4 Cara Menjadi Sukses Setelah Di PHK

klinikabar.com, Cara Menjadi Sukses Setelah Di PHK - Di PHK memang sakit, namun justru membuka peluang baru, Siapa yang bilang PHK adalah akhir segalanya justru peristiwa yang agak muram ini bisa membantu anda untuk segera bangkit. Ketika PHK melanda anda, anda merasa kantor atau perusahaan nada sudah tidak membutuhkan anda lagi, anda merasa dicampakkan akibat di PHK.

Bangkit Setelah Di PHK


Gambar 4 Cara Menjadi Sukses Setelah Di PHK


Di PHK memang begitu membuat anda kecewa dan putus asa karena uang pesangon yang diterima  jika anda tidak bisa mengelolanya maka akan habis percuma, namun disini akan diuraikan bagaimana anda bangkit dan menjadi sukses setelah di PHK. Dengan waktu yang banyak untuk berpikir dan menentukan bidang lain yang paling diminati oleh anda adalah sebuah peluang yang bagus menuju kesuksesan.

4 Cara Menjadi Sukses Setelah Di PHK

1. Dunia Penuh Kesempatan

Mendadak kehilangan pekerjaan memang sedang musim. Tidak ada lagi istilah satu pekerjaan yang bisa bertahan selamanya. Bahkan terkadang kita harus meninggalkan pekerjaan jauh lebih cepat dari pada yang diperkirakan. Namun, bayangan kekurangan uang, motivasi dan masa depan yang tidak jelas bisa membuat anda menjadi putus asa. Belum lagi hilangnya rasa percaya diri.

PHK seharusnya tidak berakibat seburuk itu. Dalam buruknya, Getting Up When You Are Feeling Down : A Woman's Guide To Beating The Blues, yang artinya adalah pengalaman suram ini bisa menjadi keberuntungan dan pemicu timbulnya kesempatan untuk bangkit. Justru inilah saat yang tepat belajar apakah kita mampu membuat pilihan baru yang sifatnya membangun, atau memilih diam dan merasa diri sebagai korban keadaan.

2. Waktu Untuk Berpikir

Saat membuat pilihan sudah tiba. Karena saat tidak punya pekerjaan, kita bisa melihat berjuta pilihan terbentang di depan mata. Lakukan traveling, Mungkin anda akan berpikir bahwa tidak pantas setelah PHK malah pergi traveling atau jalan-jalan. Tetapi justru pilihannya ini akan segera mengeringkan luka dan nantinya dapat memandang lurus dan jernih. Ketika kembali dari traveling, anda akan langsung diterima pada pekerjaan pertama yang dilamarnya.

Setelah terkejut dan rasa shock hilang, PHK membawa manfaat bagi kita. "Ini merupakan akhir dari babak yang buruk. Bisa berarti, selama ini sudah cukup banyak ganjalan yang menghalangi, namun tidak pernah anda hiraukan. Seperti sikap perusahaan yang tidak mendukung, anda mulai kehilangan motivasi, keterampilan pun tidak bertambah."

3. Cari Ilmu Dan Pengalaman Baru

Langkah pertama yang harus dilakukan setelah PHK adalah mengevaluasi ilmu di pengetahuan yang anda miliki "jangan hanya melihat kualifikasi dan pengalaman saja. Pikirkan juga keterampilan yang anda suka, dan bagaimana mengembangkannya." Inventaris hal-hal yang membuat anda bahagia. Ini penting artinya, karena dapat membangkitkan kembali semangat hidup anda setelah di PHK.

4. Cara Tepat Mencari Pekerjaan Baru

Setelah trauma di PHK sudah hilang. Tiba saatnya untuk membangun kembali karier anda. Anda yang memilih membangun usaha sendiri, bergabung dengan yayasan amal, atau kembali dengan dunia yang sama di tempat berbeda. Lalu bagaimana caranya?

A. Go Digital
Mencari pekerjaan melalui internet merupakan hal yang mudah saat ini. Dan mengirimkan CV lewat e-mail sudah menjadi standar. Ini menunjukkan bahwa anda tahu bagaimana cara memanfaatkan komputer dengan benar. Jangan lupa, kemampuan dasar anda menggunakan komputer adalah sangat penting untuk diperhitungkan, sebab, zaman sekarang komputer dan internet berkembang sangat pesat. Dan kedua hal inilah yang akan sangat berpengaruh pada masa depan.

B. Tulis CV Yang Jelas Dan Tepat
Jangan banyak menggunakan kata-kata yang tidak perlu dalam menulis CV. Lengkapi saja CV anda dengan latar belakang pendidikan, keahlian dan pengalaman kerja yang masih ada hubungannya dengan pekerjaan yang anda lamar sekarang, menggunakan point-point. Efisien, jelas, tepat, dan tidak membuang-bung waktu membacanya. Jangan sertakan keterangan bahwa anda pernak di PHK.

C. Buang Gengsi
Jika sudah tidak bekerja cukup lama, anda harus menerima kenyataan bahwa anda mungkin juga anda akan bekerja pada seseorang yang usianya jauh lebih muda, Ikutilah irama mereka. Anda tidak bisa datang dan berakting seperti seorang kakak atau ibu.

D. Jadi Bos Untuk Diri Sendiri
Jika keuangan memungkinkan, mengapa tidak mendirikan perusahaan sendiri saja? Sebelum membangun perusahaan, selidiki dulu hal yang sedang tren dan yang anda sukai, agar semua berjalan menyenangkan dan tidak ketinggalan zaman. Bersikap fleksibel, dan tidak menerima jawaban tidak, akan ada ribuan peluang di depan anda.

4 Cara Menghadapi Kenyataan

Cara menghadapi kenyataan adalah cara yang mungkin membantu anda kembali berpikiran jernih setelah PHK
1. Menangislah, tapi jangan terlalu lama. Sekuat apapun anda, kehilangan pekerjaan tetaplah suatu pukulan. Semakin cepat dikeluarkan, semakin cepat pula anda mampu melangkah ke tahap selanjutnya.

2. Tanyakan pada diri sendiri, benarkah anda sedang menginginkan pekerjaan yang sekarang ini? menurut survei mengatakan bahwa mereka yang di PHK sebenarnya tidak begitu menyukai pekerjaanya.

3. Bayangkan segera, jenis pekerjaan seperti apa yang akan anda ciptakan untuk diri sendiri. Bisa dipastikan, jawabnya pasti bukan pekerjaan yang sekarang anda jalani.

4. Proyeksi-kan diri anda lima atau tujuh tahun mendatang. Karir yang ingin anda jalani? pastikan anda memulai langkah baru yang sesuai dengan karakter idaman tadi. Jangan lupa untuk selalu percaya diri, berpandangan positif dan siap menerima ilmu baru.

Penutup

Jadi dengan di PHK, anda terlepas dari semua ini. Anda bisa memulai suatu yang baru. Di PHK bisa menyakitkan dan sekaligus menyeramkan. Anda seakan merasa semua pintu telah tertutup. Namun di balik itu semua, anda justru punya kesempatan yang selama ini tertunda untuk menjadi sukses setelah di PHK.

Baca Juga 10 Profesi Dan Pekerjaan Untuk Generasi Milenial

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel