Definisi Harga Diri Rendah Dan Penyebab Harga Diri Rendah

klinikabar.com Definisi Harga Diri Rendah - Harga diri rendah adalah perasaan tidak berharga, tidak berarti dan rendah diri yang berkepanjangan akibat evaluasi yang negatif terhadap diri sendiri atau terhadap kemampuan diri. Proses Terjadinya Harga Diri Rendah yaitu Harga diri rendah terjadi pada saat lingkungan mengucilkan dan menuntut lebih dari kemampuannya. Hasil riset Malhi (2008) dalam buku Yosep (2007) menyimpulkan bahwa harga diri rendah diakibatkan oleh rendahnya cita-cita seseorang.

Definisi Harga Diri Rendah Dan Penyebab Harga Diri Rendah

Penderita harga diri rendah selalu melihat lingkungan dengan cara negatif dan menganggap sebagai ancaman untuk dirinya, dan penderita harga diri rendah merasakan bahwa dirinya tidak diterima di lingkungan dan gambaran-gambaran negatif tentang dirinya.

Gambar Definisi Harga Diri Rendah Dan Penyebab Harga Diri Rendah


2 Faktor Atau Penyebab Harga Diri Rendah

1. Faktor Predisposisi
Faktor predisposisi terjadi akibat penolakan orang tua yang tidak realistis, kegagalan yang berulang secara terus menerus, kurang mempunyai tanggung jawab personal, dan ketergantungan pada orang lain.

2. Faktor Presipitasi
Faktor presipitasi adalah kehilangan bagian tubuh, perubahan penampilan atau bentuk tubuh, kegagalan atau produktivitas yang menurun.

14 Tanda- Tanda Harga Diri Rendah

  1. Mengejek dan mengkritik diri sendiri
  2. Merasa bersalah dan khawatir
  3. Menghukum dan menolak diri sendiri
  4. Mengalami gejala fisik
  5. Menunda keputusan
  6. Sulit bergaul
  7. Menghindari kesenangan yang memberikan rasa puas
  8. Merusak diri
  9. Berpakaian tidak rapi
  10. Berkurangnya selera makan
  11. Lebih banyak menunduk
  12. Bicara lambat dengan suara rendah
  13. Kurang memperhatikan perawatan diri.
  14. Marah, sedih dan menangis

Penutup

Cara mengatasi Harga Diri Rendah ada 3 cara, yaitu : dengan cara melakukan terapi teratur dan tidak meninggalkannya atau mengucilkannya. Beri dukungan pada penderita untuk mendapatkan rasa percaya diri dan semangat hidup yang tinggi. Selalu memberikan motivasi yang positif agar penderita harga diri rendah tidak merasa kesepian atau tidak merasa dihindari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel