4 Faktor Penyebab Hipertensi Yang Tidak Boleh Diabaikan

klinikabar.com, Faktor Penyebab Hipertensi Yang Tidak Boleh Diabaikan - Tahukah anda tentang apa saja faktor penyebab darah tinggi atau faktor penyebab hipertensi? Faktor penyebab lainnya dari hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah seperti kegemukan, sembelit, rokok, alkohol dan  faktor emosional.

Penyebab Darah Tinggi


Gambar 4 Faktor Penyebab Hipertensi Yang Tidak Boleh Diabaikan

Ada orang beranggapan bahwa darah tinggi yang dideritanya itu hal yang sudah wajar terjadi seiring bertambah. Namun harus anda ketahui bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang membahayakan, dengan tanda atau gejala hipertensi atau darah tinggi yang sering diabaikan adalah sebagai berikut.


1. Faktor Kegemukan Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Sama seperti garam, kegemukan adalah faktor yang sangat penting, karena jumlah garam yang anda konsumsi adalah sama dengan jumlah keseluruhan makanan yang anda santap setiap hari. keinginan untuk selalu makan adalah kesalahan terbesar bagi anda penderita hipertensi. Jika kelebihan berat badan semakin meningkat, maka tekanan darah anda pun semakin meningkat, keberhasilan anda menurunkan berat badan yang berlebihan juga dapat menurunkan tekanan darah sampai tingkat yang normal.

Namun keberhasilan itu tergantung pada bagaimana anda melakukannya, hanya dengan membiarkan anda kelaparan biasanya bukan jawaban yang tepat karena anda tidak dapat melanjutkan hal itu dan akan kembali ke pola makan yang lama sehingga berat badan anda akan kembali seperti semula, atau bahkan lebih dari sebelumnya. Anda perlu mengubah kebiasaan makan anda dan mulai program latihan jasmani yang pantas. Latihan jasmani, asalkan dipilih jenis yang tepat dan direncanakan secara tepat pula, akan membuat badan nada lebih bugar dan membantu menurunkan tekanan darah anda.

2. Faktor Sembelit Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Menyangkut masalah diet, ada nasihat baik yang harus anda perhatikan : Jangan membiarkan diri anda sampai mengalami sembelit, ketegangan yang diakibatkan karena memaksa untuk mengeluarkan kotoran yang mengeras karena sembelit cepat meningkatkan tekanan darah tinggi, terkadang sampai tingkat yang membahayakan. Jika anda mengidap tekanan darah tinggi, hal ini pun dapat menyebabkan  ketegangan yang cukup besar pada arteri yang ada pada jantung atau otak sehingga menimbulkan serangan jantung atau stroke. Bukan merupakan sesuatu yang kebetulan apabila banyak orang meninggal pada saat berusaha untuk buang air besar. Menutut cerita, Raja George III meninggal dunia dengan cara yang sama yaitu karena sembelit. oleh karena itu, usahakan agar diet anda yang baru terdiri dari banyak makanan berserat, diet tinggi serat yang baik sangat disarankan.

3. Faktor Rokok Dan Alkohol Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Pertimbangan mengenai kebiasaan makan tidak akan sempurna tanpa menyebut rokok dan alkohol, meskipun jarang dianggap mempengaruhi bahan gizi oleh mereka yang suka merokok dan minum alkohol. Rokok meningkatkan tekanan darah hanya untuk sementara waktu, peningkatan tersebut tidak bertahan lama, dan rokok tidak dapat disalahkan sebagai penyebab tingginya tekanan darah pada penderita hipertensi.

Tapi, rokok mempunyai beberapa pengaruh secara langsung yang membahayakan jantung. apabila pembuluh darah yang ada pada jantung sudah dalam keadaan tegang karena tekanan darah tinggi, maka rokok dapat menimbulkan bencana untuk kehidupan penderita tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, hipertensi dan rokok, walaupun hanya beberapa batang dalam sehari sebaiknya hindari untuk merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Sebaliknya, alkohol dalam dalam takaran yang cukup, tampaknya tidak memperburuk pengaruh hipertensi, tentu saja tergantung bagaimana anda mendefinisikan tentang "takaran cukup" itu. cukup jika dikatakan di sini bahwa kebanyakan orang yang minum karena tuntutan sosial, dan berpendapat mereka tidak mempunyai masalah dengan alkohol, mungkin merasakan definisi yang diberikan dokter mengenai "takaran cukup" itu terlalu konservatif untuk hobinya.

Minum alkohol lebih dari takaran yang cukup benar-benar meningkatkan tekanan darah dan dapat mempercepat pengaruh penyakit tersebut. jika anda mengidap tekanan darah tinggi, anda perlu meninjau kebiasaan anda untuk meminum alkohol dan anda harus bersikap jujur pada diri anda sendiri. Jika anda menghentikan untuk mengkonsumsi alkohol maka anda dapat melakukan dengan penuh kepastian bahwa tekanan darah tinggi anda akan turun dan tetap pada tingkat yang lebih rendah selama anda terus berusaha berhenti dari alkohol.

4. Faktor Emosional Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Meskipun dapat dikatakan bahwa stres emosional benar membuat meningkatnya tekanan darah untuk jangka waktu singkat, reaksi tersebut lenyap kembali seiring dengan menghilangnya penyebab stres tersebut. Walaupun anda merasa tidak senang di tempat kerja, atau mengalami rasa cemas yang berlebihan, tidak ada bukti bahwa hal tersebut begitu saja menyebabkan tekanan darah tinggi yang tetap. Jika stres menjadi penyebab permanen, dan tampak tidak ada jalan untuk mengatasinya, maka anda akan mengalami hipertensi secara terus-menerus, sehingga stres menjadi resiko. Jika hal ini menyangkut pada diri anda sendiri, maka anda harus belajar untuk mengatasi stres secara cepat.

Kesimpulan

Kemarahan yang ditekan mungkin merupakan emosi lebih yang destruktif dalam kaitannya dengan tekanan darah anda dibandingkan dengan rasa cemas atau depresi, kemarahan yang ditekan dapat benar-benar meningkatkan tekanan darah karena ada pelepasan adrenalin tambahan oleh kelenjar adrenalin yang terus-menerus dirangsang. Namun relaksasi, kesadaran diri, dan meditasi dapat sangat bermanfaat untuk anda dalam menghadapi stres. Itulah artikel tentang penyebab darah tinggi yang sering diabaikan.

Baca Juga Cara Mengukur Tekanan Darah Dengan Sfigmomanometer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel