Teknik Yang Harus Dikuasai Untuk Menjadi Pemancing Profesional

klinikabar.com, Teknik Yang Harus Dikuasai Untuk Menjadi Pemancing Profesional - Hobi memancing bisa melepaskan kepenatan, meski repot dalam persiapan dan banyak teknik yang harus dikuasai. Sebulan sekali Sansi Tjandra bersama tujuh rekannya pergi ke daerah Binuangeun di Pandeglang, Jawa Barat. mereka berangkat dari Jakarta pasar sabtu pagi dan bertolak kembali pada keesokan harinya. Sandi dan rekan-rekan biasanya menyawer biaya untuk sewa kapal beserta awaknya. harganya sekitar Rp. 4-5 juta untuk perjalanan akhir pekan. lima hingga enam jam kemudian, rombongan tiba di tempat tujuan.

Teknik Pemancing Profesional

Sebagai pemancing profesional, mereka bukan sedang jalan-jalan di akhir pekan. begitu sampai di tempat tujuan, mereka mengeluarkan peralatan utamanya : pancing dan umpan! "setengah jam kemudian, biasanya dapat ikan. ujar Sandi.

Gambar Teknik Yang Harus Dikuasai Untuk Menjadi Pemancing Profesional


Sambil menunggu ikan-ikan menyambar, semua orang di atas kapal asyik bercengkrama. ini terjadi sepanjang malam hingga menjelang pagi. uniknya, topik pembicaraan melulu soal memancing,  berbagai jenis ikan bisa mereka hela dari laut. sebut saja kerapu, tongkol, atau pelagis. apa pun jenis ikan yang diperoleh, kata Sandi, "kenikmatan memancing adalah saat hentakan pertama menarik alat pancing. Dan yang penting, memancing dapat menghilangkan stres dan kepenatan setelah beraktivitas.

Teknik-Teknik Memancing Ala Pemancing Profesional

Teknik-teknik memancing biasanya disesuiakan dengan karakter lokasi pemancingan dan jenis ikan diareal pancing. memancing di air asin (laut) dan air tawar (danau, empang atau sungai), punya teknik dan alat yang berbeda. diantaranya adalah bottomfish. Teknik bottomfish  digunakan untuk mendapatkan ikan-ikan berbobot lebih dari 10 kilo gram yang tinggal di dasar laut. Teknik lainnya adalah teknik trolling, yaitu memancing diatas kapal yang tengah melaju kencang, tujuannya mendapatkan ikan-ikan yang tengah berterbangan di permukaan laut.

Soal peralatan memancing juga harus perlu diperhatikan. memakai alat di tempat yang salah sama dengan mengenakan gaun tidur ke pesta. Jangan gunakan peralatan memancing di danau untuk memancing di tengah laut, silahkan saja anda coba jika tidak malu. Sandi mencontohkan, ketika ingin memancing di kolam pemancingan, kita bisa menggunakan tongkat pancing, roda pemutar, dan senar yang harganya mencapai 1 juta. Karena biasa di kolam air tawar, anda bisa memancing ikan mas, gurami atau mujair yang beratnya kurang dari 5 kilogram.

4. Persiapan Sebelum Masuk Kelas Pemancing Profesional

1. Tentukan lokasi tujuan, apakah anda akan memancing di air asin atau di air tawar. hal ini akan berpengaruh pada alat pancing atau pun teknik memancing yang akan digunakan.

2. Pelihara alat pancing dengan baik. misalnya, setelah digunakan, dicuci menggunakan sabun, jangan di jemur di bawah sinar matahari, perhatikan ada bagian-bagian tertentu uang tidak boleh kena air.

3. Bagi pemancing pemula, sesuaikan anggaran dengan harga peralatan memancing. ada beberapa perlengkapan berharga murah tapi memiliki kemampuan layaknya perlengkapan mahal.

4. Bergabunglah dengan forum memancing di internet untuk mendapatkan beragam informasi, lewat forum macam ini, anda dapat memperoleh informasi, partner memancing yang berpengalaman. efeknya? tidak perlu menunggu lama ikan menyambar mata kail anda. jika anda tidak memiliki teman mancing. anda dapat klik kedua situs ini www.fishyforum.com dan www.iftfishing.com

Penutup

Untuk Menjadi pemancing profesional di laut anda harus menguasai teknik. Tapi jangan harap bisa menggunakan jenis alat pancing tadi untuk memancing di laut lepas. bayangkan saja, anda perlu alat pancing yang berat dan lengkap untuk bisa menghela ikan seberat paus atau ikan hiu. Jadi, ada baiknya kita menyikapi peralatan canggih untuk keperluan ini. Barangsiapa ingin memancing di tengah laut perlu membeli tongkat pancing seharga Rp.12 juta dan senar seharga Rp.800 ribu sepanjang 300 meter. Tapi ini tidak jadi patokan. banyak produk berkualitas bagus bisa diperoleh dengan harga lebih murah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel