Apa Itu Kuman Dan Kenapa Kuman Berbahaya Untuk Manusia

klinikabar.com Apakah Itu Kuman?- Selama ribuan tahun semenjak manusia pertama hidup di permukaan bumi ini, selama hidup dalam keadaan buta tuli tentang apa sebenarnya yang menyebabkan penyakit itu? Manusia primitif membuat penjelasan dan memiliki keyakinan bahwa sebab-sebab yang umum dari penyakit adalah roh-roh jahat yang sempat bertempat di dalam diri korban.

Apa Itu Kuman Dan Kenapa Kuman Berbahaya Untuk Manusia

Pada tahun 1865 ilmu pengetahuan sanggup mengungkap bahwa kuman adalah penyebab utama dari suatu penyakit, Louis Pasteur adalah orang yang pertama kali menyatakan teori tentang kuman sebagai penyebab penyakit seperti yang kita alami hingga sekarang ini.

Gambar Apa Itu Kuman Dan Kenapa Kuman Berbahaya Untuk Manusia


Sekarang ini kita akui bahwa musuh yang paling berbahaya terhadap manusia adalah kuman. Kuman adalah suatu organisme kecil yang memiliki sel satu, demikian sangat kecilnya kuman itu, sehingga kita tidak dapat melihatnya tanpa menggunakan mikroskop. Bahkan ada beberapa jenis yang begitu kecil sehingga tidak bisa terlihat sama sekali.

Kuman yang juga disebut "mikroba" dan "mikroorganisme" itu bisa berbentuk tumbuhan maupun binatang, mikroba yang berbentuk binatang kita sebut dengan "protozoa" atau yang berbentuk tumbuhan kita sebut "bakteri".

Kelompok kuman yang ketiga disebut "virus tembus saringan". Ini berarti bahwa virus itu demikian sangat kecil ukurannya sehingga kuman bisa saja menembus dan melewati lobang saringan yang paling halus sekalipun. tapi, sekalipun ia sanggup menahan jenis kuman yang lebih besar ukurannya.

Setiap jenis kuman berasal dari satu jenis kuman yang khusus dan tidak mungkin dari kuman lainnya, misalnya, kuman mikroba yang menyebabkan penyakit campak tidak mungkin menyebabkan penyakit malaria atau jenis penyakit lain ada pun juga.

Begitu juga kuman penyebab penyakit campak itu tidak mungkin disebabkan oleh kuman lain, kecuali kuman khusus untuk itu. Tetapi kebanyakan dari kuman-kuman itu, yang menimbulkan penyakit yang hebat, masih tergolong satu keluarga pula dengan kuman-kuman yang tidak berbahaya bahkan sangat bermanfaat bagi manusia.

Bila kuman-kuman penyakit tidak berhasil membunuh pasien, maka ia akan dibinasakan oleh tubuh manusia, sehingga kuman-kuman itu lenyap dan menghilang. pada penyakit tertentu seperti campak dan infeksi kelenjar gondok, satu gelombang serangan kuman terhadap pasien malah melindungi pasein itu dari serangan kuman yang kedua yang sama jenisnya.

Perlindungan diri terhadap serangan kedua dari kuman yang sama itu kita sebut dengan "sistem kekebalan aktif". Sejumlah hewan memiliki "kekebalan alamiah", artinya sejumlah hewan tidak mendapat penyakit yang menyerang binatang lainnya. vaksinasi, atau suntik cacar, dan antitoksin dapat memberikan kekebalan pada manusia terhadap serangan kuman-kuman tertentu.

Diantara penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kuman-kuman yang paling kecil atau virus yang dapat menembus saringan, adalah : penyakit campak, penyakit rabies, penyakit cacar, penyakit lumpuh pada anak-anak, penyakit pilek dan influenza, ilmu pengetahuan masih terus menerus mempelajarai organisme kecil yang sering tidak terlihat ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel