9 Manfaat Puasa Untuk Pengobatan Dan Kesehatan

klinikabar.com Manfaat Puasa Untuk Pengobatan Dan Kesehatan - Terapi puasa untuk pengobatan dan kesehatan ditinjau dari ilmu kesehatan sudah terbukti banyak manfaatnya, puasa tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga bermanfaat untuk segi kejiwaan dan agama. Puasa dapat dilakukan untuk kalangan umat beragama, cara pengobatan dengan puasa telah berkembang pesat di dunia.

Manfaat Puasa Untuk Pengobatan Dan Kesehatan

Manfaat puasa bagi masyarakat di osaka dan kyoto, jepang ada sanatorium puasa sebagai tempat untuk pengobatan dan kesehatan. terapi puasa ini juga telah diteliti secara ilmiah oleh para ilmuan dari amerika, inggris, perancis dan lain-lain.


Gambar 9 Manfaat Puasa Untuk Pengobatan Dan Kesehatan


Tubuh manusia dibekali dengan kemampuan terapi ilmiah. dengan demikian orang yang berpuasa tidak perlu khawatir akan menjadi sakit, karena tubuh mempunyai mekanisme alamiah untuk bertahan, dengan terhimpunnya 600 miliar sel dapat membuat seseorang mampu bertahan hidup.

9 Manfaat Puasa Untuk Mengobati Penyakit

1. Manfaat Puasa Untuk Memberikan Kesempatan Pada Alat Pencernaan Untuk Beristirahat.

Pada saat tidak puasa, alat pencernaan di tubuh bekerja keras untuk mengolah makanan yang masuk. makanan diolah membutuhkan waktu proses sekitar kurang lebih 8 jam, yaitu 4 jam di lambung dan 4 jam di usus kecil. Jika sahur atau makanan masuk sekitar jam 04 pagi, maka pencernaan dapat beristirahat selama kurang lebih 6 jam, yaitu mulai dari jam 12 siang sampai saat berbuka puasa, sekitar jam 18:00.

2. Manfaat Puasa Untuk Membersihkan Racun, Kotoran, dan Ampas Yang Ada Dalam Tubuh.

Dengan berpuasa berarti makanan yang masuk dibatasi, sehingga penumpukan racun, kotoran, dan sampah dalam tubuh dapat dicegah, sehingga tubuh menjadi bersih dari racun, kotoran, dan ampas.

3. Manfaat Puasa Untuk Menjadikan Kulit Lebih Sehat Dan Berseri.

Ketika berpuasa cadangan energy yang tersimpan dikeluarkan sehingga melegakan pernafasan organ-organ tubuh beserta sel-sel penyimpannya. hal ini disebut peremajaan sel, orang yang sering berpuasa biasanya kulitnya menjadi segar dan lembut.

4. Manfaat Puasa Untuk Menyeimbangkan Kadar Asam Dan Basa Dalam Tubuh.

Zat kimia dalam tubuh manusia 80% bersifat alkali dan 20% bersifat asam. dengan melakukan puasa dapat mengurangi zat-zat dalam darah yang bersifat asam dalam darah yang bersifat alkali tetap lemah agar tercapai keseimbangan antara keduanya.

5. Manfaat Puasa Untuk Peremajaan Sel-sel Tubuh.

Organ tubuh terdiri dari jaringan-jaringan yang merupakan kumpulan sel-sel sejenis, ketika tubuh menjalankan puasa, organ-organ tubuh berada pada posisi rileks, sehingga sel-sel tersebut memiliki kesempatan untuk memperbaharui diri, sel-sel baru terbentuk di lapisan dalam kemudian mendesak sel-sel yang sudah tua tersebut untuk mati pada saat mencapai permukaan kulit dan mengelupas.

6. Manfaat Puasa Untuk Menghentikan Makanan Untuk Bakteri, Virus dan Sel Kanker

Dalam tubuh manusia terdapat parasit-parasit yang menumpang hidup, termasuk menumpang makan dan minum. Dengan menghentikan masuknya makanan dan minuman, kuman penyakit, bakteri, virus, dan sel-sel kanker tidak dapat bertahan hidup, mereka keluar melalui cairan tubuh bersama-sama dengan sel-sel yang telah mati.

7. Manfaat Puasa Untuk Menambah Jumlah Sel Darah Putih Dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Dengan penambahan sel darah putih otomatis dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, karena sel darah putih memang berfungsi melawan segala macam bentuk radang didalam tubuh. Menurut hasil penelitian di universitas osaka jepang pada tahun 1930, jumlah sel darah putih akan bertambah pada orang yang berpuasa.

8. Manfaat Puasa Untuk Meningkatkan Fungsi Organ Tubuh.

Puasa berarti memberikan kesempatan beristirahat selama kurang lebih 14 jam terhadap organ tubuh, seperti lambung, ginjal, liver, dan organ lainnya. dengan berpuasa organ tubuh mengalami masa istirahat yang terpelihara, daya tahan tubuh dan taraf kesehatan menjadi prima dan kuat, gerak serta mekanisme tubuh mendapatkan kesempatan untuk rilek, sekaligus memberikan kesempatan pada sel-sel dan jaringan tubuh untuk memperbaharui diri setelah sekian lama bekerja tanpa henti.

9. Manfaat Puasa Untuk Lebih Meningkatkan Kesehatan, Ikutilah Pola Makan Berikut Ini Setelah Anda Menjalani Puasa.

Usahakan setelah menjalani puasa selalu memakan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lain-lain. Untuk penderita penyakit tertentu, dianjurkan tetap mematuhi larangan makanan-makanan yang jadi pantangan, dan mengutamakan makanan yang lunak.

Penutup

Makanan yang dimakan diutamakan makanan yang lunak supaya mudah dicerna, mencoba untuk makan dan minum secukupnya tidak berlebihan, dan setelah puasa, hindarilah minum alkohol, rokok dan makanan berlemak serta cukup beristirahat.

Baca Juga Cara Menjaga Asupan Makanan Selama Puasa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel