Manfaat Menabung DNA Untuk Melawan Penyakit

klinikabar.com,  Manfaat Menabung DNA Untuk Melawan Penyakit - Menabung DNA ini ada hubungannya dengan ekonomi dunia, kini ekonomi dunia sedang gundah gulana akibat resersi keuangan global, tapi ada satu harta yang lebih berharga dari apa pun juga, tubuh kita, berbagai jenis penyakit dengan "label" yang aneh dan datang bertubi-tubi menjadi tajuk utama berita di berbagai media elektronik atau pun media cetak. Mengirim rasa takut kepada setiap orang yang mendengar penyebaran dari penyakit-penyakit tersebut, dari mulai SARS, penyakit Sapi gila, Flu burung, Flu Babi hingga beragam jenis penyakit kronis lainnya, dan ide menabung DNA bisa menjadi setitik harapan.

Menabung DNA Untuk Melawan Penyakit


Gambar Manfaat Menabung DNA Dan Modal Melawan Penyakit


Kini sedang dikembangkan tempat penyimpanan data manusia, karena ketika anda menyimpan data tubuh anda, sama dengan anda mempunyai modal untuk memerangi penyakit yang menyerang tubuh anda. Tempat penyimpanan  data tersebut sejenis Bank yang berfungsi untuk menyimpan sampel jaringan tubuh, sel tumor, DNA dan contoh darah yang disebut BioBank. Informasi genetika yang berasal dari setiap sampel berkaitan erat dengan data sejarah medis dan gaya hidup seorang pasien atau seorang pendonor. Jadi bukan uang yang dibutuhkan para peneliti ini, melainkan darah anda, tentu saja "tabungan" di BioBank tidak menghasilkan uang.

BioBank menjadi sangat penting bagi peneliti biomedis, sebab data molekul yang diperoleh akan diperiksa kualitasnya, kemudian di distribusikan kepada para peneliti untuk dijadikan bahan kajian untuk mengembangkan diagnosa modern. Dengan sampel jaringan yang cukup dari orang berpenyakit dan dari orang yang sehat, peneliti dapat melihat profil genetika yang membuat khawatir DNA orang dengan penyakit tertentu, lalu bisa mulai menganalisa dan merawat para individu tersebut secara lebih cermat.

Bayangkan kekuatan dari ribuan sampel yang dapat dijadikan modal untuk menciptakan "obat" berbagai penyakit manusia, tidak hanya kanker, tapi juga obat untuk penyakit jantung, kerusakan otak seperti alzheimer, stroke dan darah tinggi hingga diabetes. Di Inggris saat ini sudah ada banyak BioBank berukuran kecil dan menurut rencana akan didirikan sebuah BioBank skala nasional, UK BioBank. jumlah sampel menurut perkiraan mencapai 500 ribu individu dan mungkin bertambah banyak sampai mencakup hampir seluruh populasi penduduk di wilayah Inggris Raya.

Negara BioBank Untuk Menabung DNA

Negara lain yang sedang membangun BioBank termasuk Kanada, Norwegia dan Swedia. bahkan Islandia, negara dekat Kutub Utara tetap menyimpan aset biologisnya secara aman.lebih dari 60 persen penduduk berusia dewasa di negara Islandia itu telah mendonasikan DNA mereka kepada deCODE genetics, perusahaan yang menjalankan sistem operasional BioBank disana.

Perusahaan deCODE genetics dan Utah Population Database merupakan dua contoh BioBank yang berjalan optimal dan berpotensi menjadi gedung penyimpanan data molekul terbesar di dunia. hingga sekarang jumlah data yang tercatat di Utah Population Database telah mencapai lebih dari 8 juta orang, sementara para ahli kesehatan di National Cancer Institute (NCI) sedang berusaha mendirikan BioBank Nasional Amerka Serikat yang pertama dengan dukungan pemerintah.

Layaknya penyimpanan berbasis DNA lainnya, yang paling penting dari BioBank adalah cara penyimpanan plus akses terhadap dokumen sampel informasi donor secara aman. barisan sampel DNA itu harus dirawat dengan baik dan diminimalisir menurunnya kualitas dari DNA tersebut akibat waktu. Selain itu, DNA harus dilindungi dari kerusakan fisik baik karena kecelakaan atau akibat unsur kesengajaan.

Penutup

Kontroversi tentang hak kepemilikan sampel darah juga mulai beredar, sejauh ini hanya Islandia saja yang punya 3 aturan hukum mengenai kepemilikan fisik serta info yang berkaitan antara DNA dan BioBank, dan itulah tantangannya, selalu menjaga privasi dan memastikan aksesnya terbatas hanya untuk anggota medis dan untuk yang memiliki surat izin pendonor. Terlepas dari semua itu, seperti BioBank bisa menjadi solusi positif untuk pengobatan penyakit dimasa depan, minimal, ditengah isu global warming yang tetap memanas, kita masih punya sedikit harapan dimasa depan untuk para medis menghasilkan obat untuk penyakit-penyakit serius pada manusia.

Baca Juga 3 Pembunuh Kesehatan Yang Ada Di Rumah Kita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel