10 Manfaat Jeruk Limau Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

klinikabar.com Manfaat Jeruk Limau Untuk Kesehatan - Sudahkah pernah anda bangun pagi dengan perasaan mulut lalu merasa heran apakah yang hendak dibuat dengan keadaan mulut yang bau dan merasa lidah terasa kering? Boleh jadi itu akibat anda minum kopi, atau karena tidak sarapan, atau akibat anda tidak minum air putih terlebih dahulu ketika terbangun dari tidur. membiarkan anda tidak sarapan dan tidak minum air putih ketika perut anda kosong adalah hal yang tidak dianjurkan, karena mengeringkan tubuh anda akan membuat lidah anda akan kering dan menimbulkan bau mulut yang tidak nyaman.

10 Manfaat Jeruk Limau Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Jika anda ingin menghilangkan bau mulut dan ingin membuat mulut anda terasa segar, maka saya akan memberikan resep untuk menghilangkan bau mulut anda sehingga nafas anda akan kembali segar dan tanpa bau.

Gambar 10 Manfaat Jeruk Limau Untuk Kesehatan Dan Pengobatan


Tidak perlu memakan suatu obat pengharum mulut atau tidak perlu anda berkumur dengan obat kumur yang banyak terdapat dipasaran, melainkan anda hanya membutuhkan suatu tonikum yang enak untuk mengatasi bau mulut dan membuat tubuh anda bugar dan siap menghadapi segala aktivitas.

Inilah resep menghilangkan bau mulut yang harus anda coba, dan buat resep tonikum ini sebelum melakukan sarapan.

Resep Alami Untuk Menghilangkan Bau Mulut :

  • 1 jeruk limau diperas
  • 1 buah anggur lalu diperas
  • 1 sendok teh madu
  • 3 balok kecil es

Cara Alami Membuat Obat Bau Mulut Adalah :

Campurkan semua bahan tadi lalu di aduk perlahan-lahan dan diminum setiap sebelum sarapan pagi atau ketika perut anda kosong. Ramuan alami yang berkhasiat dalam resep ini adalah jeruk limau segar yang menjadi faktor utama, karena jeruk limau memiliki manfaat untuk membuat segar mulut anda, air jeruk limau kana membangkitkan semangat dan memberikan efek segar kepada tubuh anda.

Kandungan Dalam Jeruk Limau Dan Anggur

Jeruk limau dan buah anggur memiliki kandungan sebagai berikut  30 milligram Vitamin C , dan buah anggur memiliki 200 milligram Vitamin C, dan inilah suatu cocktail vitamin C terbaik. Buah kecil ini sebenarnya telah terlalu lama banyak orang mengabaikan akan manfaatnya, kita lebih suka memanjakan gigi kita dengan makanan atau minuman yang manis sehingga makanan manis atau minuman manis sering merusak dan merugikan tubuh kita, otak dan gigi kita. Kecuali makanan atau minuman manis berupa sirup atau berupa pudding yang dapat membuat sejuk tenggorokan karena kedua jenis makanan itu sifatnya lembut di tenggorokan.

Sejarah Buah Jeruk Limau

Menurut cerita, jeruk itu datang dari daerah-daerah yang beriklim panas di Asia dan Malaya, pada zaman dinasti Sung pada tahun 960 Setelah Masehi, orang Tionghoa menyebut jeruk limau adalah Limung. Dari timur jauh, buah jeruk mengadakan perjalanan ke Spanyol, lalu Columbus membawa bijinya ke Tahiti. para kolonist Spanyol mengimport jeruk itu ke Florida, disanalah jeruk tumbuh dengan sangat subur dan sangat baik.

Para nelayan di Inggris pada zaman dahulu kala sangat terkenal sebagai orang yang gemar memakan jeruk, karena mereka tahu bahwa jeruk masih tetap disebut Limeys. Pada waktu itu 90 persen dari tanaman jeruk limau ditanam orang di California, pada saat itu di tahun 1849 jeruk sangat mahal dan sangat berharga seperti emas, karena ditahun yang sama adalah dimana harga emas sangat mahal dan sangat sedikit persediaannya.

Pada saat itu, para pencari emas datang dengan penyakit Scorbut karena buah-buahan segar sangat sulit didapatkan, dan jeruk limau mengambil posisi yang utama dalam jenis buah termahal kala itu. Karena para penambang emas tahu bahwa jeruk memiliki kandungan Anti penyakit Scorbut, lalu mereka berani membayar satu dollar Amerika untuk satu buah jeruk limau.

Dengan harga yang begitu mahal, kita jadi mengetahui bagaimana banyak orang  sejak itu menanam jeruk limau dan menjadikannya pasar industri yang baru, tetapi hanya sekitar 26.000 hektar jeruk limau ditanam orang pada saat itu, jika dibandingkan dengan ladang yang jauh lebih luas untuk orang menanam jeruk dengan jenis-jenis lainnya. Kandungan dalam jeruk limau lebih banyak mengandung asam citric daripada buah yang manapun, jeruk limau dapat dipetik setiap bulan sepanjang tahun, buah yang sudah matang akan terlihat berbeda pada batang yang satu dengan buah yang belum matang.

10 Manfaat Jeruk Limau

1. Cara Diet Rendah Kalori Dengan Jeruk Limau

Bagi anda yang ingin memiliki tubuh kurus, jeruk limau adalah solusi yang sungguh dapat diandalkan, karena jeruk limau memiliki kalori yang rendah (tepatnya 20 kal), jeruk limau dapat dijadikan sebagai pengganti mentega pada sayur dan bahan-bahan makanan protein.

Jeruk limau dapat digunakan dalam minuman-minuman penyejuk dengan saccharine tanpa menambahkan jumlah kalori, dapat juga digunakan sebagai pengganti mayonaise atau bisa menjadi bagian bumbu pada salad sayuran.

2. Manfaat Jeruk Limau Untuk Pengganti Garam

Untuk mereka yang sangat gemar makan, jeruk limau dapat menambahkan varian rasa kepada buah-buahan dan air buah-buahan segar lainnya.

Cocktail air tomat akan jauh lebih segar dengan tambahan sepotong jeruk limau yang diperas ke dalamnya, semangka akan lebih terasa segar dan menyejukkan tenggorokkan anda jika diberi tetesan air perasan jeruk limau., atau anda bisa menambahkan air jeruk limau ke buah alpukat dan menambah rasa lezat.

3. Manfaat Jeruk Limau Sebagai Pengganti Cuka

Cuka sangat sering digunakan dalam pembuatan masakan atau bumbu selada, tetapi jeruk limau akan memberikan semua rasa yang terdapat dalam cuka, dan kalau ditambah dengan madu, akan terasa khasiatnya untuk kesehatan, karena salad dengan tambahan jeruk limau akan sangat terasa segar dan nikmat.

4. Manfaat Jeruk Limau Sebagai Campuran Teh

Banyak dari rasa yang segar pada daun-daun yang dipakai untuk dipadukan dengan rasa teh, tetapi teh akan sangat terasa segar dan akan terasa berkhasiat jika ditambahkan perasan air jeruk limau.

5. Manfaat Air Jeruk Limau Dalam Minuman

Suatu minuman sejuk untuk musim panas adalah segelas air jeruk yang diberi rasa manis dengan tambahan daun selasih, dan buah cherry yang disajikan dalam gelas berisi es kepada orang-orang yang berkeringat atau kepada anak-anak yang telah melakukan aktivitas di musim panas, minuman air jeruk limau adalah jauh lebih sangat menyejukkan daripada minuman apapun.

6. Manfaat Jeruk Limau Dalam Masakan

  • Jeruk limau jika ditambahkan ke dalam sayur yang sedang dimasak akan menambah rasa kesegaran pada rasanya.
  • Air jeruk yang diperas dan ditambahkan ke dalam sup dan air buah-buahan akan memberikan rasa yang sangat khas dan istimewa.
  • Jeruk limau adalah alat pemutih alami untuk makanan, dan berguna menjaga kesegaran sayur-sayuran yang berwarna putih agar tetap bagus warnanya, tanpa mengurangi nilai gizi dalam sayuran tersebut.
  • Sedikit air perasan jeruk limau akan membuat warna kentang semakin cantik ketika anda menambahkan air jeruk limau ke dalam kentang yang sedang direbus.
  • Air jeruk limau akan membuat warna pisang, seledri, dan apel tetap segar jika anda mencelupkan nya ke dalam air perasaan jeruk limau.

7. Manfaat Jeruk Limau Untuk Obat Batuk Alami

Air jeruk limau yang ditambahkan air panas sangat baik untuk mengobati batuk, karena air jeruk limau akan mudah mengeluarkan keringat dalam tubuh anda, membantu melancarkan peredaran darah dan melancarkan sirkulasi sel-sel darah putih di dalam tubuh anda.

Air jeruk limau dapat membersihkan saluran pernafasan anda, dan membunuh baksil penyebab batuk, dan air jeruk yang ditambahkan dengan air panas akan membuat tenggorokan anda nyaman, mengurangi sesak akibat batuk dan mengurangi produksi lendir dalam berbagai gangguan yang bersifat alergi.

8. Manfaat Vitamin C Dalam Jeruk Limau

Sebuah jeruk limau berisi 30 milligram Vitamin C, 25 milligram calcium, 14 milligram phospor, dan 20 kalori. Zat-zat vitamin dan mineral buah-buahan merupakan satu sumbangan yang sangat baik kepada kesehatan tubuh anda, disamping melakukan tugasnya dalam makanan yang sehat, jeruk limau mempunyai nilai sebagai alat penyegar dan membuat lezat suatu rasa.

Air jeruk limau akan memberikan perubahan yang menyegarkan bagi ujung-ujung saraf pengecap manis yang bagaikan gula dan sirup, sele, manisan, dan bagaikan gula dan lainnya.

Air jeruk limau dapat dicampur dengan madu sedikit untuk menambah rasa segar dan menghilangkan rasa getir di dalam mulut anda, juga bermanfaat untuk membersihkan seluruh bagian mulut anda dari bakteri.

9. Manfaat Jeruk Limau Untuk Membantu Pencernaan

Asam lambung diperlukan untuk mencernakan bahan makanan seperti karbohidrat dan protein. banyak orang yang sudah lanjut usianya merasa bahwa pencernaan mereka sedikit kurang baik karena kekurangan asam lambung.

Malah banyak orang-orang yang lanjut usia yang mempunyai sedikit atau tidak ada asam lambung sekalipun. asam dari jeruk limau dan jeruk-jeruk yang lain dapat menolong penggantian asam-asam yang demikian serta membuat orang-orang yang lanjut usia merasa senang dengan sistem pencernaan mereka yang kembali baik.

10. Manfaat Lain Dari Jeruk Limau

Ada hasil-hasil yang sangat menarik dari jeruk limau, minyak jeruk dipakai dalam sabun, semir sepatu,semprot nyamuk, semir perabot rumah, tinta pencetak, shampo rambut, minyak wangi dan lain-lain.

Dalam obat-obatan, air limau memberikan kepada kita pectin, yaitu pembawa plasma yang menyelamatkan hidup manusia yang digunakan sebagai pengganti darah kalau ada shock. Setelah air jeruk limau diambil dan minyak diperas, kulitnya dikeringkan untuk makanan ternak, jeruk limau juga dapat di extrak menjadi extrak limau, yang digunakan dalam pembuatan kue-kue, tart, dan makanan seperti roti dan lainnya.

Penutup

Jika artikel ini yang berjudul manfaat jeruk limau ini tidak membuat anda menjadi penggemar buah  yang satu ini, dan membuktikan kepada anda bahwa sesungguhnya dalam jeruk limau ada satu tambang emas untuk aset kesehatan anda dimasa depan. Marilah kita hidup lebih baik dan lebih sehat, coba konsumsi jeruk lemon untuk kegemaran dan kesehatan anda sebagai penunjang aktivitas anda sehari-hari.

Baca Juga Manfaat Dan 7 Keistimewaan Lebah Madu Dalam Islam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel