Kandungan Dan Manfaat Daun Dewa Untuk Pengobatan

klinikabar.com, Kandungan Dan Manfaat Daun Dewa Untuk Pengobatan - Daun Dewa Dari namanya yang unik dan khas, menggambarkan sisi kehebatan dan khasiat dari daun dewa ini, herbal ini secara turun temurun digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang berat seperti kanker, stroke dan penyakit jantung. Daun Dewa Gynura Segetum Lour. Merr mempunyai ciri dan bentuk yang khas, daunnya yang berwarna hijau tua dengan garis ungu di pinggirnya dengan permukaan yang diselimuti bulu-bulu halus.

Manfaat Daun Dewa Untuk Obat


Gambar Kandungan Dan Manfaat Daun Dewa Untuk Pengobatan


Sementara batang daun dewa memiliki rambut halus dan lunak, serta berwarna ungu kehijauan dengan tinggi maksimal sekitar 10-25 cm. Bunganya nampak di ujung batang, sebelum saat mekar, bunganya serupa dengan kancing serta layaknya himpunan benang sari berwarna kuning cerah sesudah mekar.

Mahkota bunga berwarna kuning dengan ujung merah kecoklatan, akar tumbuh dan berkembang menjadi umbi dengan kulit umbi berwarna keabu-abuan, sedangkan daging umbinya terlihat bening sampai keruh. Tanaman semak tahunan ini mempunyai lebih dari satu julukan, di jawa tengah disebut sambung nyawa, sedangkan di luar negeri seperti di China menyebutnya San Qi Cao dan sering disebut juga dengan beluntas Cina.

Cara Mengolah Daun Dewa

Daun dewa mengandung berbagai senyawa berkhasiat seperti saponin, minyak atsiri, flavonoid, tanin, polifenol, asam klorogenat, asam kafeat, asam vanilat, asam kumarat, asam p-hidroksi benzoat, alkaloid, triterpenoid dan sterol. Sedangkan efek farmakologis yang dimiliki atau sebagai antikoagulan atau anti pembekuan darah. Stimulasi sirkulasi, menghentikan perdarahan, anti karsinogen dan antimutagenesis.

Daun dewa, merupakan salah satu tumbuhan obat yang dapat dikonsumsi langsung dalam bentuk segar. Rasanya sedikit getir, mungkin tidak familiar bagi sebagian orang yang masih dalam tahap awal menggunakannya. Namun demikian bagi yang ingin menghindari aroma dan rasanya uang tidak enak, maka daun dewa saat ini sudah banyak yang diolah dalam kemasan siap minum seperti kemasan kapsul serbuk daun ekstrak.

Manfaat Daun Dewa Sebagai Penangkal Kanker

Daun dewa bukan hanya daunnya yang memiliki manfaat, namun juga umbi, daun dan umbi dari daun dewa dapat menghilangkan pembekuan darah di pembuluh darah, sehingga memungkinkan sebagai obat stroke dan obat jantung koroner. Selain itu, umumnya juga dapat mengatasi bengkak karena memar, tulang patah, perdarahan setelah melahirkan.

Hasil penelitian mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada tahun 2003, menyebutkan bahwa ekstrak daun dewa terbukti dapat menghambat pertumbuhan tumor dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Ekstrak daun dewa juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. hal tersebut didukung dengan adanya data histology adanya nekrosis sel-sel kanker. dan ekstrak daun dewa juga memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan tumor paru.

Selain data penelitian yang mendukung dan membuktikan khasiat daun dewa, daun dewa bermanfaat untuk pengobatan lumpuh akibat stroke yang dipicu oleh komplikasi diabetes. Dengan cara meminum ekstrak daun dewa dalam bentuk kapsul selam 3 minggu membuat anggota badan yang lumpuh kembali mulai dapat digerakan.

Selain bermanfaat mengobati penyakit jantung, daun dewa juga banyak digunakan untuk mengurangi perdarahan saat sunat, caranya yaitu dengan minum kapsul daun dewa sebelum dilakukan proses sunat, dan daun dewa juga bermanfaat untuk membantu mengurangi adanya perdarahan pada proses persalinan, berdasarkan pengalaman yang banyak sekali dari ibu hamil yang tidak mengalami perdarahan saat melahirkan ketika diberikan kapsul daun dewa.

Salah satu sifat khas yang dimiliki daun dewa adalah kemampuannya untuk dapat melancarkan sekaligus menghentikan perdarahan, dua hal yang saling berbeda, misalnya pada kasus perdarahan haid akan sangat terbantu berkurang setelah mengkonsumsi  daun dewa.

Namun pada saat lain, daun dewa dapat melancarkan kembali proses haid yang sebelumnya tidak lancar atau tidak teratur. Lalu apa yang menyebabkan daun dewa mempunyai sifat khas tersebut belum diketahui dengan jelas, karena kandungan senyawa dalam tanaman obat seperti daun dewa berjumlah ratusan.

Penutup

Untuk penggunaan sehari-hari dalam menu makan sehat, daun dewa dapat digunakan sebagai lalapan, bersama herbal lain seperti daun pegagan dan daun sambung nyawa. Untuk mendapatkan daun dewa sebaiknya dibudidayakan secara organik, perbanyak tanaman bisa menggunakan ubi, stek batang maupun stek daun. Namun paling mudah perbanyak tanaman menggunakan umbi, yang ditanam pada tanah yang gembur dengan dicampur pupuk organik dengan pengairan yang cukup.

Baca Juga Manfaat Tauge Untuk Mengatasi Kegemukan Dan Diabetes

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel