Perkembangan Janin Minggu Ke 5 Dan 6 Kehamilan

klinikabar.com, Perkembangan Janin Minggu Ke 5 Dan 6 Kehamilan - Perkembangan janin dari minggu ke minggu sangat menakjubkan bila kita memperhatikan dengan detail bagaimana pertumbuhan dan perkembangan seorang calon manusia baru? Kekaguman kita rasanya tidak akan pernah berhenti. Oleh karena kita harus mengetahui bagaimana perkembangan bayi di usia 5 minggu dan kehamilan 6 minggu.

Perkembangan Janin Minggu Ke 5 Dan Minggu Ke 6 Kehamilan


Gambar Perkembangan Janin Minggu Ke 5 Dan 7 Kehamilan


Di minggu ke-5 kehamilan, giliran sistem pencernaan dan pendengaran mulai tumbuh dan menunjukkan perkembangan. Dan di minggu ke -6 kehamilan mulai bisa terdeteksi. Padahal mata, dan cikal-bakal hidung sudah terbentuk. Begitu juga kandung kemih. Lalu di minggu ke-7 proses penulangan dimulai, jari-jari pun sudah mulai terpisah dilengkapi dengan gurat-gurat yang kelak membentuk sidik jari.

Perkembangan Janin Di Usia 5 Minggu

Panjang embrio diperkirakan sekitar 5-7 mm. Struktur muka secara keseluruhan mulai bisa "terbaca". Alur-alur halus yang dalam perkembangan selanjutnya perubahan menjadi lensa mata, kini menenggelamkan diri ke dalam cawan mata yang bekal berubah jadi bola mata. 

Sementara pembentukan telinga makin serupa dengan bertunasnya cikal-bakal duktus endolimfatiekus pada gelembung telinga. Duktus endolimfatikus ini adalah saluran yang kelak berfungsi sebagai tempat mengalirnya cairan atau larutan isotonik dengan konsentrasi natrium tinggi dan kalium rendah yang bertugas menjaga keseimbangan telinga bagian dalam. 

Lengkung kepala dan lingkung tengkuk sangat menonjol, hingga embrio masih menyerupai huruf C. Di minggu ini pula cikal-bakal batang tenggorok/trakea mulai terlihat. Begitu juga paru-paru meski masih dalam bentuk tunas-tunas.

Sementara cikal-bakal lambung masih dalam bentuk memanjang. Di bawahnya terdapat cikal-bakal pankreas ventral/depan maupun dorsal/belakang, dan cikal-bakal kandung empedu. Bahkan cikal-bakal usus buntu sudah bisa dibedakan dari usus besar dengan posisinya yang lebih turun.

Bakal ginjal dan hati pun sudah terbentuk. Pada kloaka (karena lubang usus dan saluran urgenital masih menyatu) bermuara saluran mesonefros (yang kelak akan digantikan oleh ginjal tetap) dan tunas ureter atau saluran kemih. Dengan demikian, perkembangan cikal-bakal sistem pencernaan makin sempurna. Begitu juga lengan dan tungkai disiapkan sebagai tunas-tunas yang berbentuk pengayuh.

Bahkan otot-otot punggung sejati sudah terbentuk. Sementara selom atau rongga intraembrional membagi diri menjadi rongga perikardium (kantung selaput yang membungkus jantung) dan rongga peritoneum atau perut. Kedua rongga ini tetap saling berhubungan melalui sepasang terusan yang didalam terdapat tunas paru-paru yang dibungkus oleh pleura (saluran paru-paru).

Perkembangan Janin Di Minggu Ke 6 Kehamilan

Saat usia kandungan 7 minggu, saat itu tubuh embrio yang diperkirakan berukuran sekitar 7-9 mm dilengkapi dengan ekor dan kepala yang menyerupai kepala reptilia. Sementara rahim si ibu sudah mengalami pembesaran meski secara kasat mata awam masih sulit memastikan, apakah yang bersangkutan sedang hamil atau tidak.

Cikal-bakal indera penciuman masih berupa alur-alur kecil yang berbatasan dengan bagian otak. Begitu juga dengan indera penglihatan yang kian memperjelas keberadaan lensa mata dan bakal mata secara keseluruhan. Kendati struktur mata sudah terbentuk, posisis kedua mata masih berjauhan. 

Di tengah-tengah wajah muncul tonjolan yang merupakan cikal-bakal hidung. Sementara anggota gerak tubuh atas, yaitu tunas-tunas lengan, membentuk sudut ke arah depan yang merupakan awal perkembangan siku. 

Sedangkan tunas-tunas tungkai ,asih tampak sebagai tonjolan dari batang tubuh, tidak ubahnya seperti papan pengayuh. Bahkan ruas-ruas tulang belakang juga sudah terbentuk meski masih terlihat samar.

Organ tubuhn lain yang mulai berkemabng di usia kehamilan ini adalah kandung kemih dan pembungkus-pembungkus saraf. Kekurangan asam folat atau anemia akun yang dialami di ibu,bisa mengakibatkan janin mengalami fetal neural tube defect (gangguan tabung saraf) dengan tidak terbentuknya sebagian tulang belakang janin, kepala, dan otak janin yang bisa berujung pada kecacatan mayor. Misalnya, anensefalus (janin tanpa tempurung kepala) dan spina bifida (tulang belakang berlubang).

Jantung pun mengalami perkembangan lebih lanjut dengan terbentuknya lintas alir keluar yang berasal dari lengkung-lengkung aorta.

Pembuluh-pembuluh nadi di bagian kepala pun kian jelas terbagi-bagi menurut tugas masing-masing. Disini terdapat satu lengkung pembuluh nadi yang berasal dari arteri karotis (pembuluh nadi leher), arteri vertebralis (pembuluh nadi tulang belakang) dan arteri basilaris (pembuluh nadi basal atau dasar otak).

Pleksus venosus (anyaman saraf pembuluh darah balik) diatas gelembung otak membentuk tiga batang pembuluh darah balik yang bermuara ke dalam vena kardinalis anterior.

Manfaat Asam Folat

Asam folat yang banyak terkandung dalam sayuran berwarna hijau, terbukti merupakan unsur yang amat bermanfaat bagi kehamilan. Kekurangan asam folat ternyata menimbulkan kecacatan pada sistem tabung saraf. Semisal tidak terbentuknya tulang tengkorak (anensefalus) atau tidak menutupnya tulang belakang (spina bifida).

Asam folat adalah salah satu gugus yang berperan dalam pembentukan DNA pada proses eritropoesis (pembentukan sel-sel darah merah/ eritrosit) dan perkembangan sistem saraf.

Dalam keadaan normal, tubuh memerlukan 50 mikrogram asam folat. Jika dalam sehari asam folat yang diserap tubuh kurang dari 50 mikrogram, maka dalam 4 bulan yang bersangkutan akan terkena defisiensi asam folat. Kekurangan asam folat atau folic acid akan menyebabkan anemia megaloblastik, yakni menurunnya jumlah eritrosit yang beredar atau konsentrasi hemoglobinnya. Akibatnya, ada penurunan transportasi oksigen dari paru.

Kebutuhan asam folat meningkat tajam selama kehamilan, yaitu menjadi 800 mikrogram hingga 1 miligram per hari. Asam folat terdapat banyak dalam organ tubuh hewan, semacam hati. Juga dalam sayuran hijau seperti bayam, asparagus, brokoli, serta buah-buahan.

Penutup

Namun sangat sulit jika hanya mengandalkan dari mengkonsumsi makanan, mengingat kebutuhan akan asam folat cukup tinggi, hingga mau tidak mau harus dibantu dengan tablet asam folat. apalagi asam folat dalam makanan sangat rentan terhadap pemanasan tinggi.

Baca Juga Manfaat Senam Hamil Dan Sensasi Gerak Janin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel