Cara Mesin Google Menjawab Pertanyaan Di Seluruh Dunia

klinikabar.com Cara Mesin Google Merespon Atau Menjawab Pertanyaan - Para ahli di Google bercita-cita agar semua pengetahuan bisa dapat diakses dalam waktu sekejap. Apakah ini hanya mimpi? tentu tidak, di Google search engine (www.google.com), pusat layanan pencarian informasi internet yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Cara Google Menjawab Pertanyaan Di Seluruh Dunia


Gambar Cara Mesin Google Menjawab Pertanyaan Di Seluruh Dunia


Ketika kita mengetikan kata " kambing panggang Tuscany "kurang dari setengah detik, Google menjelajah 2.469.940.685 halaman website, memilih 4.340 diantaranya yang mengandung tiga kata tersebut, lalu menampilkan sepuluh hasil pertamanya di komputer. Ini bukan pertama kalinya kita mendapatkan informasi yang lebih cepat, dan tentu saja bukan satu-satunya.

Setiap hari Google merespon lebih dari 150 juta pertanyaan dari, hampir 40% dari permintaan pencarian melalui internet dari seluruh dunia. lalu bagaimana cara kerja Google? Berbeda dengan mesin pencari lainnya yang sudah populer, seperti Alta Vista dan Lycos, Google seolah-olah dapat membaca pikiran kita dan memberikan data yang memuaskan setiap kali kita mengajukan pertanyaan di mesin pencari atau search engine.

Googleplex, demikian kompleks perkantoran Google biasa disebut, adalah bangunan perkantoran yang bergaya modern, serta dikelilingi pepohonan dan hamparan taman. Letaknya tidak jauh dari pintu keluar jalan tol nomor 101 di Mountain View. Suasana di perkantoran Google cukup sejuk, untuk ukuran California.

Bola-bola besar berwarna-warni yang biasanya digunakan untuk olahraga tersebar di karpet, dan bahkan staf yang berjumlah 300 orang ini kerap bermain roller hockey di lahan parkir kantor pusat Google. Kedinamisan itu berasal dari atas, Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, mempunyai ruang kecil yang dipenuhi dengan peralatan komputer, permainan, tongkat hockey, helm, camera, dan peralatan lainnya. Sekalipun mereka adalah otak dibalik kisah sukses salah satu perusahaan dot-com yang masih bertahan hingga saat ini, namun awal pertemuan keduanya kurang menyenangkan.

Awal Mula Sergey Brin Bekerjasama Dengan Larry Page Dalam Mendirikan Google

Tahun 1995, Page, seorang lelaki muda yang langsing, memiliki bahu miring dan raut muka pucat, tiba di Stanford University, untuk kunjungan, untuk kunjungan akhir pekan ke Departemen Ilmu Komputer. Saat berkeliling kampus, dia dipandu oleh seorang lelaki yang berpenampilan kusut, namun memiliki fisik dan sikap yang tenang seperti pesenam.

Orang itu adalah Sergey Brin. Sergey Brin adalah putra seorang Profesor matematika imigran dari Russia yang selalu mengomentari segala hal. Dan Page selalu tidak menyetujui opininya. "Dulu aku menganggap dia itu sangat menjengkelkan," kata Brin, mengomentari awal pertemuan mereka. "Begitu juga denganku," ujar Page. 

Keduanya berargumentasi sepanjang akhir pekan itu, namun mereka menyadari bahwa keduanya bekerja di bidang yang sama, yaitu "menambang" data dalam jumlah besar. Akhirnya mereka memutuskan untuk bekerja sama. Mereka menggunakan World Wide Web - yang saat itu memiliki 30 juta halaman - untuk menguji teori mereka.

Halaman Web secara tetap menampilkan link ke halaman website lain yang relevan, sehingga pengguna internet dapat dengan cepat mengklik - atau "berselancar" - dari satu halaman ke halaman lainnya. Untuk menerapkan ilmunya, kedua mahasiswa itu mengembangkan cara untuk menganalisis link-link ini dan mengetahui berapa kali link tersebut digunakan. "Dengan menghitung berapa kali link tersebut di klik, kami dapat mengurutkannya berdasarkan skala popularitas, " kata Page. Hal itu merupakan kunci dari ide brilian mereka.

Pada saat itu, penggunaan search engine baru dikenal, dan menarik perhatian orang, tapi cara kerjanya tidak terlalu baik. Pencarian untuk kata kunci "universitas," misalnya, akan menghasilkan tampilan yang campur aduk dari website yang tidak jelas, sehingga website penting yang sebenarnya di cari oleh pengguna internet seolah terkubur di dalamnya.

Tampilan website berdasarkan popularitas memungkinkan pencari langsung mendapatkan halaman yang paling sesuai dengan keinginan mereka.

Gagasan tersebut makin lama makin berkembang. link-link itu tidak hanya dapat menampilkan halaman-halaman web berdasarkan permintaan pengguna internet saja, naun juga menyaring halaman web yang "penting" (yaitu, halaman web yang sering diakses berdasarkan popularitas) untuk tampil lebih dulu. namun itu semua masih berupa teori, sehingga Page dan Brin memutuskan untuk membuat sebuah prototipe search engine.

Setelah melihat-melihat pengiriman komputer di gudang penyimpanan universitas, keduanya meminta bantuan untuk mendapatkan komputer untuk keperluan proyek mereka. Komputer di dapat, dan mereka merakitnya di kamar asrama Page.

Mereka berhasil membuat alat yang dapat mencari data dengan cepat. Dalam waktu singkat, search engine mereka melayani 10.000 permintaan pencarian setiap harinya. Namun tidak satu pun perusahaan web besar yang menunjukkan minat pada penemuan ini.

Page dan Brin akhirnya memutuskan untuk menunda pendidikan PhD mereka, dan bergerak sendiri, "ini bukan masalah mencari uang," kata Page. "Kami hanya ingin membagi gagasan kami ke seluruh dunia.

mereka menggalang dana dari teman-teman dan menggunakan kartu kredit mereka hingga batas maksimum, Page dan Brin membeli 111 hard disk, merakit casing yang terbuat dari Lego untuk menempatkan ke-111 hard disk tersebut dan search engine, dan memindahkan kegiatan operasional mereka ke sebuah garasi.

Mereka menjelajahi website untuk mencari nama yang tepat. Akhirnya Page dan Brin memutuskan untuk menggunakan nama "Google" yang berasal dari kata "googol," angka dengan 100 angka nol. 

Sergei Brin Dan Page mereka tidak pernah memasang iklan, namun kecepatan dan keefektifan Google menyebar dari mulut ke mulut. Google dimanfaatkan oleh perusahaan raksasa seperti Virgin.net, BBC, Aol, dan Netscape dan menghasilkan 50 - 100 juta dolar AS setahun.

Saat ini, sekitar 55 juta orang di seluruh dunia menggunakan Google. agar tidak ketinggalan dari ledakan pertumbuhan World Wide Web, mereka terus menambah jumlah komputer. mereka merahasiakan jumlah sebenarnya, namun mungkin mencapai sekitar 16.000 unit.

Keadaan Googleplex

di meja penerima tamu Googleplex, daftar kalimat-kalimat yang terus berubah-ubah ditampilkan pada dinding putih dibelakang resepsionis. Disana terlihat contoh-contoh pertanyaan yang masuk ke Google. Jumlah per detiknya mencapai ribuan. Aneh, tapi mencerminkan hal-hal yang ingin diketahui oleh orang-orang yang di seluruh dunia : kandang hiu, ongkos taxi di Mdrid, pantai-pantai di Prancis, b&b+Ghent, comune di Cerano, benjolan di leher, isu-isu seputar Harry Potter, kata-kata mutiara Shakespeare tentang pernikahan, dan lain-lain.

Cara Google Menjelajah Halaman Website
untuk menemukan setiap jawaban, Google menjelajahi hampir 2,5 miliar halaman website. "bagaikan mencari jarum ditumpukan jerami," kata Daniel Dulitz.

Danil Dulitz adalah seorang perancang perangkat lunak yang besar di daerah peternakan di Dakota Selatan. Pria yang bertubuh tinggi ini, menggunakan kaca mata besar dan berambut pendek. Dia bisa menerbangkan pesawat dan bernyanyi dalam paduan suara, namun minatnya adalah Google dan mengubah dunia," katanya.

setiap bulan Dulitz menghubungkan lebih dari 750 mesin ke dalam "Googlebot" yang akan menjelajahi seluruh World Wide Web. Mendownload 1.000 halaman web per detik, alat ini membaca dan menyusun indeks dari setiap kata, kemudian memberi nilai berdasarkan tingkat kepentingannya (yang paling banyak diakses). Tujuh hari pengoperasian mesin ini kira-kira sebanding dengan menghubungi semua nomor telepon di seluruh dunia.

Siang dan malam, Dulitz dan enam orang anggota timnya memonitor pergerakkan tersebut. "sistem ini sangat kuat, jika kami tidak mengontrolnya, seluruh website seperti Yahoo! atau AOL bisa-bisa tertumpuk dan tidak ada yang dapat mengaksesnya, " jelas Dulitz. kami harus membuat sistem ini berjalan dengan baik".

GWS (Googe Web Server), salah satu pusat data rahasia. "Ini merupakan salah satu dari 200 otak digital yang mengontrol pengoperasian, sepertui "pustakawan" yang berada dibalik meja informasi," ungkap Matt Cutts.

Matt Cutts adalah ahli perangkat lunak, pindah dari Carolina Utara bersama istrinya, untuk bergabung bersama Google, ia yakin bahwa Google akan mampu membawa perubahan kepada dunia, karena Google telah mengubah cara orang untuk mrnggunakan informasi.

Setiap kita mengetikan satu kalimat di search engine Google maka kejadian berikutnya berlangsung dalam satu per ribuan detik :
dalam waktu 10 milidetik "pustakawan" mengecek cache, yaitu rangkaian 12 komputer yang berfungsi menyimpan semua halaman yang baru diakses. "Pustakawan" memeriksa apakan pertanyaan sudah pernah masuk. Belum, jawan cache. Pustakawan kemudian mengirimka pertanyaan kesebuah mixer.

dalam 45 milidetik, mixer itu mengirimkan pertanyaan k 50 komputer yang menyimpan triliunan kata dalam "tumpukan jerami". pertanyaannya : "apa yang kau miliki tentang kambing panggang tuscany?" , salah satunya berkata,"ini 70 halaman yang menempati urutan teratas, dan mixer itu menyatukan seluruh halaman yang berjumlah 4.340 dalam daftar, dimulai dengan pasta plus yang saat itu memperoleh peringkat tertinggi di mesin pencari.

85 milidetik, mixer kembali ke "tumpukan jerami" dan memerintahkan "aku inngin kambing panggang tuscany dengan hurup tebal". Seribu halaman pertama dikutip dan sepuluh peringkat pertama di daftar, termasuk Pasta Plus diantaranya. Halaman web line berasal dari Florida, Australia dan Colorado.

90 milidetik tamplan akhir dari halaman tersebut diperiksa lagi dan tidak sampai sedetik setelah kita mengetikan pertanyaan di search engine, maka daftar tersebut sudah muncul di layar komputer atau handphone kita. dan sekitar 300 komputer yang menangani pertanyaan yang kita ketikan di msin pencari.

Penutup

Halaman-halaman website merupakan bagian dari "gudang" Google. Kita dapat melihat 809 gambar kambing panggang, mencari lebih dari 4.800 katalog mail order. Brin dan Page memiliki mimpi yang lebih besar lagi. "Sekalipun setiap manusia di seluruh muka bumi ini menulis di komputer, setiap saat dan setiap hari, Google dapat menangani informasi dari komputerya" kata Page. sekarang misi mereka dalam membuat informasi di seluruh dunia dapat diperoleh dengan cepat bagi seluruh orang dan meraih gelar PhD mereka.

Baca Juga Cara Submit Google Search Console Langsung Index

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel