Peran Bakteri Pada Makhluk Hidup

klinikabar.com,  Peran Bakteri Pada Makhluk Hidup - Bakteri adalah makhluk hidup atau organisme yang begitu kecilnya sehingga bakteri tidak dapat dilihat dengan mata tanpa menggunakan alat tambahan, karena sangat kecil, bakteri hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop yang memperbesar ukurannya menjadi beberapa ratus kali, itulah sebabnya bakteri itu juga disebut "mikro organisme".

Peran Bakteri 


Gambar Peran Bakteri Pada Makhluk Hidup


Jauh sebelum manusia sempat melihat bakteri itu, orang sudah mengetahui hasil pekerjaan bakteri itu. misalnya saja, orang mengetahui bahwa anggur mengalami fermentasi atau berubah menjadi kecut seperti masam rasanya, susu bisa menjadi asam, sedangkan tanaman dan binatang yang mati menjadi membusuk. Namun, orang menghubungkan peristiwa ini ini dengan kepercayaan takhayul atau keyakinan agama mereka, tetapi sekarang kita mengetahui bahwa bakteri itu berada di sekitar kita. Bakteri memperbanyak diri dengan cara membelah dirinya menjadi dua, tidak ada perbedaan jenis kelamin di kalangan bakteri itu.

Apabila bakteri itu bertemu dengan lingkungan yang menguntungkan serta makanan untuk bisa hidup, maka bakteri itu akan memperbanyak diri dan terus menerus melakukan memperbanyak diri. Bakteri hanya mempunyai satu sel, yang lebih mirip kepada sel tumbuhan daripada sel binatang, pada bagian luarnya, bakteri itu terbungkus oleh semacam kulit yang kita sebut "selaput luar", tetapi sifatnya tidak waterproof.

Artinya air bisa saja meresap melalui selaput itu, bagian dalamnya terdiri dari zat yang disebut "protoplasma" dan biasanya tidak memiliki suatu titik pusat atau nukleus tertentu. Selaput luarnya itu sangat penting, sebab setiap zat kimia yang digunakan orang untuk membunuh bakteri itu harus sanggup merembes melewati selaput luar itu, sekeliling sel sebelah dalam bakteri terdapat semacam zat lendir yang bisa berubah-ubah bentuknya dan sering sekali membentuk ekor halus semacam benang, ekor halus disebut "flagelle".

Bakteri dapat bergerak meskipun bakteri itu tidak mempunyai kaki, sejumlah bakteri bergerak dengan cara mengibas-ngibaskan flagella-nya, sedangkan lainnya bergerak dengan cara memendek dan memanjangkan sel-selnya, seperti halnya kita saksikan cara cacing bergerak. Seperti kita ketahui, bakteri itu menyebabkan penyakit yang kita sebut "infeksi", tetapi bakteri dapat juga berjasa dan sangat berguna untuk kepentingan manusia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel