3 Jenis Program Diet Dan Peran Karbohidrat Dalam Diet

klinikabar.com, 3 Jenis Program Diet Dan Peran Karbohidrat Dalam Diet - Banyak cara menuju langsing, salah satunya dengan melakukan program diet. banyak jenisnya memang, tetapi apa peran karbohidrat sebagai low carbohydrate diet yang diyakini cukup efektif menurunkan berat badan?

Peran Karbohidrat Dalam Program Diet Diet


Gambar 3 Jenis Program Diet Dan Peran Karbohidrat Dalam Diet


Karbohidrat adalah sumber pangan utama yang memberikan energi bagi tubuh. tiga elemen karbohidrat, yaitu karbon, hidrogen dan oksigen saling melengkapi untuk menyehatkan tubuh, diantaranya menghasilkan kalori yang dapat memacu otak dan otot-otot tubuh, memasok energi ke seluruh penjuru tubuh sampai menunjang fungsi kerja alat pernapasan dan jantung. jadi, karbohidrat bukan sesuatu yang harus ditakuti.

Hanya penting untuk diketahui, jenis karbohidrat apa saja yang aman dikonsumsi, yaitu yang tidak menyebabkan tubuh menjadi kegemukan (obesitas). ada dua macam karbohidrat, yaitu karbohidrat simpleks (karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh, seperti gula pasir, sirup, dan gula-gula) dan karbohidrat kompleks (karbohidrat yang diserap tubuh secara perlahan-lahan dan bertahap. contohnya adalah nasi, roti, kentang, jagung dan pasta).

Dalam program diet, jenis karbohidrat komplek inilah yang diandalkan, namun susu rendah lemak tetap harus dikonsumsi sebagai sumber kalsium dan sumber vitamin D. Dalam diet, intinya, batasi jumlah asupan kalori dengan cara memilih jenis panganan yang aman : lemak baik (asam lemak tidak jenuh) yang mengandung omega 3 (ikan laut), omega 6 (jagung dan kacang kedelai) dan omega 9 (alpukat, kacang ebus, minyak zaitun). Sebaliknya, hindari makanan bersantan dengan lemak jenuh (berkolesterol), gorengan, minuman dengan tinggi gula (soft drink) dan juga yang memiliki karbohidrat tinggi.

3 Jenis Program Diet Yang Efektif

1. Diet Golongan Darah (Blood Type Diet)

Diet golongan darah ini yang menganjurkan dan menghindarkan diri dari makanan tertentu sesuai dengan golongan darah anda.

2. Diet Buah

Diet buah ini hanya memperbolehkan buah-buahan saja, diet ini kurang disarankan, karena memungkinkan tubuh mengalami kekurangan bahan bakar protein, sehingga efeknya bisa membahayakan proses kerja organ tubuh.

3. Food Combining

Program diet Food Combining ini didasarkan pada teori bahwa setiap makanan butuh waktu penyerapan berbeda-beda, sehingga perlu diatur kapan mengkonsumsinya agar efeknya positif bagi tubuh. Misalnya, protein lebih lama diserap tubuh dibandingkan dengan karbohidrat, sehingga mengkonsumsinya tidak bersamaan. Sedangkan protein dan karbohidrat boleh digabung dengan sayuran. Buah-buahan dikonsumsi waktu awal sebelum mengkonsumsi apapun.

Penutup

Diet rendah karbohidrat pada awalnya memang memberikan hasil yang sangat menggembirakan. berat badan turun dengan cepat, terutama pada dua-tiga bulan pertama, tapi setelah enam bulan berlalu, bobot tubuh akan turun pelan dan sedikit pelan sekali. Karena itu disarankan untuk berdiet gizi seimbang dan rendah kalori saja. Berat badan akan turun terus meski perlahan tapi pasti. jadi, tetap ada karbohidrat, protein dan lemak baik dalam cukup di menu makan anda setiap hari. Komposisi makanannya lengkap, hanya jumlahnya saja dikurangi. Dengan demikian metabolisme tubuh tetap terjaga dan lebih aman. jangan lupa berolahraga juga untuk hasil yang sempurna.

Baca Juga Cara Melangsingkan Tubuh Dengan Susu Dan Yogurt

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel