Pemberian Vaksin Campak, Vaksin Cacar Pada Bayi

klinikabar.com, Manfaat Pemberian Vaksin Campak, Vaksin Gondongan, Vaksin Cacar Pada Anak - Banyak di Negara berkembang tidak menjadi hal yang umum mendapatkan vaksinasi terhadap penyakit campak, hal ini disebabkan oleh harga vaksin yang cukup mahal. Vaksinasi dilakukan pada waktu anak berusia 12 bulan atau setelah usia itu secepatnya keadaan tubuh anak mengijinkan.

Pemberian Vaksin Campak, Vaksin Cacar Pada Bayi

Gambar Pemberian Vaksin Campak, Vaksin Cacar Pada Bayi

Campak bukanlah suatu penyakit yang berbahaya, tetapi tubuh yang lemah karena sedang menderita penyakit campak akan lebih mudah di serang oleh Kuman-kuman penyakit lainnya. Selain itu dapat timbul komplikasi yang berbahaya lebih dari penyakit campak itu. Misalnya, infeksi telinga yang bisa menimbulkan ketulian seumur hidup, radang paru-paru, radang otak atau radang selaput otak yang menimbulkan kerusakan jaringan otak menetap dan dapat menimbulkan cacat pada anak.

Vaksin campak dibuat dari virus campak yang telah dijinakkan, virus dikembangbiakkan dalam telur ayam yang hampir menetas, vaksinasi akan diberikan setelah anak berusia satu tahun, karena sebelumnya anak ini masih memiliki kekebalan terhadap campak yang diperoleh dari ibunya (jika ibu memiliki kekebalan terhadap campak).

Vaksin merangsang tubuh anak membentuk kekebalan yang diharapkan dapat berlangsung seumur hidup anak itu. setelah mendapatkan vaksinasi, biasanya anak akan timbul reaksi seperti menderita penyakit campak yang ringan. 9 dari 10 anak yang mendapatkan vaksinasi akan terserang demam sampai 40 derajat Celsius yang timbul seminggu sesudah disuntikan vaksin. dan berlangsung selama 1 hingga 5 hari, anak akan menderita kelainan kulit ringan.

Sebelum atau bersamaan dengan vaksinasi campak dapat diberikan juga Tuberculine test (test untuk menilai kekebalan bayi terhadap penyakit tuberkulosis atau TBC). Ini karena penyakit campak atau vaksinasi terhadap penyakit campak dapat menyebabkan penyebaran penyakit Tuberculosis atau TBC yang sebelumnya sudah ada tetapi tidak bermanifestasi. Vaksin campak dapat diberikan bersama vaksinasi terhadap campak Jerman ataupun vaksinasi anti gondongan (Mumps-Parotitis Epidemica).

Manfaat Pemberian Vaksin Gondongan Pada Anak

Disarankan pemberian vaksin gondongan pada anak-anak berusia satu tahun atau lebih, gondongan yang menyerang pada anak laki-laki dalam masa puber atau menyerang seorang pria dewasa dapat menimbulkan peradangan dari alat kelamin dan akibatnya akan menyebabkan pria ini mandur.

Manfaat Pemberian Vaksinasi Campak Jerman (German Measles) Pada Anak

Penyakit ini tidak ada di negara Asia, tetapi di Eropa dan di Amerika penyakit ini sangat ditakuti terutama menyerang ibu-ibu yang sedang hamil muda, penyakit ini bisa menimbulkan cacat terhadap bayi yang sedang dikandung. Karena itu di Eropa dan Amerika vaksinasi diberikan pada anak-anak berusia lebih dari 1 tahun, dapat juga diberikan setelah anak lebih besar yaitu menjelang pubertas.

Pemberian vaksin pada wanita hamil dapat menimbulkan cacat seperti jika mendapat infeksi campak itu sendiri, karena itu, tidak disarankan pemberian vaksin campak Jerman pada wanita-wanita yang mungkin akan atau ingin hamil dalam waktu dekat. Pria divaksinasi juga dengan alasan agar mereka tidak menularkan penyakit ini ke ibunya, saudara perempuannya, ataupun ke istrinya.

Manfaat Pemberian Vaksinasi Cacar

Walaupun kini penyakit cacar sudah tidak ada atau sudah tidak dijumpai lagi, tapi sampai saat ini masih dilakukan juga pemberian vaksin terhadap penyakit cacar agar bayi-bayi menjadi kebal terhadap penyakit cacar itu. juga orang-orang yang akan berpergian ke luar negeri harus di vaksinasi terlebih dahulu.

Vaksinasi cacar diberikan pada saat bayi berusia 3 bulan atau kapan saja setelah keadaan tubuh bayi mengijinkan untuk diberikan vaksinasi. dan diulangi 3 tahun sekali atau bila terjadi epidemi.

Vaksinasi cacar tidak boleh dilakukan untuk anak-anak yang menderita Eczema atau penyakit-penyakit kulit lain, karena dapat menimbulkan reaksi yang sangat hebat dan menakutkan sekali. Bahkan anak-anak yang menderita Eczema tidak boleh berdekatan dengan orang yang baru saja mendapatkan vaksinasi cacar, karena mungkin saja nanah akibat vaksinasi cacar jadi dapat mengenai tubuh mereka yang menderita Eczema dan akibatnya mereka memberikan reaksi seperti mendapatkan vaksinasi cacar itu.

Jika vaksinasi tidak dapat diberikan pada anak dengan kelainan-kelainan kulit, tetapi anak pernah kontak dengan penderita cacar, maka anak itu harus diberi suntikan immune globulin terhadap Vaccinia dari manusia (zat anti body).