19 Cara Menjadi Perempuan Bahagia

klinikabar.com, Cara Menjadi Perempuan Bahagia - Menjadi perempuan bahagia selalu di idam-idamkan kaum perempuan adalah salah satu termasuk faktor genetik, dan faktor lainnya adalah karena faktor usaha. Jika tiba-tiba di hadapan anda muncul jin berasap yang keluar dari sebuah lampu wasiat dengan kemampuan mengubah dan mengabulkan apa saja impian anda, mana yang akan anda pilih? Seorang pangeran tampan dan kaya untuk menjadi pendamping, rumah besar dan indah di kompleks jetset, atau mungkin karir yang sukses?

Cara Menjadi Perempuan Bahagia


Gambar 19 Cara Menjadi Perempuan Bahagia


Jika anda seorang yang realistis dan bijaksana, bisa jadi anda kesampingkan ketiga pilihan impian itu dan dengan penuh keyakinan anda akan berkata "Saya ingin mendapatkan kebahagiaan hidup yang sesungguhnya". Betul?

Banyak orang lebih memilih untuk mempertahankan atau mendapatkan kebahagiaan dari pada menukarnya dengan hal-hal yang sifatnya material. Tapi apa sih sebetulnya kebahagiaan itu? Bagaimana tanpa sulap dan sihir kebahagiaan sempurna bisa menjadi milik kita untuk selamanya?

Para psikolog mendefinisikan kebahagiaan sebagai suatu perasaan puas, senang, nyaman, dan enak, terhadap seluruh aspek hidup manusia. Bukan suatu perasaan senang yang memabukkan, tapi lebih pada kepuasan yang sederhana  bentuknya. Seperti yang terasa saat anda menikmati semua sisi kehidupan : keluarga, pekerjaan, teman-teman, dan barang-barang kesayangan.

Jumlah orang yang mengaku cukup bahagia dalam hidupnya lebih banyak dibandingkan dengan orang yang merasa tidak cukup bahagia dalam hidupnya. Segala sesuatu yang menurut kita dapat menumbuhkan ataupun menghancurkan kebahagiaan, seperti misalnya kesehatan, ataupun kekayaan, ternyata tidak berpengaruh banyak pada pembentukan ataupun penghancuran rasa bahagia itu sendiri.

Enam bulan sampai satu tahun setelah mengalami suatu tragedi - misalnya sakit atau mengalami kecelakaan, secara natural orang cenderung akan bisa merasa senang lagi. Enam bulan sampai satu tahun setelah sebuah keberuntungan, misalnya menang lotere - orang yang selalu merasa tidak bahagia cenderung pada karakter penyedih mereka.

Tapi hal ini tidak berarti bahwa orang yang dari lahirnya memang tidak dikaruniai gen kegembiraan, akan tenggelam terus dalam ketidakbahagiaan.

Kebahagiaan adalah sesuatu yang bisa anda wujudkan, karena kebahagiaan ini hanya masalah bagaimana mengidentifikasi tentang apa yang membuat anda merasa bahagia, lalu menemukan cara untuk bisa mendapatkan semua itu. Jika sekarang anda ingin menjadi lebih bahagian lagi, cobalah cara menjadi perempuan bahagian sebagai berikut.

19 Cara Menjadi Perempuan Bahagia

1. Senyum
Thich Nhat Hanh, guru agama budha berkeangsaan Vietnam, menyarankan untuk tersenyum setiap pagi saat pertama membuka mata ketika baru bangun tidur, ada ilmunya dibalik rekomendasi ini : Psikolog Jerman Frizt Strack pernah melakukan studi dengan meminta beberapa orang menonton film kartun sambil membawa pensil di mulutnya. Sebagian menggigit pensil tersebut sambil tersenyum, setengah lagi mengapit pensil dengan bibirnya, hingga membuat bibir mengatup ketat. Group yang tersenyum, beraksi bahwa film kartun yang mereka tonton sangat lucu.

Mengapa? Emosi adalah kombinasi antara perasaan dan respons fisik yang memberikan umpan balik pada otak anda, daripada merespon dengan perasaan, sebaiknya kita berinisiatif tersenyum dengan menggerakkan otot-otot muka untuk memancing otak hingga menimbulkan perasaan yang relevan.

2. Bergerak Bahagia
Cara lain memancing umpan balik emosional adalah dengan senantiasa memikirkan hal-hal positif. Dengan berpikir positif, orang akan berlaku positif juga. Dan hal ini sangat berpengaruh pada aliran kimiawi tubuh, yang mana membuat level serotonin (hormon pemicu rasa gembira) meningkat.

3. Berdiri Lurus
Bentuk posisi tubuh yang melorot adalah ciri orang yang tidak bahagia. Sementara orang yang bahagia selalu berposisi tegak. Begitu juga dengan gaya melangkah lebih lebar dibanding dengan orang yang tidak bahagia.

4. Berpikir Optimis
Orang yang bahagia selalu berpikir optimis, keoptimisan adalah suatu yang bisa dipelajari, seorang yang pesimis cenderung mengeluh, sedangkan seorang optimis akan lebih memfokuskan diri untuk memecahkan masalah mereka.

5. Jangan Ucapkan "Coba Dulu"
Setiap psikolog selalu mengajarkan klien-kliennya untuk melakukan segala hal, bukan sekedar mencoba melakukan itu, seorang pesimistis akan melakukan dengan hanya mencoba, sementara yang optimis berpikir bahwa mereka akan sukses.

6. Hilangkan Racun Dalam Pikiran
Anda hanya mendapatkan kesempatan berpikir satu kali saja. Jadi setiap saat anda akan berpikir negatif, segera ganti dengan pemikiran yang positif, pikiran-pikiran negatif secara harfiah akan meracuni tubuh, pemikiran negatif akan menyebabkan perubahan-perubahan kimiawi dalam tubuh yang dapat mengarah ke depresi dan mempengaruhi sistem imunisasi dan kesehatan anda.

7. Kembangkan Skill Anda
Orang yang bahagia sering berada dalam alur yang mengalir menikmati apapun yang mengelilingi dirinya dan menghadapi dengan reaksi dan sikap yang tepat.

8. Isi Hidup Anda Dengan Hal-hal Yang Anda Suka
Kesenangan sederhana yang sifatnya tetap adalah kunci kebahagiaan sejati. Bukan suatu liburan tahunan berharga puluhan juta ataupun kejutan penuh sensasi. Anda hanya harus menemukan aktivitas-aktivitas apa yang bisa membuat anda senang, dan menunya pasti berbeda untuk setiap orang.

9. Hindari Para Perebut Kebahagiaan
Ada dua tipe manusia yang bisa merebut kebahagiaan dari anda. Orang yang tidak melakukan apa-apa selain mengeluh terus menerus, dan orang yang selalu mengkritik mimpi-mimpi dan aspirasi-aspirasi anda. Singkirkan mereka dari hidup anda.

10. Istirahat
Banyak orang Amerika menderita kekurangan tidur, kelelahan, merasa selalu was-was dan didera kemurungan. Hal ini diartikan bahwa pada saat tidur, problem-problem, konflik-konflik akan berkurang bebannya. 

Jadi Apabila kita kekurangan tidur, masalah-masalah yang sedang anda hadapi dan ada dalam pikiran akan memicu perubahan kimiawi pada otak sehingga mengarah ke depresi. Banyak teori menyimpulkan berapa banyak jam tidur yang diperlukan manusia setiap malam. Tapi peraturan dasarnya adalah bila anda sering tidur terlambat hingga tergantung pada alarm untuk bangun tiap hari. itu berarti anda kurang tidur.

11. Kembangkan Sisi Spiritual Anda
Studi-studi yang tidak terhitung menunjukkan bahwa mereka yang religius lebih bahagia dan bisa mengatasi krisis secara lebih baik. Mungkin karena masyarakat spiritual dapat menyediakan dukungan emosional, dan iman membuat hidup lebih berarti dan lebih fokus.

12. Olahraga
Sebuah kesimpulan dari penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa latihan aerobik 20-30 menit. empat -lima kali dalam seminggu, dapat menumbuhkan kesehatan dan energi, juga menjadi obat anti depresi ringan serta kecemasan. Jika jadwal anda terlalu ketat, lakukan olahraga sedikit-sedikit saja seperti 10 menit jalan kaki sebelum makan siang dan 10 menit lagi setelah makan malam.

13. Belajar Dari Yang Lebih Tua
Mereka yang sekarang berusia 60-70-an dan berada dalam kondisi baik adalah orang-orang yang terbahagia di masa kita. Mereka mungkin lebih  mampu mengendalikan emosi, mengembangkan perspektif, tidak terlalu khawatir tentang hal-hal kecil, dan bisa mencapai apa yang mereka cita-citakan tanpa mereka merasa perlu menunjukkan kehebatan diri.

14. Kurangi Stress
Ditemukan bahwa stres punya pengaruh dalam level kebahagiaan. Direkomendasikan teknik-teknik relaksasi seperti meditasi, yang bisa menyingkirkan stres, menyingkirkan hal-hal yang menjadi hambatan dalam gerak hidup anda, pasti membuat anda merasa lebih baik. Angkat telepon, pesan makanan malam dirumah atau apa saja yang dilakukan di rumah untuk dapat menemukan bahwa hal-hal sederhana seperti kemacetan jalan dapat mempengaruhi jalannya emosi.


15. Atur Waktu Anda
Dalam berbagai studi, salah satu karakteristik orang berbahagia yang paling menonjol adalah bahwa mereka merasa bisa mengontrol sendiri hidup merek. Jadi perhatikanlah bagaimana anda menggunakan waktu anda setiap harinya, buat daftar-daftar hal yang ingin anda lakukan kelak, lalu ambil salah satunya yang paling ingin anda lakukan dan laksanakan saja. Atau anda dapat menulis dalam sebuah diary bagaimana anda menghabiskan waktu, lalu dari catatan itu, anda bisa menemukan waktu yang tepat untuk melakukan hal-hal yang anda inginkan.

16. Pelihara Hubungan Biak
Banyak studi yang membuktikan adanya hubungan antara dukungan sosial dan dorongan emosional. Mereka yang memiliki hubungan dekat dengan seseorang atau dengan keluarga, cenderung mampu mengatasi berbagai macam stres kehidupan seperti kemalangan, kehilangan pekerjaan, atau terjangkit penyakit, dengan lebih baik. Perempuan atau lelaki yang menikah, memiliki perasaan puas di level yang lebih tinggi daripada subyek yang cerai atau tidak pernah menikah.

17. Memandang Masa Depan
Jika pada suatu sat anda ditimpa kekecewaan atau kesedihan, jangan terlalu tenggelam dalam kemuraman. Ingat bahwa dalam waktu enam bulan sampai satu tahun anda pasti akan pulih. Bahkan dari kehilangan yang paling menyedihkan pun kapasitas natural untuk kebahagiaan akan muncul lagi dengan sendirinya.

18. Jadi Sukarelawan
Semua mahluk hidup punya keinginan kuat untuk bisa mempengaruhi lingkungan mereka. Pemenuhan kegiatan yang produktif adalah salah satu cara mencapai kebahagiaan yang paling mudah.

19. Banyak Tertawa
Ketika tertawa, anda merasa enak, karena anda mengambil 6 kali oksigen lebih banyak daripada ketika melakukan percakapan. Tertawa juga merangsang respons relaksasi, dimana tekanan darah anda, detak jantung anda, dan tensi otot semuanya jatuh dibawah norma.

Penutup

Cara apa lagi agar menjadi perempuan yang bahagia? Tertawa juga mampu menghilangkan rasa sakit. Satuteori, yang sebetulnya belum dibuktikan adalah bahwa tertawa itu merangsang otak untuk memproduksi lebih banyak endorfin, hormon pembawa rasa nyaman.

Baca Juga 7 Cara Menikmati Masa Lajang Yang Menyenangkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel