3 Rahasia Mata Sehat Dan 5 Faktor Kerusakan Mata

klinikabar.com, Cara Memiliki Mata Sehat Dan Mata Indah Dengan Cara Sederhana - Mata adalah salah satu alat tubuh yang paling krusial dalam hidup anda, bayangkan jika anda kehilangan daya pandang anda, tidak hanya kenikmatan visual disekitar anda yang tidak bisa lagi dinikmati, namun anda tidak akan bisa menikmati segala aktivitas seperti sebelumnya disaat mata anda sehat.

Rahasia Mata Sehat

Mata indah anda bukan hanya cerminan jiwa dan senjata pemikat lawan jenis, namun, mata juga adalah alat untuk menjalani setiap aktivitas dengan antusias. Jika tidak dirawat dengan baik, sorot mata anda akan kehilangan kilaunya.


Gambar 3 Rahasia Mata Sehat Dan 5 Faktor Kerusakan Mata


5 Faktor Penyebab Mata Tidak Bersinar Dan Mata Tidak Sehat

1. Kadar Gula Pada Mata

Apa hubungannya diabetes dan kesehatan mata? Benarkah diabetes dapat mengakibatkan kebutaan?. Kadar gula yang tinggi dalam darah pada penderita diabetes mengakibatkan pembuluh darah pada retina rapuh dan mudah pecah. Selain itu, pasokan makanan pada retina berkurang. Hal ini menyebabkan terjadinya neovaskularisasi, yaitu munculnya pembuluh darah baru yang sifatnya mudah pecah. jika terjadinya pendarahan, tentunya retina anda akan dirugikan.

Gula darah yang tinggi pada bola mata juga dapat menimbulkan ketidakstabilan refraksi (daya penglihatan) pada mata. Bagi anda yang mempunyai refraksi mata minus, plus, atau silindris, ukuran refraksi anda akan berubah-ubah. untuk mengatasinya, kunjungi dokter internis dan ahli gizi agar mendapatkan perawatan yang tepat untuk menstabilkan kadar gula darah pada tubuh. Kadar gula yang stabil akan mengurangi risiko pembentukan pembuluh darah baru dan mengurangi terjadinya pendarahan di mata anda.

2. Kegagalan Pada Lasik

Lasik ( laser-assisted in situ keratomileusis) adalah tindakan ataupun upaya untuk memperbaiki dan menghilangkan kelainan pada refraksi mata, ataupun ketika mata anda terdeteksi adanya myopia (minus), hipermyopia (plus), atau adanya astigmate (silindris). Treatment ini tentunya mempunyai risiko, tetapi, dengan adanya teknologi yang semakin canggih, risiko ini bisa terminimalisasi, yaitu kurang dari 1%. Kegagalan, seperti terjadinya kebutaan, bahkan tidak pernah ada. jadi, anda tidak perlu merasa takut.

Yang mungkin terjadi adalah adanya overcorrection ataupun undercorrection. Misalnya, jika seseorang mempunyai refraksi -5, setelah di lakukan lasik makan daya pandangnya menjadi +1. ini artinya ia mengalami overcorrection. Sedangkan jika seseorang mempunyai refraksi -5, setelah dilakukan lasik, maka daya pandangnya berubah -1, maka ia mengalami undercorrection. Untuk mengatasinya, pasien lasik harus mendapatkan pengoreksian, setelh 3 bulan lamanya.

Tidak hanya itu, pemeriksaan rutin setelah menjalani lasik, terlepas dari ada tidaknya masalah under atau overcorrection, tetap wajib dilakukan. kunjungi dokter anda dalam jangka waktu 1 minggu, 1 bulan, 3  bulan, dan 12 bulan setelah operasi sebagai perawatan lanjutan. Sebenarnya, terjadi atau tidak terjadinya suatu kesalahan pada operasi lasik sangat tergantung pada screening dari prelasik. pengecekan mata harus dilakukan secara lengkap dan seksama. Dan anda harus memenuhi syarat untuk melakukan operasi lasik.

3. Kerutan Dan Mata Sembab

Bagaimana cara mengatasi mata sembab dan mengatasi kulit dibawah mata yang gelap dan berkerut? caranya adalah mengoleskan krim mata disekitar mata dapat menghambat kerutan-kerutan ekstra yang ada disekitar mata. Namun krim mata tersebut tidak akan efektif hasilnya jika anda sendiri tidak mempunyai gaya hidup yang sehat. 

Kerutan-kerutan tersebut terjadi akibat bertambahnya usia, dan hanya operasi plastik yang bisa menghilangkan secara tuntas. Cara tepat lainnya untuk mengatasi mata sembab dan mengatasi kulit gelap dibawah mata adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat bergizi, terutama makanan yang mengandung Vitamin A, C dan Vitamin E, Asam folat, selenium dan zat zinc, selain antioksidan untuk menunda proses penuaan. Seimbangkan dengan olahraga yang cukup, dan cobalah untuk lebih easy going dalam menjalani hidup.

Hindari stress, wajah yang cemberut dan wajah yang tegang, karena itu hanya menambah kerutan ekstra disekitar wajah dan mata. Untuk menghilangkan mata sembab, anda bisa memberikan kompres dengan sesuatu yang dingin. misalnya dengan eye mask yang didinginkan, atau dengan menggunakan sekantung teh yang telah dibasahi oleh air sejuk, serta memiliki cukup istirahat.

4. Tidur Tanpa Melepas Contact Lens

Bagaimana akibatnya jika kita lupa melepas contact lens? ketika lupa melepas contact lens sebelum tidur dapat menimbulkan alergi dan infeksi yang dapat merusak kornea mata. Karena selain terjadi gesekan di mata, yang menimbulkan iritasi saat anda tidur. Contact lens bisa jadi tempat terkumpulnya kotoran dan kuman-kuman. jika sudah menimbulkan gejala seperti : terasa perih dan berair, segera kunjungi dokter mata anda. yang penting dalam pemakaian contact lens adalah kedisiplinan.

Contact lens mempunyai kadar kadaluarsa yang berbeda-beda, misalnya bisa dipakai untuk waktu sebulan, enam bulan, bahkan ada contact lens yang hanya memiliki waktu penggunaan hanya satu hari saja. Maka anda harus mentaati peraturan pakai contact lens tersebut. Jika sudah melewati batas waktu, ganti segera dengan contact lens yang baru.

5. Saat Mata Jadi Malas

Lazy eyes atau mata malas adalah suatu kondisi dimana mata anda tidak bisa dipacu lagi untuk mempunyai refraksi yang optimal. Hal ini terjadi akibat anda terlambat menangani kelainan pada daya pandang anda di usia pertumbuhan. Misalnya, pada saat anda masih sekolah dasar, anda harus menggunakan kacamata minus ataupun kacamata plus sebagai perangsang refraksi agar penglihatan anda kembali normal. namun, karena tidak diberikan rangsangan yang memadai, maka mata anda menjadi malas. Hasilnya, saat anda menjadi orang dewasa, contact lens ataupun kacamata tidak lagi mampu membantu anda untuk mendapatkan daya penglihatan yang maksimal.

3 Rahasia Mata Sehat Bersinar

1. Lakukan Pemeriksaan Rutin
Minimal, satu tahun satu kali. Terutama jika anda menderita diabetes, glukoma (mempunyai tekanan darah tinggi pada mata), dan memiliki ukuran refraksi (day pandang) yang tidak normal. Misalnya bermata minus, plus ataupun silindris. dan cobalah mengatasi masalah mata sejak awal.

2. Miliki Gaya Hidup Sehat
Konsumsi makanan bervitamin. misalnya buah-buahan yang mengandung vitamin A,C,E Asam folat, Zinc, dan berbagai asupan yang mengandung antioksidan agar kesehatan mata selalu terjaga. Jangan lupa untuk rutin melakukan olahraga dan cukup istirahat supaya anda selalu awet muda.

3. Lindungi Mata Dari Ultraviolet
Pilih contact lens dengan perlindungan UV yang melindungi kornea dan bagian dalam mata dan bahaya sinar radiasi UV. Atau gunakan kacamata rayban yang memantulkan kembali sinar ultraviolet dan melindungi daerah sekitar mata. Dan anda bisa terhindar dari risiko kebutaan, katarak dan kerutan di sekitar mata.

Penutup

Mata adalah jendela dunia, jika mata kita tidak sehat atau rusak, maka kita tidak bisa melihat indahnya dunia, oleh karena itu, kita harus menjaga mata kita untuk selalu sehat dan menghindarkan mata kita dari kerusakan. Itulah artikel tentang rahasia mata sehat dan faktor kerusakan mata.

Baca Juga Cara Mengatasi Mata Kering Dan Bahaya Dari Mata Kering

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel