Kenapa Penderita Tekanan Darah Tinggi Harus Membatasi Konsumsi Garam

klinikabar.com, Kenapa Penderita Tekanan Darah Tinggi Harus Membatasi Konsumsi Garam? - Peranan yang dimainkan garam dalam menimbulkan tekanan darah tinggi telah terbukti sejak tahun 1904 ketika para dokter untuk pertama kali mengaitkan secara erat makanan yang mengandung kadar garam tinggi. dari enam pasien dengan tekanan darah tinggi yang dideritanya, dan memperlihatkan bahwa tekanan darah turun apabila mereka makan makanan yang sedikit kadar garam-nya atau yang sama sekali tidak mengandung garam.

Manfaat Diet Rendah Garam Untuk Penderita Darah Tinggi



Gambar Kenapa Penderita Tekanan Darah Tinggi Harus Membatasi Konsumsi Garam


Akan tetapi, baru pada tahun 1940-an diet rendah garam pada umumnya digunakan dalam dunia kedokteran untuk mengobati tekanan darah tinggi yang ganas, hampir seluruhnya terbatas pada nasi, buah-buahan, dan gula, diet tersebut sangat tidak menyenangkan untuk dipertahankan dalam jangka waktu yang lama. Walaupun sangat efektif dalam mengurangi tekanan darah tinggi, diet itu ditinggalkan ketika obat yang dapat mengendalikan tekanan darah mulai diperkenalkan.

Manfaat Pembatasan Garam Pada Pasien Darah Tinggi

Akhir-akhir ini metode untuk membatasi garam dalam makanan orang yang mengidap tekanan darah tinggi kembali digandrungi, setelah para dokter di Inggris dan di Australia mengamati bahwa mereka dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan membuat pasiennya merasa lebih baik, hanya dengan menghilangkan pertambahan garam dari dietnya.

Dimana pasien diminta agar tidak menambah garam pada makanan, pada waktu memasak atau di meja makan, dan menghindari makanan yang ditambahkan garam dalam proses pengolahannya. Dibandingkan dengan pasien lain yang tingkat tekanan darahnya sama, yang diobati oleh dokter yang sama dengan cara yang sama juga, namun tanpa nasihat mengurangi konsumsi garam, kelompok pasien yang diminta mengurangi konsumsi garam mempertahankan tekanan darahnya pada tingkat yang lebih rendah dan dapat mengurangi jumlah dan dosis obat penurun tekanan darah yang mereka gunakan.

Orang yang telah menjalani diet rendah garam diharapkan tidak menyukai masakan baru, sebaliknya mereka merasa lebih bahagia dan lebih sehat, dan mulai menikmati kegurihan makanan yang tidak ditambahkan garam, tampaknya penggunaan garam yang mereka lakukan sebelumnya telah menumpulkan rasa cecap akan rasa lainnya di lidah.

Hanya dengan menaburkan sedikit garam pada makanan dapat meningkatkan tekanan darah pada sementara orang, anehnya, jumlah yang dikonsumsi dengan cara ini tampaknya tergantung bukan pada kegemaran akan jumlah garam tertentu, melainkan pada ukuran lubang tempat garam! Orang cenderung menaburkan lagi garam pada makanannya sebelum mengecapnya, dan mengocok tempat garam untuk saat yang sama, tanpa memperhatikan apakah garam yang ditaburkan dari tempat garam yang lubangnya besar atau kecil.

Pada tahun 1983, Nation Advisory Commiteeon Nutrition Education (NACNE), lembaga pertama Pemerintah Inggris dalam empat puluh tahun terakhir yang bertugas memberikan nasihat praktis mengenai tujuan diet, mengusulkan sebagai salah satu prioritas pertama agar masyarakat mengurangi seperempat dari konsumsi garam, akan tetapi, NACNE menyadari bahwa makanan yang dimasak dengan sedikit garam atau tanpa garam mungkin tidak dapat diterima hanya dalam waktu semalam saja.

Lembaga tersebut berpendapat bahwa penggunaan lebih banyak perancah lain seperti bumbu dan air jeruk, dapat membantu, dan meminta industri makanan untuk menyelidiki cara mengurangi kandungan garam dari hampir semua makanan olahan.

Kelompok anti garam yakin bahwa kandungan garam dalam makanan dewasa ini sepuluh sampai dengan lima belas kali lebih banyak daripada yang dikonsumsi oleh nenek moyang kita, oleh karena itu, kembali ke diet rendah garam sebetulnya kembali ke konsumsi garam pada tingkat yang sesuai dengan rancangan tubuh kita.

Para ahli lain kurang begitu yakin, mereka mengatakan bahwa riset yang menentukan untuk membuktikan manfaat penurunan konsumsi garam masih harus dilakukan, juga, hasil lain tidak memperkuat hasil penelitian di Inggris dan Australia, karena tiga orang yang menjalankan diet rendah garam tidak berhasil menurunkan tekanan darahnya.

Juga harus di ingat bahwa hasil semula tidak mencari kemungkinan gangguan yang ditimbulkan oleh pelaksanaan diet rendah garam jangka panjang, kelompok anti-pembatasan garam menunjukan bahwa beberapa tikus di laboratorium bahkan mengalami peningkatan tekanan darah apabila tidak di beri garam, apakah mungkin, mereka bertanya, beberapa orang dapat memberikan reaksi serupa? Beberapa ahli hipertensi mengemukakan pendapatnya mengenai persoalan ini, dan hal ini membingungkan para dokter, tentang apakah dokter harus memberi nasihat kepada pasiennya tentang membatasi konsumsi garam atau tidak.

Menghilangkan penambahan garam pada makanan setelah dimasak hampir pasti tidak menimbulkan masalah, dan memang ada manfaatnya untuk tekanan darah anda, jika anda merasa makanan terlalu hambar, sebaiknya gunakan lombok atau bumbu lain, setelah beberapa minggu, anda akan mengalami bahwa kemampuan anda untuk mengecap rasa dalam makanan sangat meningkatkan sehingga selera makan anda tidak lagi ditentukan oleh garam.

Mungkin anda juga akan memperoleh manfaat dengan menyingkirkan semua makanan yang dalam pengolahannya diberi garam yang banyak, antara lain: mentega asin, keju, biskuit, semua jenis makanan yang dibuat dengan bumbu penyedap, saus tomat, kecap, asinan, roti kering, semua jenis sosis dan daging kaleng, daging babi, ikan kaleng, ikan asap, daging asap, hamburger, keripik kentang.

Makanan segar dan beku adalah jenis yang dapat diandalkan karena kadar garam yang rendah, akan tetapi, ada dua alasan yang baik sekali yang memungkinkan penderita tekanan darah tinggi memulai diet rendah garam tanpa berkonsultasi sebelumnya dengan dokter :

1. Perubahan dalam tekanan darah perlu di pantau sehingga langkah lebih lanjut dapat diambil, seperti penurunan dosis obat, atau mengubahnya sesuai dengan penurunan yang menyusul dalam tekanan darah - jika itu terjadi.

2. Beberapa obat sesungguhnya bekerja lebih baik jika anda tetap mempertahankan konsumsi garam.

Penutup

Manfaat diet rendah garam pada pasien darah tinggi, jika kira-kira setelah dua bulan diet rendah garam, tekanan darah anda tidak juga turun, dan dosis obat anda tidak dapat dikurangi secara berarti, maka tidak ada gunanya meneruskan diet rendah garam, kecuali jika anda benar-benar merasa lebih baik, jauh lebih penting menikmati makanan anda daripada mempertahankan diet yang mungkin tidak anda suka.

Baca Juga Bahaya Diet Untuk Penderita Darah Tinggi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel