6 Cara Mengatasi Mata Kering Dan Bahaya Dari Mata Kering

klinikabar.com Cara Mengatasi Mata Kering Dan Bahaya Mata Kering - Apa akibatnya jika air mata mengering? Dr. Abdul Wahab Muhammad, seorang dokter spesialis penyakit mata beranggapan bahwa penyakit mengeringnya mata adalah penyakit yang paling banyak menyebar di kawasan Arab Saudi yang menimpa masyarakat dari semua kalangan dan semua tingkatan umur.

Kekeringan Pada Mata Dan Mengatasi Mata Kering




Gejalanya sulit untuk beristirahat atau terasa ada benda asing di mata, mata juga tidak mampu melihat sinar dan terkadang mengalami ketidakjelasan pandangan. Gejala ini akan bertambah lagi jika terkena langsung kipas angin, hembusan angin atau udara panas, atau faktor lain yang menyebabkan berkurangnya keseimbangan gerakan kelopak mata secara alami, seperti ketika membaca buku atau bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama. Diantara indikator dari gejala ini bagi penderitanya adalah munculnya keluhan tentang rasa pada mata dan berkurangnya air mata ketika melakukan aktivitas, sebagian lagi mengeluhkan pada banyaknya air mata yang keluar.

Akibat Mata Kering Menimbulkan Pembengkakan

Kekeringan yang disebabkan karena berkurangnya kuantitas curahan air mata yang ada pada penampungan air mata adalah merupakan gejala awal atau pertengahan terhadap penampungan air mata tersebut. Bersamaan dengan gejala itu kemudian timbul rematik dan pembengkakan. Seperti halnya juga terjadinya perubahan-perubahan hormonal yang disebabkan pemakaian obat seperti pil anti kehamilan atau karena bertambahnya usia, maka ini berpengaruh pada berkurangnya kontrol pada proses penyaringan air mata.

Terapi Untuk Mata Kering

Dalam koran Al-Jazeera edisi (11875, Dr, Abdul Wahab Muhammad, menawarkan satu terapi, diantaranya terapi untuk kekeringan mata melalui media berikut :

1. Memeriksakan kelopak mata dan permukaan kornea secara klinis dengan perantara alat bedah sinar laser, mengatur kandungan air mata, dan mengangkat lapisannya ke atas permukaan mata, terapi semacam ini dinilai memadai dalam berbagai situasi.

2. Menggunakan obat tetes, seperti Fluorin dan Ruzabinjal (cendo, finicol, lotte -ed) berguna untuk mengatur distribusi air mata di permukaan mata dan tempat yang terkena gejala kekeringan mata yang diakibatkan oleh ketidaktersediaan kuantitas air mata, terapi semacam ini bertujuan untuk meringankan atau menghilangkan gejala yang dikeluhkan, dan untuk menghalangi terjadinya bahaya bagi kornea mata sebagai akibat dari kekeringan.

6 Tips Menghadapi Mata Kering

1. Sarana dan prasarana yang bertujuan untuk meminimalisir penguapan air mata, diantaranya untuk menjauhi perlawanan terhadap udara panas dan aliran arus angin.

2. Melindungi mata dengan memakai kacamata, kacamata anti sinar matahari, dan menggunakan alat untuk menambah kelembaban udara dalam rangka menjaga kuantitas air mata.

3. Disarankan mengambil beberapa saat untuk istirahat, dan juga bagi mereka yang menggunakan perangkat komputer.

4. Menggunakan berbagai pelembab mata sebagai pengganti dari air mata buatan dan melengkapinya dengan obat tetes mata dan mengoleskan jelly untuk menambah kuantitas kelancaran kerja mata setiap kali mengalami kekeringan yang sangat kering.

5. Melibatkan peran dokter guna mengurangi kelebihan distribusi air mata di mata, dan memperpanjang masa pengaruhnya, baik itu secara alami atau secara buatan dengan cara meletakkan alat penutup bagi terbukanya saluran air mata yang terdapat di sisi bagian dalam pada pinggiran kelopak mata.

6. Menutup saluran air mata yang terbuka secara terus menerus - karena khawatir terjadi luka - di saat situasinya sangat sensitif terhadap peralatan yang disediakan bagi air mata buatan.


7 Cara Menghindari Kekeringan Mata

1. Menjauhi udara panas dan kering

2. Memakai kacamata pelindung dan obat tetes pelembab mata secara teratur

3. Untuk mereka yang bekerja berjam-jam di depan komputer, hendaknya menyediakan minimal 10 menit untuk istirahat dalam setiap jam, sambil menyimpan perangkat komputer di jarak yang sesuai dengan mata. Untuk meminimalkan penguapan air mata dari mata.

4. Biasakan untuk waspada terhadap penyakit tarachum (rabun) yang tidak dikehendaki, khususnya pada situasi yang menuntut untuk melihat dengan tajam, misalnya menonton televisi.

5. Membiasakan menutup dan mengistirahatkan mata dalam aktivitas keseharian yang tidak membutuhkan penggunaan pandangan yang tajam.

6. Berkonsultasi dengan dokter ketika gejala tersebut terasa dan jangan menggunakan obat tetes mata tanpa disertai keterangan dokter.

Kesimpulan

Mata kering atau kekeringan pada mata Ada juga sebab lain yang menimbulkan kestabilan kadar air di permukaan mata sebagai akibat dari kacaunya pengentalan air mata yang lazim, keadaan ini terjadi karena menempelnya air mata dengan mata atau kacaunya kadar basah air mata yang lazim karena minimnya keseimbangan dalam proses penguapan, bisa juga karena kacaunya gerakan kelopak mata dan ketidaksehatan yang menyebabkan air mata tidak terdistribusi pada kornea mata.

Baca Juga Gejala Dan Penyebab Katarak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel