4 Rahasia Memenangkan Permainan Politik Kantor

klinikabar.com, Rahasia Memenangkan Permainan Politik Kantor - Memenangkan permainan politik kantor dan permainan versi bos di kantor sehingga entah apa dosa anda, bos di kantor memilih anda sebagai sasaran kritik pedasnya. Bos anda sebenarnya orangnya enak dan bisa terbuka dan bicara jujur, perhatian, melindungi dan hangat. Pokoknya bos adalah orang idea. Suasana kerja terasa kondusif setiap kali anda usai berkomunikasi dengannya.

Memenangkan Permainan Politik Kantor


Gambar 4 Rahasia Memenangkan Permainan Politik Kantor



Sekarang buka mata anda lebar-lebar dan lihat realita. Jangan cepat terbuai, bukan mustahil bos anda yang nilainya 9,9 itu suatu saat bisa berubah menjadi monster, menjadi monster dalam artian, bos anda jadi begitu menuntut, susah ditebak, dan keras seperti batu karang. Bos, bagaimanapun tetap seorang manusia, dia berubah mungkin mendapat tekanan dari bos yang lebih atas lagi. Begitu pula dengan anda. Sebagai manusia yang dengan suasana batin yang turun naik, tidak mustahil dihinggapi pikiran yang jelek menghadapi situasi seperti ini, dan menyangka bos menikmati keadaan ini.

Bisa jadi anda benar. Bukan rahasia baru kalau para bos suka bermain politik dan melempar intrik dengan tujuan tertentu. Sengaja menciptakan kondisi persaingan yang hebat di kalangan anak buahnya, atau menguji mental staf dengan cara menatap kosong mata anda dan bibir terkunci. Yang ada anda menjadi salah tingkah.

Terkadang di situasi lain, Bos berlagak garang agar kru dibawahnya terpacu untuk bekerja lebih keras lagi dan lebih berprestasi lagi. Tapi, boleh jadi sikap X-files-nya itu buka suatu kesengajaan. Makanya, hati-hati dalam menanggapi situasi seperti ini. Salah bersikap maka karir anda menjadi taruhannya.

4 Rahasia Memenangkan Permainan Politik Kantor

Tujuan Atau Motivasi Di Balik Sikap Bos Dan Cara Menghadapinya

1. Ketika Bos Diam Membisu

Anda menghadap bos, lalu menyampaikan gagasan yang menurut anda gagasan itu sangat brilian. Selesai anda berbicara, Bos yang terhormat itu diam seribu bahasa, hanya matanya saja yang menatap lurus ke arah anda. Memang cuman sekejap, tapi hal itu membuat anda merasa tatapan itu serasa seabad lamanya, dan ingin kabur keluar secepat kilat. Mungkin anda berpikir bahwa bos menilai gagasan anda tersebut adalah gagasan yang idiot.

Analisa Permainan Bos
Kendalikan temperamen paranoid anda. Jangan berpikir jelek dahulu, Jauh lebih bijak kalau anda memikirkan kemungkinan lain, seperti : mungkin bos sedang merenungkan usulan dan perkataan anda. Karena sebagai bos, ia dituntut untuk tidak terburu-buru memutuskan atau menolak gagasan yang masuk. Makanya setiap kali seorang staf datang dan menyampaikan idenya, seorang bos biasanya butuh waktu untuk mencerna. Tentu pada saat berpikir, bos perlu diam sejenak.

Atau bos mempunyai maksud terselubung yang lain? Anda curiga, dan anda benar. Aksi berdiam diri yang cukup lama itu boleh jadi merupakan triknya untuk menghimpun kekuatan, atau bos ingin melihat reaksi anda pada saat anda tertekan.

Cara Mengatasinya Bos Yang Diam Seribu Bahasa
Cara mengatasi bos yang diam seribu bahasa ketika anda mengutarakan suatu ide, adalah tetap tenang. Tunjukkan kalau anda mampu menjawab tantangan sang bos walau tampak tersudut pun, anda mampu menguasai diri, walau sebenarnya anda tidak tahan didiamkan begitu saja dan sebenarnya anda ingin buka mulut baik itu sekedar bercanda atau bicara basa basi, namun hal itu jangan sekali-kali dilakukan karena akan membuat muka bos anda menjadi merah padam.

Supaya kepala tidak berdenyut saat perang mental dengan bos berlangsung. Hitung dalam hati dari mulai satu hingga moment jeda itu berlangsung, jika momen jeda itu berlangsung lebih dari 10 detik, mungkin bos anda punya maksud lain. bos anda mungkin perlu informasi tambahan yang mendukung gagasan anda itu.

Ini masalahnya, berikan bos anda masukkan lagi, berikut detailnya. Atau ajukan pertanyaan seperti "ada yang belum jelas dan mungkin bisa saya jelaskan?

2. Bos Memberikan Penugasan Yang Mengambang

Persaingan ditempat kerja adalah soal biasa. Tapi pasti ada situasi yang membuat anda merasa cemas ketika bos mengatakan bahwa semua staf berpeluang untuk mengurus keuangan perusahaannya.

Analisa Permainan
Bos yang baik umumnya sengaja menciptakan lingkungan kerja yang kompetitif, sekaligus menumbuhkan motivasi maju dikalangan anak buahnya.

Cara Menghadapinya
Mundur selangkah dan pasang kuda-kuda, lalu unjuk gigi. Taktiknya mungkin bisa sedikit jahil, tapi motivasinya jelas. "Bos menuntut atmosfer kerja yang kondusif untuk menumbuhkan persaingan di kalangan karyawan". jadi tunjukkan bahwa anda mampu bermain di kancah persaingan yang tajam sekalipun, sekaligus memberi yang terbaik bagi perusahaan. Terserah siapa yang terbaik bagi perusahaan untuk memegang tugas besar itu, yang pasti tunjukkan itikad bahwa anda punya drive untuk bersaing.

3. Ketika Bos Memuji Sarkastik

Anda berhasil menyelesaikan proyek besar. Poin plus-nya : anda memasukkan puluhan juta rupiah ke kas perusahaan. Sebagai karyawan, anda boleh berharap mendapat pujian dari bos. Tapi apa yang terjadi? Bukannya tepuk hangat di pundak atau pujian yang anda dapatkan, tapi tamparan "halus", seperti bos mengatakan hal berikut "bagus, tapi ain kali anda memberitahu saya ketika mengirimkan email yang penting".

Analisa Permainan Bos
Sikap bos yang semacam itu mungkin tergolong ngawur. Tapi sikapnya masih bisa dianggap sebagai komplimen. Mungkin bos anda termasuk tipe pemimpin yang sulit memberikan pujian. Sebenarnya hal semacam ini tidak perlu terjadi. Banyak bos yang mendapat dukungan dari anak buahnya karena dia bijak dalam memuji, bahkan ada bos yang merasa bersalah ketika ia bersikap kurang agresif terhadap karyawan yang berprestasi, dan biasanya karyawan yang kapabel memiliki cara kerja yang bagus.

Kemungkinan lain, bos cemburu atau juga takut terancam posisinya. Pemimpin seperti ini termasuk bos yang takut punya anak buah pintar dan cerdas.

Cara Menyikapinya
Bulatkan tekad anda, dan bersikaplah proaktif. Ciptakan situasi yang memaksanya untuk buka mulut, mengakui kebolehan atau kecerdasan anda dalam bekerja. Atau usulkan sebuah pertemuan untuk mengevaluasi performa atau prestasi kerja anda.

Langkah cerdik menghadapi bos yang semacam ini adalah buat laporan analisa kerja anda selama ini, dan serahkan ke wakil bos sebagai bahan evaluasi. Ini penting dilakukan kalau bos anda memang pelit pujian.

4. Bos Memberikan Tugas Yang Serba Samar

Bos memberi anda tugas, tetapi ketika anda meminta klarifikasi, bos tidak akan menjelaskan apa pun, dan minggu kemudian, saat anda menyerahkan laporan tersebut. bos menjawab "sorry bukan ini yang saya maksud" dan dalam hati anda berteriak jengkel. Sia-sia waktu, pikiran dan tenaga yang telah anda keluarkan.

Analisa Permainan
Jangan-jangan bos anda sendiri tidak tahu persis apa yang diinginkannya. dengan sikap begitu mungkin bos anda perlu rincian tambahan yang mendukung ide-ide anda, supaya dia bisa merancang konsep yang dikehendakinya. 

Mungkin juga bos ingin memberikan kepercayaan lebih besar. atau sebaliknya, menyiapkan tali cukup panjang untuk anda menggantung diri. Anda bisa mencari kepastian akan tugas itu, atau tanya langsung apak bos ingin bagian marketing ikut terlibat dalam proyek itu.

Perlu diingat, anda tidak boleh asal mengangguk setiap kali bos anda menurunkan tugas. Minta klarifikasi agar anda tidak berjalan dalam kegelapan. Lagi pula, kalau perintahnya jelas, tugas itu pun dapat diselesaikan secara cepat dan tepat waktu, serta sesuai dengan sasaran yang diharapkan.

Penutup

Tips Lain untuk dapat Memenangkan Permainan Politik Kantor buat rincian tahapan kerja yang akan anda lakukan dalam menyelesaikan tugas itu. Sebaiknya, ajukan dalam bentuk tulisan dan tambahkan memo kecil dari anda. Anggap catatan-catatan itu sebagai sarana untuk menyamakan persepsi anda dan bos tentang proyek yang dimaksud. Ini namanya sebuah kerjasama yang terjalin secara harmonis dan konstruktif.

Baca Juga Dress For Success

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel