13 Cara Menenangkan Hati Dan Pikiran Saat Stres

klinikabar.com, Cara Menenangkan Hati Dan Pikiran Saat Stres, Entah mengapa, seringkali kita harus menghadapi serangkaian peristiwa menjengkelkan dalam sehari. Misalnya saja, sesampainya di kantor tempat parkit terlihat penuh. Lalu begitu turun dari mobil, hk sepetu anda patah. masih ditambah dengan rok yang koyak tersangkut pintu mobil. Plus dompet yang tertinggal di rumah. Lengkap sudah penderitaan anda hari ini, padahal belum sampai ke meja kerja anda. Stres datang dan datang lagi.

Menenangkan Hati Dan Pikiran


Gambar 13 Cara Menenangkan Hati Dan Pikiran Saat Stres



Menenangkan hati dan pikiran dalam situasi seperti ini pilihannya : Menangis berlama-lama dan mengutuk diri akibat tertimpa sial yang bertubi-tubi, atau hadapi semuanya dengan tenang. Ada tidak perlu berkostum khusus untuk melakukannya, apalagi memakai cara bakar kemenyan segala, ritual menenangkan hati ini adalah kegiatan yang dilakukan saat mulai terasa diri anda sudah tidak terkendali. 

Menenangkan hati dan pikiran dengan menyalakan sebuah lilin dan fokuskan pikiran pada hal-hal yang menyenangkan. Dengan begini, anda telah melakukan sesuatu yang proaktif. Meluangkan waktu memikirkan diri sendiri dapat menenangkan pikiran dan hati, serta menambah energi untuk anda.

Bila suatu hari nanti anda kembali dilanda kekesalan yang hebat. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menarik nafas dalam-dalam dan mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menenangkan hati dan pikiran saat stres.

13 Cara Menenangkan Hati Dan Pikiran Saat Stres

1. Power Shower Setiap Hari

Berdirilah dibawah guyuran air shower yang deras aliran airnya selama beberapa menit dan rasakan hangatnya air yang mengalir mulai dari ujung rambut hingga ke ujung kaki. Katakan "pegal dan penat hilanglah" dan bayangkan semua rasa itu larut terbuang bersama aliran air. Acara cuci otak mini ini akan membuat anda segar kembali.

2. Buat Surat Cinta Untuk Diri Sendiri

Pujilah diri anda sendiri dengan rangkaian kata indah. Setelah selesai, kirimkan ke alamat rumah anda. Begitu surat itu tiba di tangan anda, segera buka dan baca isinya, dengan membaca kembali surat-surat itu, semangat akan bangkit kembali.

3. Bermain Seperti Anak Kecil

Simpan mainan lucu, hadiah paket makanan di restoran fast food. Setelah bekerja seharian, luangkan waktu 10 menit saja untuk bermain. Stres tidak mungkin menyerang bila anda bermain dan pura-pura menjadi jagoan, atau tokoh komik favorit! Kegiatan bermain seperti anak kecil dapat mengembalikan keceriaan yang dulu sering anda rasakan di masa anak-anak.

4. Bangkitkan Rasa Cinta

Hati sunyi dan beku? Nyalakan lilin, apinya yang berkelip akan membawa anda pada sang kekasih. Memang, si dia tidak akan langsung muncul di depan mata begitu anda memadamkan lilin, tapi setidaknya gambaran Mr. Right akan membawa anda terhindar dari pikiran yang serba wrong

5. Keping Keberuntungan

Carilah sebuah benda yang enak di genggam. Seperti kerang atau pita sutra, dan simpanlah benda mungil yang mudah dibawa kemanapun seperti batuan berwarna yang mudah di dapat di toko atau di halaman rumah. Mungkin anda pernah membaca bahwa batu giok memberi ketenangan dan keseimbangan.

6. Hirup Aroma Terapi Atau Udara Segar

Teteskan minyak aromaterapi ke sapu tangan anda (minyak kemangi dapat menenangkan jiwa, sedangkan peppermint dapat membangkitkan energi), harum tertentu dapat menimbulkan efek tertentu pada tubuh, dan wewangian jauh lebih menyegarkan daripada secangkir kopi atau teh di sore hari.

7. Buang Jauh Semua Masalah

Punya masalah yang rumit dan tidak mudah menemukan solusinya? Tulis pada sehelai kertas, lalu robek kertas itu atau bakar kertas itu. Secara simbolis anda telah menyingkirkan semua masalah yang ada, dan begitu usai, anda pun yakin masalah itu memang benar lenyap.

8. Tampil Cantik

Atasi rasa jengkel dengan memanjakan diri. Bisa lewat perawatan tubuh, manicure atau luluran, daripada seharian anda merasa kesal karena memikirkan masalah, lebih baik anda maafkan saja orang-orang yang telah membuat hati anda tidak tenang, dan manfaatkan waktu anda untuk mempercantik diri sendiri. Hasilnya, hati anda menjadi cantik, tubuh pun menjadi cantik juga.

9. Stop Pikiran Gila

Kalau tiba-tiba anda berpikiran buruk, langsung dihapus saja!, kadang-kadang sering terbayang pacar yang selingkuh. Padahal dia sangat setia! Terus terang semua prasangka buruk itu membuat anda menjadi gila. Begitu pikiran buruk anda muncul, segera tutup mata, tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan-lahan, lalu bayangkan hal-hal yang menyenangkan. Untuk apa membayangkan hal yang bukan-bukan? Jangan cari susah!

10. Melenturkan Badan

lakukan stretching atau melenturkan tubuh. Sambil melakukannya, maka anda dapat sambil berdendang lagu-lagu yang menjadi favorit anda, stretching yang dilakukan dengan baik akan memberikan manfaat yang tidak terkira untuk hati dan pikiran kita.

11. Putuskan Tali Pengikat

Bila hubungan anda dengan si dia terasa mengikat, Ambil seutas benang dan anggaplah sebagai ikatan yang mencengkram anda. Katakan keras-keras "Terimakasih atas perhatiannya selama ini, tapi maaf, ini hidup saya, dan saya berhak menikmatinya". Lalu gunting benang tersebut, rasakan bagaimana semua masalah anda menghilang begitu benang putus.

12. Menyanyi

Aduh, jangan menyanyikan lagu penuh kesedihan! Jika ingin berhasil menggapai tujuan, buatlah kalimat pendek dengan rencana-rencana anda. Kemudian bernyanyilah berulang kali dengan irama cepat dan melodi yang manis. Dengan menyanyikan lagu yang anda suka sesuai dengan tema rencana-rencana anda dapat membantu anda memfokuskan seluruh energi anda untuk mencapai tujuan tersebut.

13. Kontra Saja

Trik seperti ini dipercaya dapat mengubah energi buruk menjadi energi baik. Caranya, aduklah kopi anda dengan putaran yang berlawanan dari yang biasa selama ini di lakukan sebanyak 30 kali dengan keyakinan akan mengubah kejadian-kejadian buruk menjadi hal yang menyenangkan. Trik seperti ini dapat meyakinkan bagian otak non analitik bahwa keadaan telah berbalik. Memang keadaan tidak akan langsung berbalik dan berubah begitu saja, tapi setidaknya anda akan merasa jauh lebih baik.

4 Solusi Instan Menenangkan Hati Dan Pikiran

1. Tataplah warna-warna sejuk. Warna biru dan hijau adalah warna sejuk, sehingga memberi ketenangan diri.

2. Hentakkan Kaki, dengan menghentakkan kaki ke tanah, anda dapat melepaskan ketegangan yang ada dalam kepala anda.

3. Pijat Daun Telinga, dengan memijat telinga sendiri, itu berarti anda sedang memijat seluruh tubuh. karena di telinga terdapat ratusan titik refleks yang paling berhubungan dan dapat menenangkan organ tubuh lainnya.

4. Istirahat Di Alam Terbuka, tataplah rembulan, surya tenggelam, kuncup-kuncup bunga mawar, atau hujan turun. Semua ini mampu menenangkan hati dan pikiran anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel