Cara Menghentikan Pemberian Susu Botol Pada Anak

klinikabar.com, Cara Menghentikan Bayi Minum Susu Dari Botol Dot - Saat ibu ingin menghentikan pemberian susu botol dan menggantinya dengan pemberian susu menggunakan gelas atau cangkir, maka Berlaku Tenang dan Mengikuti Kehendak Bayi, biarkanlah bayi menentukan caranya sendiri, mungkin bayi yang berusia 5-6 bulan mulai bosan minum dari botol dan lebih senang minum dari cangkir, secara bertahap anda harus menaikkan jumlah susu di dalam cangkirnya.

Cara Menghentikan Pemberian Susu Botol


Gambar Cara Menghentikan Pemberian Susu Botol Pada Anak


Berikan juga padanya minum air bening dari cangkir, setelah makan. dengan cara ini bayi direnggangkan dari botolnya sedikit demi sedikit. Kemudian perlahan-lahan lepaskan sama sekali botolnya pada jam-jam dimana perhatiannya paling sedikit pada botolnya. pada minggu itu juga lepaskan satu lagi botolnya.

Botol susu yang terakhir di malam hari merupakan botol yang paling dicintainya, sehingga agak sulit untuk melepaskannya. kemauan bayi untuk berhenti minum dari botol, tidak berlangsung stabil. Pada saat-saat ia sakit, sedang menderita pilek, sedang tumbuh gigi, bayi sering merindukan minum susu dari botol lebih dari biasanya. Dalam hal ini, penuhilah keinginannya, jika masa itu telah berlalu, dengan senang hati ia akan melepas botolnya lagi.

Bayi-bayi yang menolak untuk berhenti minum susu dari botol, sering hanya mau mencoba minum sedikit dari cangkir dan kemudian melemparkan cangkirnya dengan marah, atau mereka pura-pura tidak mengerti kegunaan cangkir itu.

Mereka membiarkan cangkir itu menempel di bibirnya dan membiarkan susu mengalir dari sudut-sudut mulutnya, dan dia akan tersenyum dengan polos. seakan-akan tidak mengerti. Pada umumnya mereka baru mau menerima minum dari cangkir setelah berusia 12 bulan. tetapi mereka masih tetap kurang menyukai dan curiga terhadap isi cangkir sampai bayi tersebut berusia 15 bulan.

Letakkanlah selalu satu gelas kecil berisi 25-50 cc susu di dekat bayi. pada waktu-waktu tertentu, misalnya jika dia sedang bermain-main. mungkin jika bayi itu haus, maka bayi akan tertarik untuk mencoba minum sedikit.

Seandainya anda kebetulan melihat bayi anda minum dari cangkir itu, janganlah anda menyuruh bayi anda untuk minum lebih banyak. anda harus bersikap seakan-akan anda tidak melihat bayi anda minum susu dari cangkir itu. Jika bayi yang penuh curiga ini mau minum susu dari cangkir, tidak berarti dia mau segera melepas botolnya. masih diperlukan waktu beberapa waktu lagi untuk menghentikan minum dari botol secara total.

Terutama pada saat bayi  atau anak anda tidak bisa lepas dari botol susunya di malam hari yang biasa dibawa tidur, ini merupakan hal yang paling sulit dilepaskan oleh bayi dan paling sulit dilakukan oleh ibu yang ingin menghentikan pemberian susu melalui botol kepada anaknya.

Cara Mengulur Waktu Ketika Anak Meminta Susu Dalam Botol

Sebagai orang tua, anda harus pandai mengulur waktu untuk menghentikan anak minum susu dari botol. terkadang seorang bayi dibiarkan oleh orangtuanya untuk minum susu dari botol, lebih lama dari seharusnya.

Biasanya orang-orang tua ini cemas jika melihat bayi minum hanya sedikit saja dari cangkir. misalnya jika pada usia 8 bulan bayi yang biasa minum susu 200 cc di pagi hari, 150 cc susu dan 100 cc susu di malam hari dari cangkir, maka jika ini di malam hari memberi anak atau bayi minum susu dari botol, mungkin bayi masih mau minum beberapa puluh cc susu lagi. Atau jika bayi atau anak anda mau minum sebanyak 200 cc susu dari botol, mungkin dia hanya mau minum 100-150 cc saja dari cangkir.

Bayi yang berusia lebih dari 6 bulan dan sudah mau minum susu dari cangkir dalam jumlah totalnya kira-kira 300 cc sehari, serta tampak tidak begitu mencari lagi botol susunya, sudah dapat dipastikan bahwa anda harus menghentikan memberi bayi anda susu dari botol secara total.

Jika orangtua membiarkan bayi atau anaknya minum susu dari botol, maka makin lama akan semakin sulit bagi orang tua untuk melepaskan kebiasaan minum dari botol. Pada usia 10-15 bulan akan lebih sulit lagi merubah kebiasaannya, kesulitan yang lain yang juga akan timbul, adalah jika orangtua membiasakan bayi tertidur dengan botol susu di mulut pada tahun kedua hidupnya.

Botol susu dipergunakan untuk menidurkannya, atau menyumbat mulutnya setiap bayi atau anak menangis, siang atau malam hari, ayah dan ibu berbaik hati membuatkannya minuman dalam botol setiap saat anaknya atau bayinya menangis tanpa peduli di waktu tengah malam sekalipun. Akibatnya bayi akan menerima 8 botol susu dalam 24 jam, ini berarti anak atau bayi anda minum susu sebanyak 1500-2000 cc sehari. tentu saja bayi tidak akan berselera lagi untuk makan makanan lainnya.

Bayi yang minum terlalu banyak susu dan kurang mendapatkan makanan lainnya akan menderita gangguan keseimbangan zat-zat dalam tubuhnya, bayi akan mudah menderita anemia karena kekurangan zat besi dalam tubuh.

Penutup

Seperti telah kita ketahui, susu hanya mengandung sedikit sekali zat besi, dari segi nutrisi, penting untuk diketahui oleh para orang tua, agar bayi tidak minum susu lebih dari 1000-1200 cc susu per hari. Dari segi perkembangan jiwa, orang tua yang memberi bayi makanan lain selain susu, seakan-akan memberi kesan dalam jiwa bayi, orang tua mengharapkan bayi lebih cepat tumbuh besar, dan bayi pun merasa senang untuk menjadi besar dan kuat seperti ayahnya ataupun kalau anak perempuan, ia akan semangat makan makanan lain untuk menjadi tumbuh besar, cantik dan sehat seperti ibunya.

Baca Juga 7 Alasan Kenapa Anak Sering Menangis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel