12 Cara Menuju Sukses Dalam Karir

klinikabar.com, Cara Menuju Sukses Dalam Karir - Setiap kita bertanya pada rekan kerja yang telah meraih sukses terlebih dahulu tentang apa cara yang paling mujarab menuju sukses? Pasti jawabannya adalah anda harus menjadi seorang yang pekerja keras yang baik. Kenapa? Karena ada dua alasan yaitu : Pertama, Kerja akan secara langsung memberi anda pengakuan, uang dan rasa percaya diri yang membuat hidup terasa menyenangkan. Kedua, pekerja yang baik akan merasa lebih bergairah lagi ketika menanti pengakuan, uang dan rasa percaya diri tersebut.

Menuju Sukses Dalam Karir


Gambar 12 Cara Menuju Sukses Dalam Karir


Jadi jika anda baru saja ingin memulai mimpi besar seperti senior anda atau pemimpin perusahaan dimana anda bekerja, ini adalah setumpuk cara dalam bekerja yang para pemimpin dapatkan sepanjang pendakian menuju puncak karir.

12 Cara Menuju Sukses Dalam Karier

1. Cari Tahu Makna Kerja Keras

Selagi usia anda masih muda, bekerjalah dengan keras. Ketahui fan kerjakan sebanyak mungkin pekerjaan-pekerjaan yang sanggup anda lakukan, seperti merapikan file kantor, mendata nama-nama klien, supplier ataupun mendata tukang-tukang reparasi yang pernah atau mungkin akan berhubungan dengan perusahaan dimana anda bekerja, dan sebagainya.

Mungkin hal seperti itu bukan gagasan menopang karir yang hebat, tapi anda harus percaya bahwa apapun pekerjaan yang anda anggap sepele sekarang, adalah bagian dari anak tangga menuju puncak kesuksesan. Salah satu tugas kesekretarisan yang tidak pernah dilakukan seorang pekerja baru biasanya adalah mengetik nama-nama pada badge karyawan- apakah itu sebuah kreatifitas? Tidak. Tapi jiwa dalam pekerjaan yang seberapa itu memerlukan ketekunan yang akan terus menempel hingga pekerjaan berikutnya, yang bisa jadi tiga kali lebih hebat, karena anda sedang belajar menjadi seorang yang profesional.

2. Jadilah Seorang Penurut Terlebih Dahulu

Walaupun anda merasa kesal, anda harus tetap mengatakan ya untuk apapun yang sifatnya memberikan pertolongan kepada bos anda - meski itu permintaan untuk suatu urusan pribadi sekalipun! Tidak perlu mempedulikan apakah itu layak dikerjakan atau tidak, anda hanya berniat menolong! Tuhan pun tahu bahwa anda tidak akan membawa pekerjaan ke rumah untuk mereka, ini hanya demi diri anda sendiri. Dan hal ini berlaku untuk menolong rekan kerja lain, termasuk sesama karyawan yang paling menyebalkan sekalipun.

Ingat, orang baik akan sampai menuju puncak terlebih dahulu. Hanya jika bisa, pastikan agar kebaikan itu juga dilihat dan dijadikan point plus untuk kredit anda - tidak ada gunanya datang di hari sabtu jika tidak ada satupun anda berada di kantor membela pekerjaan seperti itu.

3. Terima Dan Minta Pekerjaan Tambahan, Tapi Bukan Berarti Menjadi Seorang Pesuruh

Anda mungkin belum siap untuk mewakili perusahaan dalam suatu seminar, misalnya, tapi jangan sampai mereka luput melihat hal yang sebenarnya anda mampu kerjakan. Jika anda mempunyai ide-ide tentang bagaimana anda dapat mengorganisasi departemen anda dengan lebih baik., maka sebaiknya anda berbicara! Tapi hati-hati : Pastikan bahwa anda sudah mempersiapkan siri untuk menangani tugas-tugas yang anda minta, karena kalau anda tidak siap, maka bisa jadi diri anda sendiri yang terjerembab.

Satu-satunya cara untuk meraih kesuksesan adalah dengan tidak memaksakan sesuatu yang tidak anda kuasai, seperti mendorong teman-teman, atasan anda untuk memberi anda kesempatan besar terlalu cepat. Anda mungkin akan beruntung karena anda tidak harus melalui jenis-jenis pekerjaan di bawah. Tapi dengan menjadi pekerja keras yang baik, bekerja keras dalam pekerjaan anda, mengerjakan lebih dari tugas-tugas rutin, belajar dan menambah wawasan serta pengetahuan, percayalah, anda akan mendapat balasan yang baik.

4. Selalu datang Tepat Waktu

Aturan yang paling penting untuk setiap pekerja adalah dalam hal ketepatan waktu datang, bahkan jika mungkin anda datang lebih awal dari waktu yang telah ditetapkan. Kedisiplinan adalah suatu yang bernilai untuk ditaati sementara anda belum cukup pengetahuan dan belum cukup pengalaman, maka saat itulah anda akan dikenang sebagai karyawan yang ringan kaki dan bisa mengetik dengan baik, dan bos pun akan mulai mempercayakan sejumlah pekerjaan yang memiliki kelas bergengsi dalam perusahaan.

5. Selalu Kerjakan Apa Yang Diperintahkan Bos

Cara mutlak yang terbaik agar bisa diperhatikan dan disayang sebelum anda benar-benar briliant dalam pekerjaan adalah dengan cara mengerjakan apapun tugas yang diberikan sesegera mungkin. dan bos anda akan mempertahankan mati-matian ketika anda minta pindah ke departemen lain walau pun bos anda harus menaikkan gaji anda 100% untuk mempertahankan anda, dan anda berhak mendapatkan itu jika anda selalu menuruti perintah bos apalagi disertai dengan inisiatif dan kreatif.

6. Bersikap Agresif Tanpa Memperlihatkan

Kita semua tahu bahwa para pekerja yang bekerja sangat cepat, bicara dengan penuh dramatis dan bersikap penting, membuat sebagian dari kita merasa sedikit tidak simpati. Dan kita pernah menyaksikan para karyawan yang berbicara penuh dramatis dapat mencapai puncak karir, tapi tidak lama kemudian karirnya merosot lagi ke bawah, dan itu terjadi hanya karena keagresifan saja yang mereka miliki.

Dari Pelajaran diatas mengatakan betapa tidak ada yang sanggup mengalahkan kekuatan otak,keramahan sikap dan kerja keras. Anda memang harus agresif secara diam-diam dan senantiasa membuka mata serta telinga untuk wawasan yang lebih luas.

7. Perhatikan Penampilan

Menyesuaikan diri dengan gaya interior kantor merupakan salah satu cara Dress for success. Tapi itu tidak mutlak. Yang penting, jika anda ingin tampil spektakuler-tetap lah dengan rasa percaya diri yang tinggi, karena kita tidak pernah melihat seorang karyawan kehilangan promosi jabatan hanya karena apa yang ia kenakan, jika otak dan semangatnya digunakan pada tempat dan situasi yang seharusnya.

8. Jangan Mencampur Urusan Pribadi Dengan Urusan Pekerjaan

Berbagi perasaan dengan teman di satu kantor memang boleh, tapi jangan banjiri bos anda dengan too much information tentang hidup anda! Dia memang harus mengetahui problem-problem yang serius; tapi jangan gunakan dia sebagai tempat curahan hati harian bagi anda.

9. Selalu Mengutamakan Bos

Sudah menjadi suatu kewajiban anda untuk membuat bos anda terlihat hebat. Tidak perlu takut dengan kemungkinan dia mengambil credit point dari apa yang sebenarnya anda lakukan. Dan bos anda akan mengambilnya, tapi akibatnya tidak akan seburuk yang anda bayangkan. Jika bos anda naik jabatan, maka karir anda akan naik pula.

Jadi walau tidak kebagian oenilaian secara langsung, usaha anda tidak akan kehilangan nilai sama sekali. Seseorang yang bekerja dengan baik, bagaimanapun akan dilihat. Dan tanpa disadari kebaikan yangand anda lakukan itu akan menyebar luas.

10. Lakukan Trik Bertelepon

Banyak aktivitas bisnis yang anda lakukan melalui sambungan telepon, dan anda harus menggunakan trik sebagai berikut :
  • Meski orang yang ditelepon selalu menjawab telepon dari anda, maka anda wajib menanyakan apakah dia sedang sibuk atau tidak
  • Ucapkan terimakasih pada orang yang lebih tinggi jabatannya dari anda, jika ia balik menelepon anda.
  • Tidak usah ragu untuk memutuskan percakapan telepon yang hanya buang-buang waktu saja. Katakan anda sedang ditunggu seseorang atau anda dapat mengatakan bahwa anda sedang sibuk.

11. Belajar Menerima Pukulan

Orang tersukses di dunia pun ternyata masih begitu lemah dalam menghadapi masalah-masalah sulit. Jika anda masih punya keinginan-keinginan dalam hal apapun, anda pasti akan sering berhadapan dengan hal-hal yang menyakitkan. Tapi jangan takut dalam menghadapinya. Gunakan itu sebagai pengalaman yang menguatkan anda di proyek selanjutnya.

12. Akrab Dengan Semua Orang Terutama Dengan Bos

Mampu menjalin keakraban dengan rekan kerja, punya andil 50% sampai 70% dalam tercapainya kesuksesan anda. Tapi keakraban itu tidak harus diartikan sebagai "heboh" atau "kocak" atau bahkan "populer".

Baca Juga Tips Jitu Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Diterima

Penutup

Begitulah cara menuju sukses, anda mau kan berjanji untuk mengikuti langkah-langkah diatas demi kesuksesan karir anda?

Baca Juga 4 Rahasia Memenangkan Politik Kantor

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel