Apa Itu Klorofil Dan Kenapa Tumbuhan Memiliki Klorofil

Klinikabar.com, Apa Itu Klorofil Dan Kenapa Tumbuhan Memiliki Klorofil - Apabila kita disuruh memilih salah satu ciri penting yang membedakan tumbuh-tumbuhan dari hewan, maka ciri apakah yang harus kita pilih? Jawabannya yang paling tepat adalah bahwa tumbuhan itu hijau warnanya, tentu saja ada satu atau dua pengecualian dalam hal ini, tetapi sesungguhnya semua tanaman itu tunduk pada suatu hukum dasar, yaitu mereka yang mengandung warna hijau.


Kenapa Tanaman Memiliki Warna Hijau Klorofil

Gambar Apa Itu Klorofil Dan Kenapa Tumbuhan Memiliki Klorofil


Warna hijau pada tanaman itu merupakan salah satu benda yang terpenting di atas permukaan bumi ini, karena zat hijau daun dalam tumbuh-tumbuhan itu, yaitu klorofil, membuka kemungkinan bagi tumbuh-tumbuhan untuk mengambil zat makanan dari dalam akar dan menghirup udara. Lalu kemudian mengolahnya menjadi bahan makanan yang diperlukan untuk kehidupan kita, jika tumbuh-tumbuhan tidak melakukan seperti itu, maka kita manusia dan hewan tidak mungkin bisa bertahan hidup di bumi ini. 

Karena manusia dan hewan tidak akan memperoleh bahan makanan, Bukan? Bahkan mahluk-mahluk yang kelangsungan hidupnya hanya bergantung pada memakan daging binatang lain itu pun dapat terus hidup dikarenakan oleh binatang yang memakan tumbuh-tumbuhan itu, coba anda teliti kembali bagaimana asal-usul semua bahan makanan, maka anda akan temukan bahwa sumbernya selalu dari tumbuhan.

Manfaat Klorofil Bagi Tubuh Manusia

Sekaligus pula anda bisa menyadari bahwa klorofil, zat hijau daun yang mengagumkan ini, sanggup mengolah persediaan zat bahan makanan bagi manusia dan hewan dan merupakan bahan vital bagi kehidupan kita, klorofil terdapat didalam sel-sel daun, terkadang terdapat pada batang tanaman dan bunga-bunga. Dengan bantuan klorofil ini, jaringan sel-sel yang hidup di dalam tubuh-tumbuhan sanggup menyerap tenaga dari cahaya matahari dan menggunakan tenaga ini untuk mengolah bentuk zat-zat kimia non-organik menjadi zat organik atau zat kimiawi yang jadi "penunjang hidup" bagi kita dan proses tersebut disebut "potosintesis", kata potosintesis berasal dari bahasa Yunani yang berarti "cahaya" dan "digabungkan".

Beberapa Macam Tumbuhan Klorofil

Ada beberapa tumbuhan yang tidak memiliki warna hijau, jadi tidak mempunyai klorofil, lalu bagaimanakah cara hidup tumbuh-tumbuhan itu? Jamur dan sejumlah cendawan tidak mengandung klorofil. Oleh sebab itu, mereka tidak bisa menghasilkan makanan sendiri, jamur dan sejumlah cendawan harus memperoleh makanan dengan cara lain dari sesuatu yang lain pula, apabila mereka memperoleh bahan makanan dari tanaman atau dari binatang lainnya, jamur dan sejumlah cendawan disebut sebagai tumbuhan parasit.

Penutup

Bila jamur dan sejumlah cendawan hidup dari sisa bahan makanan atau binatang yang telah mengalami pembusukan. maka jamur dan sejumlah cendawan tersebut disebut "saprofit". Klorofil dapat dikeluarkan dari tanaman oleh manusia dan digunakan dengan berbagai cara untuk berbagai macam keperluan, dalam hal ini makan bakteri-bakteri tertentu turut terbasmi karenanya.

Baca Juga Cara Tumbuhan Kaktus Hidup Tanpa Air

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel