Gejala Apendisitis, Penyebab Dan Cara Mengobati Usus Buntu

klinikabar.com Gejala Apendisitis, Penyebab Dan Cara Mengobati Usus Buntu - Apa Itu Apendisitis Atau Radang Usus Buntu? Apendisitis atau radang usus buntu adalah suatu radang akut pada usus buntu (apendiks) dapat terjadi pada usia kapan pun. tetapi usia remaja adalah yang paling rentan terserang penyakit apendisitas ini.

Penyebab Dan Cara Mengobati Usus Buntu

Apendiks adalah bagian usus- suatu saluran buntu di bagian kanan bawah perut, bila ia meradang ia begitu akut, tidak ada sesuatu yang begitu sering disalahkan seperti suatu apendiks - baik ia meradang atau tidak, dan bila ia meradang maka diperlukan pengobatan dengan segera.


Gambar Gejala Apendisitis, Penyebab Dan Cara Mengobati Usus Buntu


Tanda Dan Gejala Apendisitis Atau Usus Buntu 

Akan terdapat nyeri perut yang mendadak, biasanya dimulai dari bagian tengah perut dan kemudian berpindah kebagian perut kanan bawah,  tetapi pola ini tidak tetap pada anak-anak. Sering nyeri  tidak akan terlokalisasi pada bagian perut kanan bawah, namun tetap ditengah, tetapi nyeri ini akan parah dan berlangsung terus menerus. Juga timbul muntah dan pada anak-anak biasanya juga terdapat diare, mungkin juga terdapat demam dan anak akan merasa sangat tidak sehat.

Apendisitis sulit didiagnosa dengan tepat - terutama jika hanya terdapat beberapa tanda klasik. sehingga jangan mencoba membuat diagnosis sendiri, jika ada keraguan terhadap nyeri perut pada anak anda, segera hubungi dokter seketika, jauh lebih baik suatu konsultasi yang tidak diperlukan daripada anak anda sakit serius dengan usus buntu yang pecah. Hal ini dapat terjadi jika tidak diberikan pengobatan dalam waktu 24 jam. kemudian akan timbul peritonitis - radang pelapis rongga perut dan ini merupakan keadaan yang mengancam nyawa.

Cara Mengobati Apendisitis Atau Radang Usus Buntu.

Pengobatan apendisitis atau radang usus buntu meliputi pembuangan apendiks dengan operasi, dibawah pembiusan umum. Diperlukan tinggal beberapa hari di rumah sakit setelah operasi ini dan benang jahitan akan dibuka tujuh sampai sepuluh kali setelah operasi. Penyembuhan, terutama dalam kelompok usia muda ini, berlangsung cepat dan sempurna.

Penutup

Apendisitis adalah keadaan yang pernah didengar oleh setiap orang dan diingat-ingat oleh ibu-ibu bila suatu hari anak-nya mengeluh "nyeri perut". Jika anda meragukan tentang penyebab nyeri perut pada anak anda, jangan ragu-ragu untuk segera menghubungi dokter jika anak anda menderita nyeri perut adalah sebagai berikut :

1. Jika nyeri perut berlangsung lebih dari 3 hari.
2.Jika nyeri perut disertai diare dan muntah.
3.Jika anak anda mengatakan bahwa nyeri perut berbeda dari nyeri perut seperti biasanya.

Baca Juga Gejala Dan Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel