Apa Itu Pelangi Dan Bagaimana Pelangi Terbentuk

klinikabar.com, Apa Itu Pelangi Dan Bagaimana Pelangi Terbentuk - Apa itu pelangi? Dan bagaimana proses terbentuknya pelangi? Sebuah gapura pelangi merupakan salah satu pemandangan yang paling indah dalam lingkungan alam semesta, sehingga sudah lama orang bertanya-tanya dari mana asal pelangi itu. bahkan Aristoteles, ahli filsafat yunani yang paling terkenal itu, pernah mencoba menerangkan apa yang disebut pelangi itu, Aristoteles beranggapan bahwa pelangi itu merupakan pantulan cahaya matahari oleh lapisan air hujan, tetapi pendapat ini justru tidaklah benar.

Terbentuknya Pelangi


Gambar Apa Itu Pelangi Dan Bagaimana Pelangi Terbentuk


Terbentuknya pelangi - Sinar matahari atau cahaya biasa yang berwarna putih, sebenarnya merupakan campuran segala macam warna. Mungkin anda pernah melihat apa yang terjadi pada saat sinar memantulkan pada bingkai cermin yang landai atau menyoroti sebuah gelembung sabun, sinar yang berwarna putih itu akan terurai dalam berbagai macam warna, kita akan melihat warna merah, jingga, kuning, hijau, dan biru dan ungu.

Benda yang bisa mematahkan sinar cahaya semacam ini disebut "prisma". warna-warna yang muncul itu membentuk satu berkas garis-garis warna yang muncul itu membentuk satu berkas garis warna, sedangkan setiap warna beralih perlahan kepada warna berikutnya, berkas warna semacam ini kita sebut "spektrum".

Sebuah pelangi sebenarnya tiada lain merupakan sebuah spektrum besar yang melengkung, ia merupakan satu berkas warna-warna yang disebabkan oleh terpatahkan cahaya yang melewati titik-titik air hujan, dalam hal ini titik-titik air hujan itu bertindak sebagai prisma.

Terbentuknya Pelangi

Itulah sebabnya pelangi hanya nampak pada saat terjadinya hujan rintik-rintik, pada saat sedang turun hujan dan bersamaan dengan itu pula matahari tetap bersinar. Anda harus berdiri di tengah-tengah, matahari di belakang anda, titik-titik hujan di hadapan anda. Maka anda akan melihat pelangi yang nampak. Jika tidak demikian, maka tidak mungkin anda bisa menyaksikan pelangi itu. Sebab matahari mengirim sinarnya melewati bahu anda, lalu menembus titik-titik hujan itu, titik-titik air hujan itu memantulkan cahaya itu ke dalam satu spektrum atau satu berkas aneka macam warna. Matahari, mata anda dan titik pusat gapura pelangi itu harus berada pada satu garis yang lurus.

Apabila matahari letaknya terlalu tinggi di cakrawala, maka tidak mungkin menarik garis lurus semacam itu, itulah sebabnya pelangi itu hanya bisa terlihat pada waktu sangat pagi dan pada waktu sore hari. Bila melihat sebuah pelangi pada pagi hari maka itu berarti matahari sedang terbit di sebelah timur,  dan air hujan rintik-rintik sedang berjatuhan di sebelah barat. Sedangkan pelangi sore hari berarti matahari sedang bersinar di sebelah barat : dan hujan sedang jatuh rintik-rintik di sebelah timur.

Penutup

Bagaimana Pelangi Terbentuk dan muncul? Orang-orang yang percaya tahayul menganggap bahwa pelangi adalah suatu firasat buruk, mereka mempunyai keyakinan bahwa roh manusia itu masuk surga melalui pelangi sebagai jembatannya, itulah sebabnya bila muncul pelangi pada pemandangan mereka, mereka menafsirkan bahwa ada seseorang yang akan meninggal dunia.

Baca Juga Kenapa Gerhana Matahari Dan Gerhana Bulan Jarang Terjadi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel