya, pengobatan pada mulanya sama, tetapi mungkin diperlukan antibiotika khusus untuk mengatasi infeksi dalam kasus ini.