Cara Tumbuhan Kaktus Bisa Hidup Tanpa Air

klinikabar.com, Cara Tumbuhan Kaktus Bisa Hidup Tanpa Air - Bagaimana cara tanaman kaktus bertahan hidup tanpa air? Tanaman Kaktus adalah salah satu makhluk hidup yang bermukim di padang pasir yang pasti berhadapan dengan masalah betapa sulitnya mencari air, bila mahluk ini tidak dapat memecahkan masalah tentang kesulitan air ini, maka jawabannya terhadap pertanyaan ini hanyalah "maut". ini berarti makhluk itu tidak mungkin lagi bisa bertahan hidup terus di padang pasir.

Adaptasi Tumbuhan Kaktus


Gambar Cara Tumbuhan Kaktus Bisa Hidup Tanpa Air


Tumbuhan kaktus tidak bisa hidup jika tidak ada air, walaupun begitu, tumbuhan kaktus bisa hidup di padang pasir. Apa penyebabnya? Tumbuhan Kaktus bisa mengatur dirinya mempertahankan persediaan air itu selama jangka waktu yang panjang tanpa adanya waktu turun hujan.

Cara Kaktus Bertahan Hidup

Caranya tumbuhan kaktus bisa hidup tanpa air itu sungguh mengagumkan, padahal tumbuh-tumbuhan biasa menggunakan sejumlah besar air untuk keperluan hidupnya, air itu diserap oleh daun dari bagian bawah tanaman, kemudian dikeluarkan kembali dalam bentuk uap dan udara. Tetapi kaktus dapat menghindari proses ini oleh karena tumbuhan kaktus tidak mempunyai daun, batang tubuhnya terbentuk sedemikian rupa sehingga sedikit permukaan kulitnya bisa berhadapan langsung dengan sinar matahari.

Jadi hampir tidak ada air yang menguap keluar, perlu dijelaskan, sebagai keterangan tambahan, bahwa batang-batangnya demikian tebal sehingga cukup banyak air dapat disimpan di dalamnya, seluruh batangnya dibungkus oleh sejenis selubung yang tebal untuk melindungi air itu lebih aman lagi dari penguapan. Duri-durinya yang tajam, yang meliputi seluruh batang tubuhnya, juga mencegah binatang-binatang yang haus disekitar itu untuk mengambil manfaat dari persediaan airnya itu, dengan cara ini beberapa jenis tumbuhan kaktus yang besar bisa hidup sampai dua tahun lamanya tanpa mendapat air setetes pun.

Kaktus adalah sejenis tanaman yang mengandung bunga yang bisa mekar dan berkembang menjadi buah yang mengandung biji ini bisa menjadi benih kelanjutan hidupnya, bunga tumbuhan kaktus pada umumnya bagus-bagus. Sebuah padang pasir yang mengalami musim bunga kaktus yang bersemi pada batang tubuhnya, akan memberikan pemandangan yang indah serba warna kuning cerah, merah, dan warna lembayung.

Ada terdapat lebih dari 1000 jenis kaktus, kaktus itu banyak terdapat di wilayah Amerika Selatan dan Amerika Tengah, Meksiko, dan selatan barat daya Amerika Serikat, variasi bentuknya juga beraneka macam, mulai dari jenis bulatan kecil di ujung batang tubuhnya yang muncul rendah di atas permukaan tanah sampai kepala kaktus raksasa jenis Saguaro, yang dijadikan bunga lambang Negara Bagian Arizona, kaktus ini bisa tumbuh dari 30 sampai 70 kaki tingginya. Sari air yang diambil orang dari batang kaktus bisa dibuat bahan obat dan diminum yang diuapkan terlebih dahulu, gula-gula yang lezat dan bahan makanan yang diawetkan dapat dibuat dari batang dan buah kaktus yang sifatnya tegar itu. 

Penutup

Beberapa jenis kaktus kecil dapat kita tanam di halaman sekitar rumah kita, apabila mereka ditanam di dalam pot, maka perlu diperhatikan betul keadaan tanahnya, agar tetap kering, supaya subur, maka tanaman kaktus itu meski disaram, cara menyiramnya adalah dengan waktu penyiraman maksimal 4 hari sekali di musim panas, dan dua minggu sekali di saat musim dingin.

Baca Juga Apa Itu Klorofil Dan Kenapa Tumbuhan Memiliki Klorofil

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel